Apa sih, definisi sukses bagi kalian, sahabat Hipwee? Sukses memang bukan sepenuhnya diukur dari banyaknya materi atau seberapa tinggi jabatan yang kita miliki. Lebih dari itu, bahagia dalam hidup, keluarga yang harmonis, serta selalu bersyukur dengan apa yang diberikan Tuhan, ternyata mampu menjadi tolak ukur seberapa sukses kita di dalam dunia ini.

Nah, ternyata selain tak bisa diukur dan merupakan sesuatu yang relatif, orang sukses ternyata mempunyai bahasa tubuh yang berbeda dengan orang yang biasa-biasa saja. Selain tentunya tingkat disiplin yang tinggi, dedikasi, dan keuletan dalam menjalani sesuatu.

Daripada penasaran, 7 ulasan di bawah ini akan menjelaskan bagaimana orang sukses merefleksikan tubuhnya. Kalian harus bisa mengadaptasikannya dalam kehidupan jika ingin tertular kesuksesan seperti Steve Jobs, Mark Zuckerberg, ataupun Ir. Soekarno.

1. Tatap Mata Orang yang Berkomunikasi dengan Kita

tatap mata via https://jakajulham.com

Dengan menatap lawan bicara, mereka merasa dihargai dan segan terhadap kita. Hal tersebut sekaligus menunjukkan wibawa kita sebagai orang yang easy listening. Manusia manapun pasti tidak suka jika dalam pembicaraan, orang yang dijadikan sebagai lawan bicara merasa tidak tertarik dengan apa yang dibicarakan. Maka dari itu, dengan menatap sang lawan bicara itu menunjukkan jati diri kalian yang penuh percaya diri dan juga asyik diajak bicara.

2. Jabat Tangan dengan Erat dan Meyakinkan

Jabat Tangan via https://tribunnews.com

Pernahkah kalian perhatikan, bahwa orang-orang sukses cenderung memiliki jabat tangan yang erat. Dalam praktiknya, jangan pernah kalian menunjukkan jabatan tangan yang lemah, karena hal tersebut akan menunjukkan bahwa diri kita tidak mempunyai keyakinan dan optimisme, atau cenderung menunjukkan sisi lemah kita terhadap lawan bicara atau orang yang dijabat tangannya tadi.

3. Perhatikan Postur Tubuh, Jangan Sekali-kali Terlihat Lemah dan Berusahalah Untuk Tetap Tegap

postur tubuh via https://petanijujur.com

Advertisement

Postur tubuh atau gestur tubuh yang kita berikan ketika di hadapan orang lain harus tegas dan tegap. Hal ini menunjukkan jika kepribadian kita kuat dan penuh dengan rasa keyakinan. Jangan pernah sekali-kali menunjukkan gestur tubuh yang lemah, yang tentu orang lain akan menganggap kita lemah pula.

4. Selalu Berikan Senyuman Terbaik

Menurut ahli agama, 'senyum kepada saudaramu adalah ibadah'. Hal tersebut memang harus bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan karena gampangan atau apa, melainkan hanya ingin menunjukkan bahwa diri kita cukup ramah dan mempunyai kepribadian menyenangkan, apalagi ditambah dengan komunikasi yang walaupun sedikit, namun terkesan sangat baik untuk nilai plus diri kita.

5. Dalam Berbicara, Jangan Pernah Menggosok Lengan, Wajah atau Leher!

Nah, orang-orang yang melakukan hal di atas dalam berkomunikasi, dianggap sedang dalam kecemasan atau ketakutan. Untuk itu, hindari melakukan hal tersebut agar menunjukkan diri kalian merupakan seseorang yang mempunyai kepribadian dan keyakinan yang kuat. Percayalah, orang-orang sukses selalu mempunyai mindset yang positif dan paling anti dengan yang namanya tidak percaya diri.

6. Hindari Penyilangan Tangan saat Berbicara

Advertisement

Untuk alasan apapun, jangan pernah menyilangkan tangan saat berbicara dengan orang lain. Walaupun terkesan sepele, namun hal ini menunjukkan kalian menunjukkan sikap defensif dan skeptis. Hal tersebut kurang baik tentu saja dalam komunikasi kalian terhadap lawan bicara.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya