Mahasiswa biasanya terkenal dengan sentilan anak kos dan tugas – tugas yang tiada habisnya. Namun hal itu belum akan kita alami saat kita masih di semester 1 atau masih menyandang predikat MABA. Tugas masih belum menyerang, dan uang jajan pasti masih utuh karena belum banyak iuran dan tugas. Sering mahasiswa baru menghabiskan waktunya untuk tidur di kos dan melakukan hal hal yang tidak jelas.

Daripada bosan di kos dan melakukan hal – hal yang negatif. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang bagi mahasiswa semester satu.

1. Mulailah Menjelajah Kota Barumu

Go Explore via https://www.creg.co.id

Jika kamu adalah mahasiswa yang merantau, ada baiknya kamu mulai eksplorasi kota tempat kampusmu berada. Baik bagi kamu untuk mengetahui tempat – tempat hang out di kota tersebut. Selain kamu jadi hapal dengan jalan, kamu juga akan mengetahui tempat untuk mencari atau membeli barang yang kamu butuhkan. Dan kamu juga akan butuh refrensi tempat hang out yang nantinya akan kamu gunakan untuk kumpul kelompok saat tugas – tugas sudah menyerang.

2. Carilah Part Time Jobs

Contoh Part Time Jobs via https://www.creg.co.id

Advertisement

Mahasiswa baru memang belum mengalami krisis ekonomi. Namun tidak ada salahnya untuk menghabiskan waktu dengan menambah pundi – pundi penghasilan. Selain itu kamu juga bisa menabung untuk persiapan menempuh semester tua nanti, sehingga tidak akan terlalu membebani orang tua dengan iuran – iuran tugas.

3. Sering – Seringlah Berkunjung ke Kos Teman

Bantu Teman Menata Kamarnya via https://www.creg.co.id

Berkunjung atau bahkan menginap di Kos teman akan sering kamu alami saat lembur mengerjakan tugas kelompok. Namun yang dimaksud disiBni adalah menambah teman. Berkunjunglah ke kos temanmu yang beda jurusan atau beda fakultas. Selain kamu bisa berteman dengan lebih erat, pengalaman kamu juga bertambah. Namun pastikan kalau teman yang kamu kunjungi benar – benar menerima kamu. Ada baiknya kalau kamu bisa bisa memancing dia untuk mengajakmu mampir ke tempatnya.

4. Ikutilah Seminar dan Berbagai Pelatihan

Ikut Seminar via https://www.creg.co.id

Selama uang kamu belum habis untuk membeli buku literatur dan membayar iuran – iuran, manfaatkanlah dengan baik. Gunakan sisa uang makanmu untuk mengikuti seminar – seminar atau pelatihan yang diadakan kampusmu maupun yang diselenggarakan di kota tempat kampusmu berada. Selain pengalaman dan ilmumu bertambah, sertifikat yang kamu dapatkan juga berguna pada saat kamu melamar pekerjaan.

5. Sering – Seringlah Menghabiskan Waktu di Kampus

Nongkrong asik kampus via https://www.creg.co.id

Advertisement

Menghabiskan waktu luang di kos adalah sebuah kesalahan. Karena kamu akan cenderung malas, bosan dan melakukan hal – hal yang kurang bermanfaat. Menghabiskan waktu di kampus dapat membuatmu lebih akrab dengan lingkungan kampus. Mengikuti UKM atau hanya . dar menumpang Wifi akan lebih berguna daripada kamu hanya tidur siang di kos. Selain itu kamu juga akan bisa lebih akrab dengan pegawai kampus seperti tukan bersih – bersih dan satpam. Itu akan membuat kehidupan kamu di kampus menjadi jauh lebih nyaman.

6. Bergabunglah dengan Komunitas yang Ada di Kota Kampusmu

Komunitas via https://www.creg.co.id

Kalau kamu punya hobi dan ingin mengembangkannya, carilah komunitas yang sesuai di kota tempatmu berkuliah. Selain hobi yang berkembang dan pengalamanmu yang bertambah, kamu juga akan mendapatkan teman – teman baru dari lingkungan luar kampus. Kamu jadi punya banyak jaringan yang akan mendukung kegiatan kuliahmu nanti.Itulah beberapa hal yang bisa dijadikan inspirasi untuk menghabiskan waktu luang bagi kalian teman – teman mahasiswa baru semester satu. Daripada digunakan untuk malas – malasan di kos, lebih baik mencari pengalaman.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya