Ada banyak hal dapat menyebabkan kita tersesat di tempat lokasi baru terutama saat menjalankan ibadah bersama paket umroh wisata Turki. Untuk menghindari atau membuat anda tersesat lebih jauh lagi anda bisa memanfaatkan tips agar tidak tersesat selama umroh berikut ini:

 

1. Catat identitas penginapan

Setelah tiba di Madinah atau Mekkah sebaiknya catat identitas penginapan secara komplit, meliputi nama jalan tempat hotel, alamat gedung hotel tempat menginap, nomor kamar, dan nomor telepon. Jangan lupa mencatat nomor telepon teman sehotel, ketua rombongan, dan muthawwif atau pembimbing umroh untuk dimintai bantuan ketika anda tersesat atau butuh pertolongan.

2. Bawa selalu ID card dan tanda pengenal lainnya

id card

id card via http://pixabay.com

Supaya anda mudah dalam mencari pertolongan dan mudah dikenal kenakan kedua identitas tersebut kemanapun, karena gelang tersebut bisa menjadi petunjuk tempat anda tinggal. Selain itu petugas keamanan Arab Saudi bisa lebih mudah menemukan asal negara mana anda berasal dan dimana tempat anda tinggal terlebih bagi anda secara percakapan tidak menguasai percakapan Inggris atau Arab.

3. Usahakan pergi dengan rombongan

Saat hendak bepergian baik jalan-jalan atau sekedar mencari makan sebaiknya anda pergi secara bersama-sama. Jika tidak pergi bersama rombongan anda bisa pergi dengan kawan lain untuk menemani anda apalagi anda benar-benar baru pertama kali beribadah ke tanah suci dengan umroh wisata Turki harga murah, atau anda seorang perempuan akan rawan menjadi korban kriminal.

4. Hati-hati, penipuan

Hal ini terutama dihimbau bagi jamaah perempuan atau baru pertama kali bertandang ke Tanah Suci untuk menghindari hal sesuatu yang tidak diinginkan. Kenali petugas penyelenggara umroh dan ibadah haji. Anda bisa dengan mudah mengenali mereka lewat identitas secara resmi dan warna seragam resmi atau batik yang mereka gunakan.

5. Jaga ketenangan di kondisi apapun

Tersesat saat mengikuti umroh? Hadapi dengan tenang dan tidak panik. Apabila anda sudah berkeliling namun belum mendapatkan jalan pulang, maka tenangkan diri dengan beristirahat sebentar sambil duduk sembari mengingat-ingat tanda khusus menuju penginapan tempat anda menginap atau pintu masuk ketika beribadah di Masjidil Haram. Sementara anda bisa bergabung dengan jamaah dari negara Indonesia lain sebelum mendapati jamaah atau rombongan kita bisa menolong anda menemukan penginapan tempat anda menginap. Untuk itu tetap gunakan ID card dan gelang identitas anda sangatlah penting.

 

6. Malu bertanya, sesat di jalan

tersesat

tersesat via http://pixabay.com

Berusahalah mencari informasi dengan bertanya misal sesama jamaah lain yang berbahasa sama apalagi jamaah ikut gabung dengan umroh wisata Turki karena kemudahan komunikasi, sehingga kemungkinan besar bisa membantu kesulitan anda. Selain itu anda bisa bertanya kepada petugas terdekat untuk meminta petunjuk arah kemana yang harus anda tuju dengan lebih jelas.

 

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya