Hamil bisa jadi hal yang membahagiakan sekaligus menakutkan bagi seorang wanita. Perasaan senang saat mengandung sang buah hati terkadang diikuti kepercayaan diri yang hilang karena fisik yang berubah. Tak hanya tubuh yang membengkak dengan indikator jarum jam yang selalu bergerak ke kanan. Kulit pun kadang mengalami perubahan karena perubahan hormon.

Jerawat, gatal-gatal, rona kulit berubah, bahkan stretch marks pada sebagian kulit sering dialami oleh ibu hamil. Namun, saat hamil keleluasaan untuk mengonsumsi produk kosmetik harus dibatasi demi menjaga kesehatan janin.

Perubahan yang terjadi pada kulit ibu hamil bisa disebabkan karena proses peredaran darah di bagian bawah kulit ibu hamil menjadi lebih aktif. Kulit wanita hamil penyerapannya mencapai lima kali lipat dibanding orang biasa. Tentunya ini membuat kulit wanita hamil menjadi lebih sensitif. Efek yang terjadi pada wanita pun bisa berbeda, ada yang menjadi lebih putih merona, ada pula yang muncul jerawat hingga flek hitam.

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Minuman Sehat

Minuman Sehat via https://pixabay.com

Mempercantik diri dapat dilakukan dari luar maupun dari dalam. Mengonsumsi makanan sehat seperti sereal biji-bijian, kacang-kacangan, telur, buah, dan sayuran sangat bermanfaat untuk kesehatan janin sekaligus membuat kesehatan kulit tetap terjaga. Selain itu konsumsi air mineral yang cukup juga diperlukan untuk menjaga kelembaban kulit agar tidak terlihat kusam dan kering.

2. Istirahat yang Cukup

Wanita Tidur

Wanita Tidur via https://pixabay.com

Walaupun kerap mengalami masalah susah tidur, namun wanita hamil harus mampu mengatasinya. Seperti yang kita tau, istirahat yang cukup memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Advertisement

Minum susu hangat sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak. Cara lain yang bisa dilakukan adalah tidur dengan posisi yang nyaman (biasanya miring dengan lutut yang ditekuk) atau menggunakan bantal tambahan khusus ibu hamil yang kini banyak dijual.

3. Berolahraga Rutin

Olah raga bisa mengurangi stres. Dengan kondisi bebas stres, wajah akan terlihat tetap cantik dan segar. Berolahraga juga bisa memberi tubuh lebih berenergi sekaligus bisa membuat tidur lebih nyenyak. Tentunya, pilih olah raga yang tetap aman untuk ibu hamil seperti yoga atau berenang.

4. Tetap Melakukan Perawatan Kulit

Pemijatan Wajah

Pemijatan Wajah via https://pixabay.com

Perawatan kulit masih boleh dilakukan oleh ibu hamil. Apalagi kini telah banyak tempat spa khusus ibu hamil. Perawatan untuk kulit seperti scrub dapat dilakukan dengan butiran yang halus dan berbahan alami. Masker dari bahan alami seperti madu dan susu juga masih boleh.

Advertisement

Namun, perawatan seperti peeling (pengelupasan lapisan permukaan kulit) harus dihentikan terlebih dahulu. Jika masih ragu untuk melakukan perawatan khususnya pemijatan pada tubuh, boleh mengonsultasikan terlebih dahulu pada dokter. Oh iya, melakukan perawatan kulit bisa juga menjadi me-time bagi kita agar tubuh dan pikiran lebih rileks.

5. Make Up dengan Bahan yang Aman

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa via https://pixabay.com

Tetap mempercantik wajah dengan riasan masih boleh dilakukan. Namun, tentu saja ada catatan khusus yang harus diperhatikan seperti menghindari kosmetik yang mengandung zat-zat berbahaya bagi janin seperti timbal, plumbum, merkuri, retinoid, dan salicylic acid. Memakai alas bedak (foundation) dan bedak masih relatif aman karena tidak terserap dalam kulit.

Pilihan bahan alami tetap harus diutamakan. Penggunaan minyak kelapa atau minyak zaitun untuk mengurangi stretch marks umum dilakukan dengan mengoleskan minyak pada bagian kulit yang mengalami guratan putih.

6. Selalu Positif Thinking

Be Positive

Be Positive via https://pixabay.com

Walaupun penampilan fisik berubah, rasa percaya diri dan aura kecantikan akan muncul dari pikiran yang positif. Maka dari itu, senantiasa berpikir positif dengan mengafirmasi diri sendiri bisa membuat aura kecantikan dari dalam. Ingat selalu bahwa kehamilan adalah hal yang membahagiakan bagi kita.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya