6 Cara Ini Dapat Membantu Kamu Merasa Selalu Tenang di Tempat Kerja

Siapa sih yang nggak mau merasa tenang saat berada di tempat kerja?

Siapa tidak mau tenang di tempat kerja? Kenyataannya tuntutan profesi dapat membuat kita mudah tertekan. Ditambah lagi jika lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan harapan kita. Yang ada untuk pergi ke tempat kerja saja kita sudah malas. Tapi tak perlu khawatir lagi, kamu bisa hindari stres kerja sedini mungkin. Intip cara agar kamu selalu tenang dan nyaman saat bekerja bersama Riliv yuk!

1. Ubah mindset menjadi tempat kerja adalah rumah keduamu

Photo by Domenico Loia on Unsplash

Photo by Domenico Loia on Unsplash via https://unsplash.com

Advertisement

Rumah adalah suatu tempat yang menggambarkan kenyamanan. Sehingga kamu harus merubah mindset-mu terhadap tempat kerjamu menjadi lebih baik lagi. Anggaplah kamu sedang berada di rumah keduamu, namun jangan sampai kelewat batas. Dengan menerapkan pikiran positif ini, kamu akan lebih mudah menerima keadaan. Walau mungkin ini tidak seperti yang kamu harapkan, tetapi setidaknya kamu merasakan ketenangan.

2. Jalinlah hubungan baik dengan orang-orang di tempat kerjamu

Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Photo by Brooke Cagle on Unsplash via https://unsplash.com

Memiliki hubungan yang baik dan harmonis dengan orang sekitarmu akan membuat kamu merasa diterima. Sehingga untuk urusan kedepannya kamu akan tidak mudah tertekan karena adanya kehadiran mereka. Maka dari itu usahakan jalin hubungan yang baik dengan orang di sekitar tempat kerjamu. Baik itu rekan kerja, pegawai lain, penjual makanan, bahkan orang yang bersih-bersih. Jangan pandang bulu karena kita semua pasti saling membutuhkan.

3. Rapikan dan sediakan benda yang dapat membuatmu merasa nyaman

Photo by Nathan Riley on Unsplash

Photo by Nathan Riley on Unsplash via https://unsplash.com

Berada di tempat yang bersih dan rapi juga dapat membantu kecemasan kita menurun. Karena melihat sesuatu secara lapang akan berpengaruh pada kelapangan hati. Jika kamu sedang memiliki waktu luang saat bekerja, sebaiknya kamu gunakan kesempatan tersebut untuk menata ulang tempat kerjamu. Kamu juga bisa sediakan benda yang membantumu merasa nyaman. Benda tersebut seperti aroma terapi, hiasan, hingga bantal leher di kursi kerjamu.

Advertisement

4. Selalu siapkan air mineral dan camilan di dekatmu

Photo by Adeolu Eletu on Unsplash

Photo by Adeolu Eletu on Unsplash via https://unsplash.com

Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kesehatan tubuhmu saat bekerja ya Dear! Kamu bisa menyiapkan air mineral di sekitarmu yang mudah dijangkau. Hal ini agar metabolisme tubuhmu selalu lancar walau banyak kesibukan. Kalau kamu tipikal orang yang suka nyemil, maka bisa banget kamu sediakan juga cemilan yang sehat. Karena dengan ini kamu akan lebih mudah untuk merasa segar kembali. Sehingga kamu lebih mudah berpikir dan melajutkan aktivitas kembali.

5. Tenang di tempat kerja: Ciptakan kebiasaan baru yang positif

Photo by bruce mars on Unsplash

Photo by bruce mars on Unsplash via https://unsplash.com

Mungkin selama ini kamu belum menemukan kenyamanan saat di tempat kerjamu. Hal tersebut bisa saja disebabkan karena kebiasaan yang kamu lakukan tidak baik dan sehat. Namun tenang Dear, kamu tidak terlambat kok untuk mencari kenyamanan itu. Jika kamu masih belum bisa menemukannya juga, maka ciptakanlah sendiri kebiasaan yang baik tersebut. Dimulai dengan datang tepat waktu, berpenampilan yang nyaman dan menarik, dan memiliki hubungan yang baik dengan semua orang di tempat kerjamu.

6. Lakukan meditasi saat kamu mulai merasa tidak nyaman

Photo by Lauren Mancke on Unsplash

Photo by Lauren Mancke on Unsplash via https://unsplash.com

Advertisement

Dan yang terakhir adalah selalu jagalah kesehatan mental kamu dimana pun terutama di tempat kerja. Saat kamu mulai merasakan beban akan pekerjaanmu, maka kamu bisa memberi waktu dirimu sendiri untuk istirahat jiwa dan raga.

Tak perlu bingung bagaimana cara mengistirahatkan jiwa, karena kamu bisa melakukan meditasi. Pada aplikasi Riliv sudah terbungkus rapi sehingga kamu bisa menggunakannya dimana dan kapan saja. Sayangi jiwamu ya Dear!

Disadur dari:

  1. https://www.stress.org/7-ways-successful-people-stay-calm-at-work
  2. https://www.forbes.com/sites/siimonreynolds/2013/07/23/3-ways-to-stay-calm-at-work/#33177ce6ee19

Ditulis oleh Irena dari Riliv.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE