Pada tanggal 30 Juni 2019, dunia musik Amerika Serikat tengah ramai karena Scott Borchetta, pemilik label musik Big Machine Records, menyetujui untuk menjual perusahaannya pada Scooter Braun. Awalnya, para pecinta musik tidak menganggap akan ada masalah dari hal tersebut, khususnya karena praktik jual beli perusahaan seperti itu sering terjadi di dunia permusikan.

Namun, ketika Taylor Swift membagikan postingan di akun Tumblr-nya, banyak orang pun mulai menyadari masalah apa yang sebenarnya terjadi. Fakta-fakta baru pun mulai terungkap, termasuk aset musiknya yang juga berpindah tangan ke Scooter Braun.

Lho, sebenarnya apa yang sedang terjadi, ya? Daripada bingung-bingung, simak ulasan di artikel ini, yuk! Di sini kami sudah merangkumkan apa saja yang perlu kamu ketahui terkait perseteruan yang terjadi antara Taylor Swift dan manajer Justin Bieber itu. Selamat membaca!

1. Siapa sih Scooter Braun?

Scooter Braun

Scooter Braun via https://www.instagram.com

Bagi kamu yang belum tahu, Scott Samuel Braun atau yang sering dipanggil Scooter Braun adalah seorang manajer bakat dan pengusaha asal Amerika Serikat. Ia juga merupakan orang pertama yang menemukan Justin Bieber di YouTube dan memproduseri banyak lagu Justin. Tak hanya Justin, Scooter pun juga sering kali menjadi representasi untuk Ariana Grande, Carly Rae Jepsen, Hilary Duff, Demi Lovato, dan Tori Kelly.

Advertisement

Bagi Taylor Swift, Scooter adalah orang yang selama ini selalu berusaha menjatuhkannya dengan berbagai cara. Termasuk ketika Taylor terkena masalah dengan Justin Bieber. Tak hanya itu, Scooter juga disebutkan ikut berperan serta dalam upaya menjatuhkannya saat terjadi drama dengan Kanye West dan Kim Kardashian pada tahun 2016, berkaitan dengan panggilan telepon yang direkam secara ilegal dan dibocorkan ke media.

2. Masalah apa yang sebenarnya terjadi?

Instagram Justin Bieber

Instagram Justin Bieber via https://taylorswift.tumblr.com

Awalnya, sebuah berita mengungkapkan kalau Scott Borchetta menjual seluruh aset dalam perusahaannya, Big Machine Records, pada Scooter Braun. Hal tersebut pun langsung men-trigger kekesalan Taylor Swift dan membuatnya mengeluarkan postingan Tumblr tentang mengapa ia sangat merasa kesal.

Rupanya, sejak keluar dari Big Machine Records, ia sudah ingin membeli dan memegang hak penuh atas karya-karyanya terdahulu. Namun, Scott Borchetta mempersulitnya. Yang ada, Scott justru meminta Taylor untuk memperbarui kontraknya dengan Big Machine Records. Hal yang pada akhirnya Taylor tolak dan memilih untuk meninggalkan perusahaan tersebut.

Advertisement

Jauh lebih parahnya lagi, Scott kemudian justru menjual aset perusahaannya ke manajer Justin Bieber, Scooter Braun. Padahal, sebelum Taylor meninggalkan Big Machine Records, ia sudah meminta Scott untuk tak pernah menjual asetnya pada Scooter Braun.

3. Apa sih dampaknya ke Taylor Swift?

Taylor Swift Terkejut

Taylor Swift Terkejut via https://www.posbagus.com

Masih dari postingan Tumblr-nya, Taylor mengungkapkan kalau upaya Scooter Braun membeli Big Machine Records hanya untuk terus merundungnya. Ia pun merasa kalau warisan musik yang pernah ia buat telah berada di tangan seseorang yang hanya berusaha untuk menghancurkan sang penyanyi.

Taylor juga mengungkapkan kalau ia masih bertahan di Big Machine Records, ia pasti juga ikut ‘dijual’ ke Scooter Braun. Hal tersebut tak ada bedanya dengan menjual harga diri dan masa depannya.

4. Bagaimana respon Scott Borchetta dan Scotter Braun?

Post Insta Story Scooter Braun

Post Insta Story Scooter Braun via https://www.instagram.com

Setelah postingan Tumblr Taylor Swift viral, Scott Borchetta pun langsung buka suara dan memaparkan kronologinya. Ia mengungkapkan kalau ayah Taylor, Scott Swift, adalah salah satu pemegang saham perusahaan labelnya.

Ia pun mengaku kalau pada tanggal 25 Juni 2019, ia sudah mengundang semua pemegang saham untuk berkumpul dan memberitahukan tentang kesepakatan dijualnya Big Machine Records. Ia juga menyebutkan kalau mayoritas pemegang sahamnya menyatakan setuju dengan penjualan perusahaan tersebut.

Sayangnya, Scooter Braun tidak memberikan penjelasan apa-apa sama sekali. Yang ada, ia justru merepost postingan temannya, Dave Grutman, yang menyebutkan kalau Scooter telah membeli Taylor Swift.

5. Siapa saja Musisi Dunia yang Memberikan Dukungan pada Taylor?

Post Halsey di Twitter

Post Halsey di Twitter via https://twitter.com

Banyak musisi dan selebriti dunia yang memberikan dukungannya pada Taylor Swift. Beberapa di antaranya sampai menunjukkan dukungan terang-terangan di akun media sosialnya, seperti Halsey, pemain teater Todrick Hall, rapper Iggy Azalea, Joseph Khan, dan Martha Hunt.

 Tak hanya dukungan secara langsung, beberapa musisi dan selebritis lain seperti Miley Cyrus, Nicki Minaj, Camila Cabello, Selena Gomez, Adele, dan Gwen Stefani juga dilaporkan langsung meng-unfollow akun media sosial miliki Scooter Braun.

6. Siapa saja yang memilih untuk memberikan dukungan pada Scooter Braun?

Justin Bieber dan Scooter Braun

Justin Bieber dan Scooter Braun via https://www.kepogaul.com

Dukungan dari musisi dan selebritis tak hanya diberikan pada Taylor Swift, tapi juga pada Scooter Braun. Beberapa artis yang berada di bawah naungan Braun pun langsung membagikan postingan di akun media sosialnya, seperti Justin Bieber dan Demi Lovato.

Keduanya menuliskan di akun media sosialnya, keduanya menyebutkan kalau Scooter adalah orang baik yang tak akan melakukan tindakan-tindakan bullying yang ditakutkan oleh Taylor. Mereka pun mengungkapkan kalau postingan Taylor di akun media sosialnya itu tidak adil dan terlalu berlebihan.

Kalau menurutmu bagaimana? Siapakah yang menurutmu mengungkapkan hal yang sebenarnya? Apakah kamu masuk #TeamTaylor atau #TeamScooter?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya