Seseorang yang merasa inferior atau sedang disalahkan cenderung mengekspresikan perasaan ini dalam bentuk iri hati dan kebencian. Perasaan ini dapat menimbulkan situasi-situasi tidak mengenakkan dan membuat Anda tidak nyaman menghadapi kesuksesan Anda sendiri.

Anda dapat membangun hubungan positif dengan orang lain dengan menghadapi langsung orang-orang yang benci dan iri terhadap Anda serta menggunakan berbagai strategi untuk membantu mereka melawan perasaan-perasaan tersebut.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghadapi pembenci dan si iri yang menyebalkan tanpa ikut menjadi menyebalkan seperti mereka

1. Abaikan segala komentar iri dan penuh kebencian

Jangan emosi dulu

Jangan emosi dulu via https://goo.gl

Meskipun mungkin terasa sulit, Anda perlu mengabaikan komentar jahat orang-orang yang iri pada Anda agar mereka sadar bahwa sikap Anda justru menyangkal komentar-komentar tersebut.

2. Jangan masukkan ke dalam hati

Jangan lakui hal ini

Jangan lakui hal ini via https://goo.gl

Advertisement

Ketika seseorang merasa iri terhadap Anda, masalahnya bukan pada Anda, tetapi pada orang itu. Tumbuhkan rasa percaya diri dalam diri Anda. Jangan biarkan seseorang yang merasa iri terhadap Anda memengaruhi rasa percaya diri ini atau bahkan menimbulkan keraguan terhadap diri sendiri.

Teruskan pekerjaan Anda. Jangan biarkan orang lain menghentikan Anda. Pusatkan perhatian pada orang-orang yang mendukung Anda. Ingatkan diri sendiri bahwa orang itu iri karena Anda melakukan sesuatu dengan baik.

3. Hadapi secara langsung orang-orang yang membenci Anda di kehidupan sehari-hari

Dalam relasi sosial

Dalam relasi sosial via https://goo.gl

Kalau sulit dapat mengabaikan orang itu, hadapi secara langsung agar tekanan perasaan iri itu dapat lepas. Ajak ia bicara untuk melawan perilakunya.

4. Kurangi interaksi negatif

Sudahi

Sudahi via https://goo.gl

Advertisement

Jika Anda dapat mengubah lingkungan atau dinamika sosial dengan orang itu, kemampuannya memengaruhi Anda pun akan berkurang. Berkumpullah dengan orang-orang yang mendukung Anda.

Dengan demikian, orang yang membenci Anda itu tidak punya kesempatan untuk melawan Anda secara langsung ketika Anda sedang berkumpul. Ketika bertemu orang yang membenci Anda itu, jadilah orang pertama yang menyapa. Kemudian pergilah. Bertemanlah dengan teman-temannya agar ia merasa jadi orang luar.

Beri tahu orang itu bahwa Anda tidak menyukai diperlakukan secara negatif, meskipun Anda tentunya tidak ingin tampak tidak sopan (karena dapat membuat orang itu semakin marah), mungkin perilakunya dapat berubah apabila Anda memberi tahu perasaan Anda kepadanya.

5. Ubahlah rutinitas

Mengatasinya

Mengatasinya via https://goo.gl

Ketika berjalan, ambillah jalur yang lain; ingin ke toilet, gunakan toilet di lorong yang lain; cari mata kuliah lain atau minta jam kerja yang berbeda.

6. Tetapkan batasan

Jaga jarak

Jaga jarak via https://goo.gl

Anda tidak harus mendengarkan si pembenci ini terus-menerus. Tetapkanlah batasan untuk menjauhkan diri Anda dengan orang itu. Buatlah batasan waktu dalam pikiran Anda tentang berapa lama Anda akan berhadapan dengan orang itu. Ketika waktu ini habis, pamitlah dengan sopan.

Saat berbicara dengan orang itu, minta ia menunggu sebentar, kemudian pergilah sambil mengatakan “Saya perlu melakukan sesuatu.” Hitung berapa kali ia membuat komentar negatif. Setelah mencapai 3 komentar, sudahi percakapan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi si pembenci. Menghadapi orang semacam ini memang tak mudah dan selalu bisa memancing emosi. Namun ingatlah untuk selalu menghadapinya dengan kepala dingin dan sikap yang tegas.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya