Sebagian dari kita mungkin asing mendengar hewan bernama tardigrada ini, yang umum disebut beruang laut. Tardigrada adalah hewan mikroskopis yang tinggal di air dan memiliki delapan kaki. Tardigrada adalah hewan mikroskopis yang di temukan tahun 1773 di kota Tsuruoka, Jepang. Bernama latin Macrobiotus Shonaicus.

Berikut fakta-fakta tentang Tardigrada, yuk kita simak!

1. Pertama kali ditemukan di lumut

Tardigrada

Tardigrada via https://www.google.com

Hewan mungil yang abadi ini pertama kali di temukan di lumut tempat parkir di kotaTsuruka, Jepang tahun 1773. Hewan yang hidup di lumut dan daun membusuk ini di memiliki nama latin Macrobiotus Shonaicus yang biasa disebut beruang air. Beruang air yang memiliki delapan kaki.

2. Ukuran tubuh yang minimalis

Tardigrada

Tardigrada via https://www.google.com

Advertisement

Tardigrada pertama kali di deskripsikan oleh Johann Agustus Efraim Goeze pada 1773. Nama Tardigrada berarti "pejalan lambat" dan diberikan oleh Lazzari Spallanzani pada tahun 1777. Tardigrada terbesar dapat mencapai panjang tubuh 1,5 mm dan yang terkecil di bawah 0,1. Yang baru menetas lebih kecil dari 0,05mm.

3. Dapat hidup di mana daja

Tardigrada

Tardigrada via https://www.google.com

Pada 1920, seorang profesor Jerman menemukan Tardigrada selamat meski di rebus pada suhu 150°C, dan tetap hidup meski di bekukan selama berhari-hari di bawah suhu 200°C. Makhluk ini juga mampu hidup di luar angkasa yang hampa udara.

4. Kuat puasa selama 10 tahun

Tardigrada

Tardigrada via https://www.google.com

Tardigrada adalah hewan yang paling kuat puasa lho. Kenapa? Tardigrada dapat bertahan hidup tanpa air hingga 10 tahun, ketika berada dalam lingkungan yang kering, ia mengaktifkan protein khusus bernama TDPs. Protein ini digunakan untuk membungkus tubuh Tardigrada dengan molekul yang mirip dengan kaca. Selama itu tubuhnya akan mengalami penyusutan kandungan air dari 80% menjadi 3%.

5. Tahan radiasi ionik

Tardigrada

Tardigrada via https://www.google.com

Advertisement

Radiasi ionik adalah gelombang elektromagnetik yang dapat merusak setiap partikel sel hidup yang terpapar olehnya. Contohnya adalah Sinar x dan Gamma. Paparan 5-10 Gy sinar ini bisa sangat berbahaya bagi manusia, sedangkan bagi Tardigrada pada dosis 5.000 Gy masih bisa bertahan hidup.

6. Makhluk mini yang hidup sebelum dinosaurus

Tardigrada

Tardigrada via https://www.google.com

Ralph O. Schill pakar Tardigrada dari Universitas Stuttgarttua, Jerman garis keturunan Tardigrada sudah sangat tua, sejumlah mikrofosil menunjukkan bahwa Tardigrada sudah berada di bumi sejak 520 juta tahun hingga 100 juta tahun lampau. Jauh sebelum dinosaurus ada.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya