Jangan Khawatir! Begini 6 Cara Menjaga Berat Badan saat Pandemi

Walau di rumah aja, tubuh tetap sehat dan fit denan 6 cara ini!

Selama masa pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk melakukan aktivitas di dalam rumah saja. Salah satu masalah yang terjadi adalah peningkatan berat badan yang tidak direncanakan. 

Tentu ngga mau kan hal ini terjadi padamu?

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan agar badan kita tetap terjaga ketika berada di rumah saja :

 

Advertisement

1. Diet Sehat

Photo by Trang Doan from Pexels

Photo by Trang Doan from Pexels via https://www.pexels.com

Berhentilah makan sebelum kenyang, agar konsumsi makanan tidak berlebihan. Karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang. Jumlah asupan gizi harus sesuai dengan kebutuhan tubuh. Keseimbangan gizi sangat berpengaruh untuk imunitas tubuh kita.

2. Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Photo by Ella Olsson from Pexels

Photo by Ella Olsson from Pexels via https://www.pexels.com

Apa sih kegunaan dari karbohidrat kompleks? Karbohidrat kompleks dapat membuat kita kenyang lebih lama, sehingga tidak perlu mengonsumsi makananyang berlebihan. Karbohidrat kompleks lebih lama dicerna dalam tubuh. Contoh dari karbohidrat kompleks yaitu roti gandum, nasi merah, kentang, havermout, dan lain-lain.

Advertisement

3. Kurangi Minuman Manis

Photo by Purple Smith from Pexels

Photo by Purple Smith from Pexels via https://www.pexels.com

Konsumsi gula belebihan dapat meningkatkan berat badan. Hal ini karena kandungan kalori dalam minuman manis sangat tinggi. Minuman manis tidak memberikan rasa kenyang, sehingga kalian akan tetap lapar meskipun sudah mendapat asupan kalori dari minuman manis. Akibatnya, kalori yang masuk akan melebihi kebutuhan tubuh, sehingga berat badan pun naik.

4. Banyak Minum Air Putih

Photo by Daria Shevtsova from Pexels

Photo by Daria Shevtsova from Pexels via https://www.pexels.com

Konsumsi air akan mengendalikan nafsu makan. Dengan minum air, kamu akan merasa kenyang dan jumlah makanan yang kamu konsumsi akan berkurang. Kamu bisa minum air putih terlebih dahulu sebelum makan. Jika kamu merasa bosan, kamu bisa tambahkan irisan lemon. Kandungan pektin dalam lemon, juga membantu menjaga imunitas tubuh.

5. Ganti Camilan

Photo by Ella Olsson from Pexels

Photo by Ella Olsson from Pexels via https://www.pexels.com

Ketika di rumah saja pasti kita tidak bisa terlepas dari camilan. Terlalu sering mengonsumsi camilan yang tidak sehat dapat meningkatkan berat badan. Gantilah camilan dengan sayur dan buah. Sayur-sayuran dan buah-buahan sangat penting untuk meningkatkan imunitas tubuh, karena mengandung vitamin dan mineral. Selain itu, sayur-sayuran dan buah-buahan juga banyak mengandung serat, sehingga dapat membantu kenyang lebih lama.

Advertisement

6. Olahraga

Photo by Pixabay from Pexels

Photo by Pixabay from Pexels via https://www.pexels.com

Di samping mengatur pola makan, kita juga harus melakukan olahraga. Namun saat ini olahraga hanya dapat dilakukan di rumah saja. Olahraga yang dapat dilakukan di rumah seperti senam dan yoga. Untuk melatih tubuh dengan berbagai gerakan, kalian dapat melihat video di YouTube, Instagram, atau website pelatih kebugaran.

Jadi, jangan lupa terapkan cara-cara tersebut agar berat badan kalian tetap terjaga. Dan jangan lupa tetap terapkan protokol kesehatan di mana saja kalian berada. Stay safe and keep healthy!

Penulis 1 : Ardhan Dhani Ramadhan

Penulis 2 : M. Riyanton

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pendidikan SD NEGERI SIDOMULYO SMP NEGERI 2 ADIMULYO SMA NEGERI 1 PEJAGOAN

CLOSE