Hai sahabat Hipwee! Apakah sedang ada yang melakukan diet penurunan berat badan saat ini? Apakah berhasil? Atau dietmu tidak berhasil? Atau akhirnya ada yang menyerah untuk tidak berdiet lagi? Berikut ini penulis akan membahas hal-hal yang sepele yang bisa membuat diet penurunan berat badanmu gagal.

 

1. Tidak Memiliki Niat Yang Cukup

Malas dapat dilawan dengan niat yang kuat

Malas dapat dilawan dengan niat yang kuat via http://www.buzzfeed.com

Hal utama yang kita butuhkan saat memutuskan untuk melakukan diet penurunan berat badan adalah niat. Kenapa? Karena biasanya diet penurunan berat badan itu tidak instan dan banyak merubah kebiasaan, salah satunya adalah kebiasaan makan. Maka perlu niat yang cukup agar kita bisa teguh dalam menurunkan berat badan.

2. Tidak Memiliki Rencana

Rencana adalah bagian dari kesuksesan diet

Rencana adalah bagian dari kesuksesan diet via http://elitedaily.com

Banyak orang yang gagal dalam melakukan diet penurunan berat badan karena tidak memiliki rencana, tidak tahu mau menurunkan berapa kilogram dalam seminggu sehingga tidak tahu pencapaiannya sudah sampai mana. Buatlah rencana berapa berat yang kamu inginkan, lalu mulailah memikirkan langkahnya bertahap, apa saja yang dapat membantu langkah itu.

3. Tidak Cukup Mengenali Diri Sendiri

Ketahui berat badanmu, aktifitasmu dan pilih diet yang sesuai dengannya

Ketahui berat badanmu, aktifitasmu dan pilih diet yang sesuai dengannya via http://www.webmd.com

Saat ini beredar banyak diet penurunan berat badan dari metode A sampai metode Z, sehingga banyak sekali yang bingung mau menggunakan metode yang mana. Sebenarnya tidak perlu banyak metode untuk diet penurunan berat badan cukup kenali dirimu sendiri, kenali kebiasaan makanmu, cermati apakah kebiasaan makan tersebut terlihat berlebihan, mana kebiasaan makan yang dapat kamu jaga, dan mana yang harus ditinggal atau dibatasi.

Setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda berdasarkan tinggi dan berat badannya, selain itu kebiasaan makan setiap orangpun berbeda-beda, maka metodenya pun pasti berbeda. Kenalilah dirimu dengan baik sebelum melakukan diet penurunan berat badan.

4. Diet Terlalu Ketat

Diet bukan berarti tidak makan

Diet bukan berarti tidak makan via http://www.mirror-mirror.org

Minggu pertama dan kedua diet, makan benar-benar sedikit. Minggu ketiga merasa kelaparan, mau makan ini, mau makan itu, akhirnya minggu keempat semua makanan dimakan lagi seperti biasa tanpa kontrol, diet pun gagal. Hal ini sering terjadi pada pelaku diet, mengapa? Karena kita terlalu lama memendam nafsu makan. Sebenarnya dalam seminggu, kita dapat mengatur jadwal “cheating”, dimana kita memberikan kesempatan untuk mengkonsumsi makanan sedikit longgar dalam satu atau dua hari selama seminggu, hal itu dilakukan untuk menghindari rasa bosan yang kita alami.

5. Kurangnya Aktifitas Fisik

Seimbangkan kalori yang diasup dan yang dikeluarkan

Seimbangkan kalori yang diasup dan yang dikeluarkan via http://www.huffingtonpost.com

Sudah sebulan melakukan diet penurunan berat badan, tetapi berat badan tidak turun-turun, apa yang salah? Makan kelihatannya sudah dibatasi, tetapi lemak masih saja terlihat banyak. Selain mengatur pola makan, kita juga perlu memperhatikan aktifitas fisik kita, apakah kita lebih banyak sering duduk-duduk di kantor? Atau lebih sering tidur saat liburan, cobalah melakukan gerak yang lebih banyak, aktifitas yang sederhana saja, seperti naik turun tangga, berjalan cepat, membersihkan rumah dan sebagainya. Agar antara kalori yang masuk dan keluar jumlahnya sama.

6. Konsultasikan kepada Ahli Gizi

Ahli gizi dapat membantu menyeimbangkan menu harianmu

Ahli gizi dapat membantu menyeimbangkan menu harianmu via http://www.hopkinsmedicine.org

Jika kamu ingin dietmu berhasil, maka kamu bisa konsultasikan kepada ahli gizi. Ahli gizi biasanya akan mengukur kembali berat dan tinggi badanmu, lalu akan mendiskusikan denganmu rencana penurunan berat badan yang kamu inginkan hingga berat badan idealmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya