Liburan sambil menikmati panorama dan mengenal lebih dekat budaya di Britania Raya tentu sudah menjadi impian banyak orang. Sayangnya, hal itu kerap jadi impian semata karena biaya pergi berlibur ke sana sangatlah mahal. Kita harus memikirkan harga tiket pesawat, biaya visa, bahkan living cost saat berada di sana.

Sebenarnya, selain bisa mencari promo tiket pesawat, kita juga bisa memilih kota-kota di sana yang punya banyak objek wisata gratis lho! Inilah 6 kota yang punya berbagai objek wisata gratis di Britania Raya.

1. Liverpool

Kebanyakan orang pasti tahu akan kota yang terkenal dengan kesebelasan sepak bolanya ini. Liverpool bisa jadi salah satu kota yang relatif murah dikunjungi, dengan catatan ke sana saat tidak ada pertandingan sepak bola. Kita bisa ke berbagai tempat seru secara gratis, misalnya jalan-jalan di sekitar Liverpool Waterfont yang langsung menghadap ke Sungai Mersey. Kita pun bisa pergi ke Tate Liverpool dan Museum Liverpool.

Kalau kamu fans The Beatles, tak ada salahnya merogoh sedikit kocek untuk masuk ke The Beatles Story. Bukan hanya itu, kita bisa mengenal lebih dekat penduduk lokal dengan berjalan-jalan di sekitar Albert Dock, meresapi keotentikan patung di sekitar jalan, bahkan menikmati musik yang dimainkan para musisi jalanan. Bukan hanya soal wisata yang tidak memakan banyak biaya, di sini juga banyak restoran makanan cepat saji, serta biaya taksi yang harganya lebih murah kalau dipesan lewat aplikasi ponsel.

Advertisement

Omong-omong, Liverpool dinobatkan sebagai Pusat Kota Pop di Britania Raya yang memiliki banyak seni pertunjukan, museum, galeri, literatur, bahkan kehidupan malam. Selain menikmati panorama yang keren, di Liverpool kita juga bakal dimanjakan dengan atmosfer penduduk lokal yang hangat.

2. Edinburgh

Edinburgh terkenal sebagai kota yang memiliki biaya hidup tinggi. Namun, kalau kita pintar, kota ini bisa menjadi opsi tempat berlibur di Britania Raya karena banyak atraksi gratis yang bisa kita nikmati. Sebut saja pendakian Arthur’s Seat, free entry di Museum Skotlandia, menjelajahi lereng Royal Mile, sampai menikmati keindahan Royal Botanic Garden. Serunya lagi, kita bisa mencoba audio tour yang ada di West End.

Tur ini membuat kita menikmati panorama di Katedral St Giles dengan berjalan kaki sambil belajar sejarah. Inspiring banget, kan? Bukan cuma banyak objek wisata yang gratis, harga hotel di sini pun tergolong murah jika kita pandai mencari celah. Kalau kepingin cari inspirasi, kita juga bisa pergi ke The Elephant House untuk ngeteh, yang mana merupakan tempat J.K. Rowling mendapatkan ide tentang Harry Potter! Selain bisa menikmati keindahan bangunan tua di Edinburgh, kita akan bisa dengan mudah menyerap keramahan penduduk lokal yang tercermin di tiap ruas jalan.

3. Brighton

Advertisement

Jalan-jalan ke sekitar Dermaga Victoria menjadi hal yang mesti kita lakukan kalau ada di kota yang dijuluki “London-by-the-sea” ini. Di sini kita bisa menikmati berbagai hiburan, juga menikmati panorama dengan berjalan kaki di sepanjang pantai ya, pantai karena di sini terkenal banget budaya santai di pinggir pantai yang membentang.

Kita juga bisa membeli camilan berupa keripik tradisional yang terbuat dari kerang laut dan saus yang otentik dari tempat ini. Kalau ingin suasana yang lebih rileks, Royal Pavilion Gardens bisa jadi tempat santai. Kita bisa berbaur dengan penduduk lokal sambil menikmati indahnya bunga dan pepohonan. Bukan hanya itu, Brighton juga punya Art Gallery Museum yang berisi berbagai hasil seni dan desain abad ke-20. Di sini kita juga bisa meluangkan waktu membeli oleh-oleh di Snooper’s Paradise yang berisi banyak barang antik. Namun, di sini makanannya tak bisa di bilang murah, makanya harus pintar biar bisa tetap hemat. Selain makanan sih, dijamin kamu bisa irit kalau berkunjung ke Brighton.

4. St. Davis

Pantai Pembrokeshire

Pantai Pembrokeshire via http://www.lovetoescape.com

Kalau mau menikmati panorama alam yang menakjubkan, St. Davis bisa jadi pilihan. Kota terkecil di UK ini memiliki panorama Pantai Pembrokeshire yang indah dan terkenal dengan surfing-nya. Kawasan di sekitar pantainya punya perbukitan dan jalan pesisir yang bisa diakses dengan berkendara atau berjalan kaki. Kita bahkan bisa melihat betapa cantiknya perdesaan Solva, Teluk St. Non, Caerfai Bay, dan Abereiddy Bay, yang mana bisa kita eksplor panoramanya.

Selain itu, kita bisa mengunjungi St. Davis Catedral yang punya arsitektur unik dan menjadi daya tarik kota ini. Kita juga bisa jalan-jalan ke tempat bersejarah Welsh sekaligus Chapel of Non St. yang legendaris. Konon, air di sana bisa menyembuhkan penyakit lho. Pemandangan perdesaan di sekitar situ pun sangat menakjubkan. Meski murah dan seru, perlu diperhatikan kalau pilihan makanan murah sangat terbatas di sini. Namun, jangan lupa sempatkan makan es krim Gianni kalau ke sini saat musim panas. Mendapatkan panorama indah dan pengetahuan budaya tanpa harus mengeluarkan banyak biaya ekstra? Bisa banget kita dapatkan di sini.

5. Manchester

Kota metropolitan yang terkenal dengan trem-nya ini juga wajib didatangi. Meski menjadi kota favorit para selebritis dunia karena citarasa urban, banyak museum dan galeri gratinya juga lho. Kita bisa pergi ke Machester Art Gallery yang memiliki banyak koleksi karya seni, Museum of Science & Industry yang menyimpan banyak pengetahuan tentang sejarah perkotaan, serta Afflecks Palace untuk membeli suvenir. Kalau masih penasaran dan mau mengeluarkan biaya ekstra, kita bisa pergi ke Deansgate, Norther Quarter.

Namun, nggak perlu cemas untuk biaya makan karena banyak kafe dan restoran dengan harga terjangkau di kota ini. Dengan sistem perkotaan yang menakjubkan, kita juga bisa melihat lebih dekat bagaimana perilaku penduduk kota yang dijuluki smart city ini. Machester memiliki masyarakat yang multicultural, tapi punya tingkat toleransi tinggi yang mana bisa kita ambil positifnya.

6. Cardiff

Salah satu tempat yang paling sering dikunjungi di kota ini adalah Cardiff Castle dan Principality Stadium. Sayangnya, dua tempat ini termasuk mahal untuk dikunjungi. Namun, sebenarnya kita juga bisa kok pergi ke Bute Park sebuah ruang hijau tanpa biaya masuk. Kita juga bisa jalan-jalan di sekitar Sungai Taff, bahkan berlayar sepanjang sungai dengan harga murah.

National Museum Cardiff juga mesti kamu datangi karena memiliki berbagai koleksi seni yang pasti juga free entry. Di sini, akses untuk bepergian sangat mudah, apalagi banyak rute bus yang memungkinkan kita mengeksplor berbagai tempat. Untuk tinggal, biaya inap di kota ini juga termasuk aman di kantong lho! Jadi, tunggu apa lagi?

Nah, kira-kira itulah 6 kota di Britania Raya yang punya beragam objek wisata gratis. Kalau menurutmu, kota mana lagi yang bisa di-eksplor tanpa harus mengeluarkan biaya?

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya