6 Makanan Seafood Paling Mahal di Dunia, Mana yang Pernah Kamu Coba?

Makanan olahan seafood paling mahal di dunia yang mungkin anda belum ketahui

Kamu bisa membeli hidangan laut (seafood) dari pasar nelayan, atau membeli yang sudah diproses dan dikemas di supermarket. Secara umum, ada dua jenis makanan laut, yakni makanan murah dan terjangkau, serta makanan laut paling mahal. Tidak seperti daging sapi atau daging ayam, seafood mahal memiliki tingkat kerapuhan yang tinggi, sehingga mau tidak mau penyajiannya harus benar-benar segar, demi menjaga cita rasa, tekstur, dan tentu saja kelezatannya. Berikut adalah tujuh olahan seafood termahal di dunia.

Advertisement

1. Tuna Sirip Biru

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Tuna sirip biru (blue fin) umumnya dijual dari pusat pelelangan ikan Tosoyu yang menggantikan peran Tsukiji di area Teluk Tokyo, Jepang. Rekor tertinggi untuk ikan tuna jenis ini terjual seharga US$ 176.000 sekitar Rp 2,4 miliar pada 2003. Hal yang membuatnya mahal adalah kandungan lemaknya yang pas, sehingga terasa gurih sempurna di hampir seluruh bagian dagingnya.

Ikan tersebut dapat dimakan di restoran khusus yang ada Jepang. Walaupun Tuna Sirip Biru mahal, hal itu tidak menghentikan orang Jepang untuk memakannya.

Advertisement

2. Lobster Frittata

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Lobster  Frittata adalah hidangan yang tampaknya sederhana, tetapi sebuah hotel di New York yang bernama Norma’s at Le Parker Meridien Hotdi mengubah hidangan ini menjadi istimewa. Harga Lobster Fritatta yaitu 1,000 Dollar US atau sekitar 14 juta hidangan ini  terdiri dari 10 ons kaviar Sevurga, daging satu ekor lobster, enam telur segar, krim, daun bawang, dan kaldu lobster. Sajian mewah ini disajikan di atas wadah dari kentang Yukon berlapis emas 18 karat.
 

3. Ikan Fugu

Photo by Google Images

Photo by Google Images via https://www.google.com

Walaupun dikenal sebagai ikan yang mematikan, satu tetes racun dari ikan buntal dapat menyebabkan kematian. Karena itu, penyajiannya harus dilakuakn oleh koki yang bersertifikasi. Saat ini, ada kurang dari 50 restoran di seluruh dunia yang berwenang untuk menyajikan ikan buntal. Harganya bervariasi dari US$ 12 sekitar Rp 169.000 hingga US$ 200 sekitar Rp 2,8 juta per piring saji, di mana terdiri dari serangkaian irisan tipis yang kaya rasa.

4. Coffin Bay King Oyster

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Ini adalah tiram super besar yang ditangkap di kawasan Coffin Bay di Australia Selatan. Tiram raja adalah sebutannya. Tiram ini biasa dijual dengan harga US$ 100 sekitar Rp 1,4 juta per kilogramnya. Tiram ini benar-benar memiliki rasanya yang luar biasa dan teksturnya sangat lembut.

Advertisement

5. Posh Pie

Photo by Google Images

Photo by Google Images via http://www.google.com

Posh Pie adalah hidangan yang pertama kali diluncurkan di The Lord Dudley Hotel oleh Koki Australia. Untuk dapat menikmati hidangan ini, Anda harud membayar sekitas US$ 9.484 atau setara dengan Rp 128 juta. Dengan harganya yang mahal, hidangan itu dianggap sebagai pie paling mahal di dunia dan telah mendapatkan banyak penjualan sebesar 2 juta voucher makanan di seluruh Australia. Hidangan ini terbuat dari bahan-bahan, seperti sejenis jamur hitam musim dingin, lobster yang ditingkatkan dengan daun emas 23 karat yang dapat dimakan.

6. Kaviar Almas

Photo by Google Images

Photo by Google Images via https://www.google.com

Kaviar Almas sejak lama menjadi makanan bagi orang kaya, tetapi The Caviar House & Prunier di Inggris benar-benar meningkatkan harganya. Pelanggan dapat menikmati telur ikan terbaik yang disajikan dalam kaleng emas 24 karat seharga Rp 360 juta-an. Caviar House & Prunier adalah satu-satunya restoran di dunia yang menawarkan Almas Caviar.
 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE