6 Peralatan Penting yang Wajib Dibawa Saat Camping Untuk Pemula

Kamu lagi tertarik untuk camping, nggak nih?

Belum pernah camping sebelumnya dan ingin menggunakan weekend untuk coba camping? Pilihan kamu untuk membaca artikel ini pilihan tepat. Terus membaca karena artikel ini akan menjelaskan 6 peralatan penting dibawa saat camping untuk pemula!

Advertisement

1. Tenda

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via http://www.unsplash.com

Peralatan satu ini adalah tempat untuk kamu beristirahat. Pastikan tendanya sesuai dengan apa yang kamu perlukan, seperti kapasitas untuk berapa orang, butuh satu layer atau 2, dan ukurannya sesuai atau engga. Penting juga untuk kamu bisa memasang dan membokar tendanya, ya! Kalau engga, bisa juga untuk minta tolong teman kamu bongkar-pasang tedanya. Hihihi.

2. Ransel

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Isi barang-barang kamu ke dalam ransel yang cukup kapasitasnya. Pastikan ranselnya kokoh ya untuk menampung banyak barang untuk camping. Isi barang-barangnya berupa kebutuhan mendasar seperti, sikat gigi, sabun cuci tangan, dan sabun cuci muka. Tidak lupa untuk membawa peralatan masak dan makan.

Advertisement

3. Alat Masak dan Alat Makan

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga harus menyiapkan alat masak dan alat makan juga ya. Berikut peralatan masak dan makan untuk dibawa:

  • Kompor. Kompor menjadi peralatan penting untuk kamu makan saat camping. Siapkan kompor portable yang nyaman dan mudah digunakan agar mempermudah kegiatan masak memasak, dong! Tidak ketinggalan dengan gas mini juga, ya.
  • Panci. Alat masak satu uni digunakan untuk merebus atau menumis bahan makanan yang sudah kamu sediakan. Bawa panci sesuai kebutuhan kamu dan teman-temanmu.
  • Pisau. Pisau menjadi peralatan penting dibawa saat camping. Selain untuk memasak, kamu bisa gunakan juga untuk memotong benda-benda di sekitar yang bisa menghalangimu berkegiatan, seperti memotong sedikit rumput.
  • Gelas. Pastikan gelas yang kamu bawa tidak mudah pecah belah. Bawa gelas yang cukup kuat untuk dibawa di alam terbuka dan dipakai untuk menyeduh air panas.
  • Sendok, Garpu, dan Piring. Tentu saja harus bawa sendok, garpu, dan piring wajib dibawa karena akan dipakai untuk beberapa kali makan. Untuk mengaduk minuman, menumis makanan, dan untuk makan, kamu bisa gunakan sendok. Kamu bisa siapkan sendok dan garpu lipat agar dapat memaksimalkan ruang kosong di ransel, loh!

4. Sleeping bag

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Selain peralatan masak dan makan, pastikan sleeping bag sudah ada di list peralatan penting dibawa saat camping, ya. Tubuhmu harus tetap hangat atau kamu bisa kedinginan dan terkena hipotermia.

Advertisement

5. Sarung Tangan

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://www.unsplash.com

Udara di alam memang sejuk dan ada juga yang cenderung menusuk. Apabila kurang hangat selain memakai jaket, kamu juga bisa memakai sarung tangan yah. Sarung tangan juga melindungi dari bendabenda yang bisa melukai tanganmu.

6. Senter

Photo by Unsplash

Photo by Unsplash via https://unsplash.com

Senter menjadi peralatan penting saat dibawa karena kamu butuh penerangan. Walau ada cahaya handphone, namun tidak cukup terang untuk kamu menelusuri alam, terlebih di malam hari. Jangan lupa untuk bawa baterai cadangan juga, ya!

Jadi, bagaimana? Sudah siap untuk coba camping di alam terbuka? Mari siapkan 6 peralatan penting dibawa saat camping untuk pemula. Selalu jaga kondisi tubuhmu untuk tetap fit dan sehat. Selamat camping!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE