Tak hanya di Indonesia yang dikenal masih kental dengan berkembangnya banyak kepercayaan kepada makhluk gaib serta cerita-cerita seram dari berbagai daerah yang disebut mitos, ternyata di Britania Raya juga ada lho mitos-mitos menyeramkan yang sampai sekarang masih diyakini oleh masyarakat di sana. Namun berbeda dengan Indonesia dimana cerita-cerita seram bisa kamu temukan dari berbagai tempat entah itu rumah tua, makam-makam, museum, pohon-pohon besar bahkan batu-batu dan gunung-gunung, mitos-mitos seram di UK identik dengan kastil.

Ya! Kamu tahu kan kalau negeri tiga singa ini juga dikenal sebagai negeri seribu kastil saking banyaknya kastil yang masih tetap dipertahankan dan dilestarikan oleh pemerintahnya, entah di Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Penasaran dengan mitos-mitos tersebut?

Yuk, intip ceritanya hanya di Hipwee yey.

1. Hantu wanita putih di kastil terseram Berry Pomeroy, Devon

Kastil Berry Pomeroy

Kastil Berry Pomeroy via https://www.readersdigest.co.uk

Kastil Berry Pomeroy yang juga berfungsi sebagai benteng, merupakan kastil paling angker di Inggris Raya. Seramnya kastil ini tidak terlepas dari cerita menyedihkan di balik indahnya Berry Pomeroy. Diceritakan bahwa seorang lady bernama Lady Eleanor mengunci adik perempuannya yang bernama Margaret Pomeroy di sebuah ruang bawah tanah kastil selama hampir dua dekade. Astaga, tega banget ya? Alasan menyedihkan di balik perilaku kejamnya itu adalah karena rasa cemburu dan iri hati akan kecantikan Margaret yang usianya lebih muda daripada dirinya.

Diyakini pula bahwa Margaret akhirnya mati kelaparan atas kejahatan Lady Eleanor tersebut. Mitos ini tetap bertahan tidak lekang oleh waktu karena desas-desus banyak wisatawan yang sudah pernah melihat hantu Margaret di sebuah menara di kastil yang disebut Menara St Margaret. Sosok hantu tersebut dikatakan mempunyai rambut panjang terurai serta tubuh yang benar-benar putih. Alih-alih ketakutan, konon katanya justru orang-orang yang berhasil melihat hantu Margaret di Menara St. Margaret dapat mengatasi semua emosi negatif yang mereka pendam seperti depresi, marah dan ketakutan.

Advertisement

Baik ya, Margaret-nya. Tapi, tetap aja ini seram, lho!

Berani travelling ke sana untuk mengunjungi Margaret Pomeroy? Siapa takut.

2. Tentara siluman di Kastil Bodelwyddan, Wales

Kastil seram Bodelwyddan, Wales

Kastil seram Bodelwyddan, Wales via https://www.dailypost.co.uk

Kastil Bodelwyddan tidaklah terlalu seram sebelumnya sampai Sir John Hay Williams menemukan tulang-tulang manusia di dekat sebuah cerobong asap pada tahun 1829 di kastil tersebut. Sir John pun memerintahkan dilakukannya restorasi besar-besaran kastil Bodelwyddan serta menambah area kastil di tempat penemuan tulang-tulang tadi.

Advertisement

Sejak saat itulah, masyarakat yang berkunjung ke kastil mulai mendengar suara bisikan, melihat bayangan seram serta acapkali melihat tentara siluman di sekitar kastil. Saking berhantunya, pada tahun 2004 kastil Bodelwyddan pernah masuk sebuah acara televisi di Britania Raya bernama "Paling Berhantu".

Seram juga, ya?

3. Hantu anak tanpa kepala di Edinburgh Castle, Edinburgh

Kastil Edinburgh

Kastil Edinburgh via http://www.historic-uk.com

Ingat cerita seram dari negeri gajah putih, Thailand yang biasanya identik dengan hantu kepala dengan usus terburai tanpa badan? Nah, di UK juga ada nih. Bedanya, kalau di Edinburgh, hantu seorang anak bukannya tanpa tubuh namun tanpa kepala, kerap kali bermain drum dalam kastil. Pengunjung sering mendengar suara samar drum padahal tak ada seorang pun yang memainkan alat musik gebuk tersebut dalam kastil.

Kastil berusia 900 tahun yang dibangun dari sisa-sisa gunung berapi kuno di Skotlandia ini juga memiliki ruang bawah tanah yang berhantu, lho. Para wisatawan acapkali mendengar suara gonggongan anjing dalam kastil yang diyakini berasal dari kuburan anjing yang berada di ruang bawah tanah kastil.

Berani ke sana?

4. Penampakan blue boy di Chillingham, Nothumberland

Kastil Chillingham, Nothumberland

Kastil Chillingham, Nothumberland via http://www.castlesfortsbattles.co.uk

Satu lagi kastil yang dicap paling angker di Inggris adalah kastil Chillingham, di Nothumberland. Tamu-tamu yang berkunjung ke sebuah kamar berwarna merah muda seringkali melihat penampakan anak berwarna biru di sekujur tubuhnya. Tak hanya itu, pengunjung pun pernah mendengar suara ratapan anak tersebut, lingkaran cahaya biru yang menggantung di atas tempat tidur hingga kilatan cahaya biru. Desas-desus yang makin berkembang tersebut membuat pihak pengelola kastil akhirnya melakukan renovasi.

Alhasil setelah direnovasi ditemukan mayat seorang pria dan seorang anak yang terkubur pada dinding berbatu bata kastil dengan tinggi 10 kaki. Penampakan hantu tersebut diyakini merupakan upaya pemberitahuan kepada orang-orang yang berkunjung serta pihak kastil bahwa mayatnya disimpan di dinding kastil. Oleh karena itulah, setelah dipugar hantu blue boy tersebut berhenti mengganggu para pengunjung.

Kasihan juga ya? Hantu juga butuh keadilan, lho agar bisa dimakamkan secara layak.

5. Hantu "Valak" Editha di Kastil Tamworth, Staffordshire

Ingat sosok hantu Valak di The Conjuring? Seram, bukan?

Wah, ternyata sosok hantu biarawati ala Valak juga ada lho di Staffordshire. Lebih tepatnya di kastil Tamworth. Malah cerita seram di balik kastil tersebut adalah double menyeramkan. Bagaimana bisa?

Para pengunjung seringkali melihat hantu seorang wanita berkulit hitam dan putih. Kedua sosok tersebut terkadang muncul dan bersuara di dasar kastil. Sosok hantu "Valak" tersebut diyakini bernama Editha yakni seorang biarawati berkulit hitam yang telah diusir dari biara. Editha pun marah dan kerap kali menghantui kastil. Sementara itu sosok wanita berkulit putih diyakini telah melakukan bunuh diri karena kekasihnya yang terbunuh dalam sebuah pertempuran.

Berani ke sana ketemu Editha?

6. Sosok berkuncir dan berjubah ungu di Dunluce, Irlandia Utara

Buku yang pindah sendiri lalu radio yang hidup sendiri? Mainstream banget kan kalau scene-scene seperti ini ada di film horror yang sering kamu tonton. Tapi, yang ini bukan di film lho.

Ya! Ini nyata. Cerita seram dari Kastil Dunluce yang terletak di negara bagian Irlandia Utara. Kastil yang terletak di tepi tebing utara pantai terkenal di Irlandia Utara yaitu Pantai Antrim. Pengunjung kerapkali melihat penampakan jubah ungu dan rambut terkuncir yang berkeliaran di dasar kastil.

Mitos menyeramkan ini tentunya tak lepas dari sejarah di baliknya. Diketahui pada tahun 1586, terjadi perseteruan besar keluarga kastil sehingga menyebabkan polisi yang menangani pun tewas dalam perseteruan tersebut. Tak hanya itu, pada tahun 1639 pun bagian dapur kastil yang sangat menjorok ke laut runtuh sehingga menyebabkan kematian kepada beberapa pelayan yang kebetulan sedang berada di dapur.

Oleh karena itulah, para pengunjung yang biasanya berkunjung ke area dapur yang sudah dibangun kembali acapkali menggigil. Kesaksian karyawan di toko hadiah yang sering melihat buku yang pindah kembali ke tempat semula serta radio yang hidup sendiri pun menambah keseraman cerita di balik keindahan kastil.

Demikianlah beberapa cerita seram di balik keindahan kastil-kastil di negeri seribu kastil. Jangan takut, lho! Mitos juga merupakan bagian dari sejarah masa lalu yang harus tetap dihormati, dihargai dan dilestarikan agar dapat menjadi cerita menarik bagi anak cucu kelak. Bukankah menghargai sejarah sama halnya dengan menghargai bangsa sendiri?

So, berani adu nyali ke sana?!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya