Renungan Malam dan Manfaat yang Ada Bagi Segelintir Pengidap Insomnia

Secercah cahaya di kegelapan malam

Siapa disini yang punya penyakit susah tidur? Kalau gitu saya ikut ngacung yah, karena saya sudah mengalami penyakit insomnia sejak saya berada di bangku sekolah sampai sekarang. Jadi, disini ada tidak yang mau berbagi cerita tentang insomnia yang kalian alami ini ? Jika seseorang yang mengidap insomnia adalah orang yang terkesan produktif karena memiliki banyak waktu luang, dan ini memang benar. Karena pada dasarnya seseorang yang insomnia suka melakukan kegiatan di malam hari daripada mencoba tidur.

Namun, bagi saya sendiri insomnia dengan kegiatan produktif adalah hal yang melelahkan bagi kita karena dari aktifitas pagi hingga sorenya kita sudah melakukan banyak hal. Dan ada satu hal yang kita belum terlalu adaptasi ketika pertama kali mengidap insomnia, yaitu merenung. Memang terdengar sangat simple, tapi ternyata merenung itu membawa banyak sekali fungsi yang bisa membuat anda dengan nyaman mengembangkan mindset yang berjalan dengan sempurna. 

Mengingat hal yang sudah kita pahami sebagai insomnia bahwa kita  akan melakukan renungan malam ini yang ternyata bersangkut dengan bermacam manfaat tertentu. Kita akan terbiasa mengenal bahwa sebagai pengidap insomnia, didiri masing-masing sebuah kenyamanan dalam gelapnya malam adalah dengan merenung. Jadi, apa saja nih manfaat yang akan kita dapati dari renungan malam ini ? 

Advertisement

1. Membetulkan kekurangan dengan introspeksi

women on the bed

women on the bed via https://https

Jika kalian mengenal dunia malam sebagai salah satu wadah untuk mengulas keseluruhan semua hal yang anda lakukan, baik buruk atau baiknya itu adalah manfaat dari renungan malam anda. Renungan malam membawa kita kesebuah mind-balancing di mana ketika kita memikirkan sesuatu yang sudah ada atau terekam di memory otak anda untuk selalu kita telaah lebih lanjut. Mengenai sebuah proses untuk menelaah tentang kekurangan kita sehingga kita bisa mengintrospeksinya.

Banyak yang selalu kita pikirkan ketika kita bisa mengintropeksi disaat kita merenung di malam hari. Seperti halnya pertanyaan mulai dari, Apakah selama ini kita adalah salah satu pribadi yang baik bagi sesama orang yang ada disekitar kita dan bagaimana kita bisa mengoreksi apakah ada yang salah atas perlakuan atau ucapan dan masih banyak lainnya yang kita bisa temui di renungan malam ini. 

Alhasil dengan selalu bisa mengintrospeksi banyak kesalahan lainnya adalah kita bisa mengasah kepintaran kita dalam emotional equation. Dimana setiap kita introspeksi, biasanya seluruh aspek emosional dari pemikiran nalar yang timbul itu membuat kita menjadi terbiasa dalam segala emotinality aspect dan membuat kita terbiasa ketika sadar jika ada kesalahan yang kita perbuat ataupun kesalahan orang lain.

2. Mempermudah mendapat prespektif baru

women lying on the bed

women lying on the bed via https://https

Prespektif atau bisa dijabarkan dengan pandangan dalam segala aspek ini juga adalah salah satu dari manfaat yang kita ambil saat merenung di malam hari. Dijelaskan jika prespektif itu memang selalu dapat ditumbuhkan oleh banyak orang dalam segala aktivitas, namun salah satunya adalah saat kamu sedang merenung. Dalam renungan malam yang terjadi adalah segala saraf dalam otak akan bekerja dengan lebih nyaman. Sehingga terkadang kita bisa lebih mudah memikirkan banyak hal ketika dalam keadaan saraf yang tenang. 

Advertisement

Sebagai segelintir seorang yang mengidap insomnia, kita selalu dihadapkan dengan banyak macam pemikiran baru yang menimbulkan prespektif secara bersamaan. Prespektif terkadang muncul ketika kita memandang segala hal yang ada di sekitar kita secara spontan dan juga dari pengalaman ataupun dari interpertasi kita terhadap sesuatu hal baru. Dan sebuah prespektif itu menimbulkan kita menjadi seseorang yang lebih peka terhadap banyak hal yang berada di sekeliling kita. 

Salah satunya adalah kita semakin memiliki kepribadian yang lugas dan juga berwawasan dengan menumbuhkan karakter kita dari semua prespektif yang selalu baru dan timbul. Dapat dikatakan dengan banyaknya prespektif yang kita punya semakin kita dikenal sebagai seorang yang dewasa dan luas kepribadiannya dalam menanggapi banyak hal. 

3. Meringankan beban berat dalam menjalani keseharian

women strectching

women strectching via http://https

Merenung secara tidak sengaja telah meringankan beban pundak seseorang yang biasanya selalu mendapat banyak aktivitas dan juga menjalankan hari-hari produktifnya. Tidak salah jika kita yang merenung itu kadangkalanya membuat kita seaakan merasakan sensasi escaping. Yang bisa kita ketahui secara sadar maupun tidak sadar kalau renungan yang dilakukan ini ternyata membuat kita merelaksasi diri kita dari segala aspek yang membuat kita kelelahan dari hari-hari kita. 

Sedangkan banyak juga manfaat dari renungan malam yang membuat kita terhindar dari beban hidup ini. Karena segala pemikiran dari renungan malam ini didapatkan secara natural tanpa ada sebuah usaha dalam melakukannya. Di mana ini berbeda dari keseharian kita yang mengerahkan tenaga dalam melakukannya. 

Tapi terkadang renungan malam masih menyertakan banyak pemikiran di dalamnya, secara tidak sengaja kita mudah memikirkan banyak hal. Salah satu contohnya adalah merenung memikirkan tentang aktivitas yang dia baru saja jalani di hari yang sama. Namun ternyata dengan memikirkan hal-hal sepele seperti itu malam membuat kita merasa nyaman dan juga merelaksasi segala beban yang ada di dalam pundak kita setelah melakukan aktivitas sehari-hari kita. 

4. Menetralkan perasaan yang berkecamuk

women looking at the outside through windows

women looking at the outside through windows via http://https

Memang merenung itu membuat kita menjadi lebih rileks dan juga lebih tertata. Kenyataannya dalam renungan malam yang kita lakukan ini ternyata membuat kita menjadi seseorang yang mudah untuk memperbaiki keadaan dari diri kita yang sedang kita alami saat itu juga.

Sebagai salah satu contohnya adalah merenung itu membuat kita sepuluh kali menetralkan perasaan yang sedang berkecamuk di dalam pemikiran banyak orang. Sebuah hal yang melatar belakangi mengapa perasaan seseorang yang sedang heboh-hebohnya itu dapat ditangani adalah karena dalam renungan malam kita akan menemukan keadaan dimana pemikiran adalah satu hal yang paling mudah kita temui saat berlangsung. 

Sedangkan jika pemikiran adalah hal utama yang ditemui saat merenung di malam hari maka perasaan kita yang sedang berkecamuk ini akan ditepis dengan mengemukakan sebuah kelogisan dalam perasaan yang telah kita alami tersebut. Dan jika perasaan itu mereda maka kita akan mendapatkan banyak keuntungan dari renungan malam itu juga. 

Pertama adalah kalian akan menemukan anda lebih menetralkan perasaan yang sedang marak-maraknya. Kedua adalah jika perasaan yang terjadi disaat itu juga akan tergantikan dengan pemikiran logis yang membuat kita lebih mengenal secara lengkap mengenai banyak hal. Seperti penyebab dari timbulnya perasaan itu, bagaimana kita seharusnya tidak memikirkannya atau apakah kita salah dengan perasaan yang kita alami itu. 

5. Menumbuhkan keyakinan baik yang baru

women holding a cup of coffe

women holding a cup of coffe via http://https

Sebagai salah satu orang yang suka melakukan renungan malam, terkadang kita selalu tidak luput dengan menumbuhkan keyakinan. Keyakinan yang dimaksud disini bisa jadi adalah sebuah keinginan yang kita dapatkan dari menumbuhkan perasaan kita bahwa kita mampu.

Dari apa yang sudah dijelaskan disini jika kita bisa menumbuhkan keyakinan maka kita akan lebih memiliki banyak hal positif dari keinginan untuk dikabulkan. Sebuah keyakinan yang tumbuh ini pun dapat menjadikan kita semakin percaya diri dalam menjalankan apa saja yang kita inginkan agar kita semakin dapat meraihnya. 

Sedangkan keyakinan yang timbul dan baru didapatkan dari renungan malam ini biasanya mengantarkan banyak orang agar lebih siap untuk menjalani apa yang sudah mereka yakini ini. JIka semua yang ingin kita raih sudah mendapat keyakinan dari diri sendiri bahwa kita merasa mampu, maka kita tidak akan susah untuk melatih kemampuan kita karena kita sudah berpedoman bahwa kita yakin dengan bakat ataupun niat kita dalam menjalaninya. 

Sedangkan renungan malam yang menumbuhkan keyakinan ini membuat siapaun mendapat keuntungan dan manfaat yang besar. Karena kita tidak dihadapkan pada sebuah pemikiran yang negatif melainkan lebih mengarah ke positif karena kita tau jika kita sedang menumbuhkan hasil yang baik dan berguna untuk kita lakukan ke depan, yaitu dengan berkeyakinan. 

6. Melatih negative thinking menjadi positive thinking

women holding her hair

women holding her hair via http://https

Salah satu hal yang membuat semua renungan malam menjadi sebuah waktu yang berharga adalah dengan memperbanyak pemikiran positif dari pemikiran negatif. Salah satu hal kenapa pemikiran positif lebih menguntungkan adalah karena banyak hal dan peluang yang bisa kita dapatkan.

Yaitu contohnya adalah ketika kita memikirkan tentang kebaikan seseorang, setidaknya kita berpeluang untuk lebih dekat dan menjadi sahabatnya bukan. Atau lain halnya jika kita memiliki pikiran positiv dengan memikirkan semua aktivitas yang kita alami sehari-hari dengan lebih mengutamakan pemikiran jika kita senang untuk menjalankannya. 

Setidaknya jika kita selalu berpikiran positiv maka aura hidup kita juga akan berlangsung dengan positiv pula. Namun jika kita masih berpikiran negatif, nggak banyak hal yang kita alami dengan lebih bahagia. Maka dari itu melatih pemikiran positif adalah salah satu hal yang sangat menguntungkan apalagi jika dilakukan saat malam hari. 

Jika kita masih memikirkan suatu hal yang negaitv maka latihlah untuk selalu berpikiran positif, dengan memiliki tujuan diantaranya agar kita juga dikenal sebagai pribadi yang tidak toxic ataupun trash karena pengaruhnya yang kurang baik bagi seluruh kehidupan kita. 

7. Merayakan kebebasan waktu pribadi yang berharga

the confident time

the confident time via http://https

Point ini adalah point paling mudah untuk kita sepakati dari sebuah manfaat dari adanya renungan malam. Karena renungan malam dilakukan jika sudah banyak orang yang tidak sedang dalam keadaan yang nyala atau tertidur, banyak semua pengidap insomnia yang setuju jika merenung juga memiliki arti sebagai kebasan waktu pribadi.

Sebaiknya sebuah hal yang dikatakan merelaksasi, bahwa ternyata dengan kita dapat meluangkan waktu kita hanya karena kita mengidap insomnia kita merasa memiliki waktu pribadi yang lebih dan juga memiliki manfaat yang signifikan yaitu merubah kita menjadi lebih menghargai waktu yang kita miliki ini. 

Banyak hal yang bisa kita lakukan jika kita sedang mengalami renungan malam, yang juga banyak manfaatnya yang kita selalu alami. Namun setidaknya jika kita mengenal waktu emas kita dalam menjalaninya maka tidak salah jika renungan malam adalah waktu yang tepat untuk merasakan kenyamanan dari kebebasan waktu pribadi. 

Nggak salah kok kalau kita merasa harus sendirian demi memperbaiki lagi kondisi kita dengan banyak hal saat merenung di malam hari. Salah satunya dan yang paling sering adalah menumbuhkan perasaan nyaman yang harus siapapun miliki karena itu adalah hak mereka masing-masing. Untuk menikmati kehidupan malam mereka. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE