6 Basic Step untuk Menjadi Penulis yang Perlu Kamu Tahu

Hal-hal dasar yang perlu kamu tahu saat berkecimpung di bidang tulis-menulis

Di era serba digital seperti sekarang ini, kemampuan menulis sangatlah diperlukan. Menulis nggak selalu dikaitkan dengan aktivitas akademik aja, loh. Sekarang ini bahkan banyak kegiatan tulis menulis untuk kepentingan komersil. Selain itu kegiatan menulis bisa menjadi kegiatan yang mulia. Kamu bisa berbagi informasi dan ilmu melalui tulisan yang kamu buat untuk banyak orang. 

Advertisement

1. Niat adalah basic yang utama

Photo by Pexels

Photo by Pexels via http://www.pexels.com

Segala sesuatu memang harus didasari oleh niat dan keinginan yang kuat. Kalau kamu menjalani segala sesuatu dengan setengah-setengah sudah pasti tidak akan mendapat hasil yang maksimal. Ingat segala sesuatu itu mendapatkan hasil sesuai dengan niatnya.

Semisal nih, kamu punya niat main game sampe puas, tapi ada kelas online yang harus kamu ikuti. Bisa jadi malah akhirnya kamu males ikut kelas dan malah meneruskan main game sampe puas, eh-eh.
 

Advertisement

2. Memulai kebiaasan

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Seorang penulis pemula umumnya bingung untuk memulai. Tidak usah ragu untuk mengawali belajar menulis. Kamu bisa belajar membuat tulisan minimal 200 kata perhari atau bisa juga membuat tulisan-tulisan mini seperti quotes, serta jangan selalu terpatok dengan tema apa yang harus kamu tulis. Kamu bisa memulai dengan membuat narasi kegiatan sehari-hari kamu. Ingat di dunia ini tidak ada sukses yang instan!

 

3. Tekun dalam Menjalani Proses

Advertisement
Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Kamu tidak boleh pantang menyerah untuk mengejar impian untuk bisa menjadi seorang penulis. Setiap hal yang kita lakukan pasti ada suka dan dukanya, termasuk dalam mengejar passion kamu dalam dunia tulis menulis. Kamu harus memiliki kemauan menjalani proses step by step.

 

4. Ikut Kelas Pelatihan Menulis

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Mengikuti pelatihan menulis bagi kamu yang masih merasa kurang mumpuni dalam bidang kepenulisan baik untuk dilakukan. Sekarang ini ada banyak sekali kelas online untuk pelatihan menulis yang bisa kamu ikuti. Mulai dari kelas berbayar sampai kelas yang gratis. Kamu akan bertemu banyak calon penulis bahkan penulis yang telah aktif berkecimpung di dunia kepenulisan hingga mentor berpengalaman dalam bidang kepenulisan.

 

5. Ikut Komunitas Menulis

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Untuk kamu yang merasa perlu dukungan dari lingkungan, kamu bisa bergabung dengan komunitas. Sekarang ini banyak komunitas online yang bisa kamu ikuti, seperti komunitas dari facebook, telegram atau bahkan di grup whatsapp. Selain itu dengan bergabung di komunitas kamu akan mendapatkan informasi dari teman-teman yang telah berpengalaman, serta bisa menjadikan peluang untuk belajar menulis secara otodikdak.

 

6. Berani Ekspos

Photo by Pixabay

Photo by Pixabay via https://pixabay.com

Penulis terkenal mana sih yang tulisannya nggak diekspos? Sudah pasti semua penulis terkenal itu karyanya telah dibaca dan dinikmati banyak orang. Kamu harus belajar mengekspos tulisan yang kamu buat kalau pengen karyamu bermanfaat dan dinikmati banyak orang.

Misal dengan bikin status di media sosial, bikin caption untuk postingan, atau bikin tulisan di blog pribadi kamu. Ingat, tulisan yang kamu buat harus berbobot dan memperhatikan etika, yah.  Jangan sampai membuat tulisan berbau kebencian!

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE