Negara Jepang, kita kenal selalu dengan ciri khasnya yaitu Bunga Sakura. Namun selain ciri khas tersebut, Jepang juga terkenal dengan budaya dan kulinernya yang kuat. Kita ambil saja kuliner Jepang yang sudah memiliki ketenaran cukup lama, bukan hanya di negaranya saja, melainkan juga di negara-negara lain. Ini bisa terlihat dari beberapa kuliner Jepang yang berhasil mendunia, contohnya adalah sushi.

Tetapi tidak hanya sushi saja, kuliner Jepang juga masih memiliki segudang referensinya untuk para traveler, dari mulai cemilan ringan sampai berat. Para traveler cukup sediakan saja uang agar bisa merasakan cemilan Jepang semuanya.

Jangan khawatir untuk kamu yang belum atau masih mengumpulkan tabungan untuk pergi ke Jepang, sekarang beberapa cemilan di bawah ini bisa kamu temui di Indonesia juga lho. Maka dari itu, yuk disimak dulu apa saja referensi cemilan Jepang berikut ini.

1. Japanese Cheese Cake

Bolu goyang

Bolu goyang via https://ny.eater.com

Cemilan dari negri sakura yang satu ini termasuk ke dalam jenis bolu-boluan. Kue bolu ini baru terkenal sekitar tahun 1980-an. Dengan kekhasannya yang ringan dan bagian atasnya yang bisa bergoyang-goyang, membuat cemilan Jepang ini terlihat unik dan menarik. Maka, tak heran bila kue bolu ini sangat cepat hits di Jepang dan banyak diserbu warga, baik lokal sampai turis.

Advertisement

Dan sekarang kue Jepang ini memiliki rasa yang beragam, seperti matcha, kopi, dan taro, di luar dari rasa originalnya yaitu keju. Wah, bagaimana? Cukup menggiurkan bukan? Yup, membayangkan saja sudah bikin kenyang, apalagi membeli langsung dari sana ya.

2. Japanese Cheese Tart

Persis pie susu Bali ya:)

Persis pie susu Bali ya:) via https://id.pinterest.com

Lagi, lagi, Jepang berhasil menarik perhatian penikmat kuliner dengan cemilan terbarunya. Kali ini, Jepang memperkenalkan Japanese Cheese Tart setelah sebelumnya ada Japanese Cheese Cake. Cemilan Jepang yang satu ini baru dikenal dalam hitungan satu abad dekade terakhir ini. Sama seperti dengan kue pendahulunya, Japanese Cheese Tart juga menjadi oleh-oleh favorit para turis/traveler bila berliburan ke Jepang.

3. Yakitori

Satenya Jepang lho ini

Satenya Jepang lho ini via https://m.ayobandung.com

Berasal dari kata yaki dan tori, yang artinya ayam dipanggang. Warga Jepang biasa memakannya dengan menggunakan campuran kecap asin. Kalau di Indonesia sendiri, Yakitori bisa dibilang mirip seperti sate ayam. Dari cara memasaknya yang dipanggang, dan bentuk potongan dagingnya itu hampir sama. Namun hanya bedanya cuma dicara makannya saja, Jepang memakai kecap asin, sedangkan di Indonesia dengan kecap manis.

4. Takoyaki

Bulat-bulat yang bikin nagih euy

Bulat-bulat yang bikin nagih euy via https://www.fimela.com

Advertisement

Takoyaki, pasti sudah tidak asing lagi kan dengan makanan yang satu ini? Yup, karena saat ini, Takoyaki telah menyebar dan dijual juga di Indonesia, dari mulai pedagang kaki lima sampai ke pedagang kelas atas. Sama seperti di asalnya, penggemar Takoyaki tak terbatas umur, muda maupun tua menyenangi cemilan ini.

Untuk bahan dasar Takoyaki sendiri umumnya terbuat dari tepung terigu dan potongan gurita. Yang kemudian dimasak pada cetakan berbentuk bulat. Setelah Takoyaki matang, biasanya pedagang akan melumuri Takoyaki dengan saos. Umm, jadi lapar nih.

5. Okonomiyaki

Apakah ini martabak?

Apakah ini martabak? via https://indianapublicmedia.org

Cemilan Jepang satu ini merupakan pancake gurih, yang isinya bermacam-macam, tergantung dari pemesannya meminta isian apa. Berdasarkan dari mbah google, isian Okonomiyaki terdiri dari kol, telur ayam, makanan laut, atau daging babi. Oleh karena itu, jika kamu turis/traveler muslim memang ada baiknya untuk mencari cemilan lain yang sekiranya halal apabila merasa ragu untuk makan cemilan ini. Tenang saja, Jepang masih memiliki banyak cemilan enak dan juga halal buat kamu para turis/traveler muslim.

6. Mochi

Si kenyal yang melting banget

Si kenyal yang melting banget via https://www.finedininglovers.com

Nah, ini dia satu referensi cemilan Jepang yang terakhir di mana lidah kamu akan dimanjakan, kira-kira apakah itu? Jawabannya tidak lain yaitu Mochi. Cemilan ini bukan hanya terkenal di asalnya saja, melainkan juga terkenal di semua negara, dan salah satunya adalah Indonesia. Di Indonesia sendiri, cemilan ini terkenal dengan kolaborasinya bersama lembutnya es krim, dan juga telah dibuat produknya oleh salah satu brand es krim Indonesia yang cukup terkenal. Dengan kekhasannya yaitu kenyal, tentu saja membuat cemilan ini laris-manis dimana saja, termasuk varian Mochi es krim yang ada di Indonesia.

Bahannya sendiri berasal dari beras ketan, yang kemudian disajikan dengan berbagai rasa, dari yang klasik (kacang merah) sampai ke modern (ovaltine atau nutella). Bagaimana pilih beli di Indonesia atau Jepang? Mochi klasik atau modern?

Semoga enam referensi cemilan Jepang di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang berencana ke Jepang atau membeli duplikatnya di Indonesia. Dan satu lagi, semoga penulis artikel ini bisa ke Jepang juga ya, aamiin 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya