6+ Tips Ini Bisa Kamu Coba Biar Jadi Panjang Umur dan Sehat Lahir Batin, Duh Idaman!

Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti menginginkan umur yang panjang, sehat dan sukses dalam setiap aktivitasnya. Maka jika anda ingin panjang umur dan sehat lakukanlah 9 tips ini dengan baik.

Banyak sekali orang yang mengeluh karena menderita psikosomatis (rasa cemas dan depresi). Biasanya keluhan mereka ini jelas, dengan penyakit yang mereka rasakan. Sayang! Penyakitnya ini karena tekanan mental yang berkepanjangan. Ketegangan adalah sebagian dari sifat orang yang hidup, akan tetapi bukan artinya harus disepelekan, apalagi dibiarkan. Anda perlu mengawasi jenis ketegangan yang sedang dirasakan.

Apakah ketegangan positif atau ketegangan negatif bagi kesehatan? Bila negatif maka segeralah minta bantuan dokter atau orang lain yang anda anggap mampu untuk mengatasinya.

Advertisement

1. Nikmati ketegangan yang positif

Photo by cottonbro on Pexels

Photo by cottonbro on Pexels via http://www.pexels.com

Ketegangan yang dimaksud untuk dinikmati, bukanlah ketegangan di saat kita bertemu dengan binatang buas yang paling kita takutkan, seperti bertemu dengan ular besar atau seperti kita duduk di atas kursi untuk dicabut gigi kita. Akan tetapi ketegangan yang mengandung kesenangan dan kebahagiaan seperti bertemu dengan kekasih, bercumbu dengan istri, mendapatkan uang banyak atau yang lainnya.

2. Terus maju dan teruslah berkembang

Photo by Ketut Subiyanto on pexels

Photo by Ketut Subiyanto on pexels via http://www.pexels.com

Kita jangan sampai kehilangan kemampuan untuk terus maju dan berkembang, berjungkir balik mengejar kesuksesan, melompat untuk menemukan sesuatu yang baru, ikuti gerakan hati untuk memenuhi keinginan yang positif. Kehendak untuk mencari kemajuan, kesuksesan karir maupun usaha, mengetahui suatu ilmu dan rahasia hidup janganlah terhalangi oleh apapun. Atasi segala permasalahan yang ada di hadapan Anda dengan baik dan hindari permasalahan yang memang positif untuk kita ditinggalkan.

Advertisement

3. Pilihlah makanan yang baik

Photo by Viktoria Slowikowska on Pexel

Photo by Viktoria Slowikowska on Pexel via http://www.pexels.com

Semua makanan memiliki kandungan di dalamnya, terdiri dari unsur kimiawi. Obat dan makanan seringkali memiliki sifat sama, perbedaannya tergantung dari bagaimana kita melihatnya. Misalkan, protein dalam bistik disebut dengan makanan, tetapi bila bistik itu tersimpan dalam kapsul maka akan tergolong obat. Demikian pula jika makanan yang kita makan melebihi takaran, akan mengancam kesehatan kita, sebab makan obat yang berlebihan juga tentunya akan membahayakan keselamatan diri kita.

4. Ketenangan jiwa

Photo by Maria Eduarda Tavares on Pexels

Photo by Maria Eduarda Tavares on Pexels via http://www.pexels.com

Ketenangan jiwa tidak dapat dirasakan terus menerus tanpa adanya pemeliharaan yang tepat, makanya kita harus berusaha agar ketenangan jiwa tetap ada dalam diri kita sendiri. Para ahli jiwa mengatakan “Ketenangan jiwa berperan dalam upaya penyembuhan penyakit seseorang”.

Lalu bagaimanakah agar dapat ketenangan jiwa itu? Dalam hal ini kita boleh memilih cara yang tepat dan bagaimana yang dapat kita lakukan untuk menjernihkan dan dapat memberikan kesenangan pada kita.

Advertisement

5. Dekat dan akrab dengan orang yang dicintai

Photo by Elly Fairytale on Pexels

Photo by Elly Fairytale on Pexels via http://www.pexels.com

Anda harus akrab dengan orang yang dicintai, karena cinta adalah kenikmatan dan kebahagiaan. Bila kita berbuat sesuatu karena mencintai seseorang, maka Anda akan bertambah sehat, tetapi sebaliknya bila berbuat sesuatu untuk mendapatkan cinta, biasanya justru malah jatuh sakit.

6. Bangun pagi, hirup udara segar

Photo by VisionPic.net on Pexels

Photo by VisionPic.net on Pexels via http://www.pexels.com

Pada waktu shubuh gas ozon (O3) mengandung sebagian udara, gas ozon sangat berguna bagi organ syaraf karena dapat menumbuhkan semangat kerja, menyegarkan pikiran dan memberikan kesegaran pada semua bagian tubuh kita. Sinar matahari pagi, mengandung warna merah yang pengaruhnya dapat menumbuhkan semangat kerja urat syaraf, sedangkan warna ungu (ultra violet) sangat bermanfaat bagi kulit di dalam proses penciptaan vitamin D.

Pada waktu pagi banyak kortzon dalam darah, kortzon adalah zat yang mempergiat proses metabolisme dalam tubuh, banyak terdapat kandungan gula dalam darah yang berguna bagi tubuh untuk menyediakan energi yang dibutuhkan supaya terus bertambah tinggi. Bangun pagi bermanfaat dapat mencegah penyakit Atherosclerosis, sesak nafas dan hati.

7. Tidur yang cukup

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels via http://www.pexels.com

Tidur merupakan istirahat bagi tubuh yang sangat baik, sangat diperlukan oleh tubuh, lebih-lebih bagi orang yang memang kesehariannya bekerja keras, menguras energi, dan dibawah tekanan. Hal-hal yang terjadi selama tidur yaitu pembuangan sampah yang tertimbun di dalam jaringan tubuh kita, aktivitas jiwa dan syaraf mengendur dan berkurang, pernafasan dalam dan lambat, adanya pergantian sel-sel tubuh yang telah rusak dan usang, serta terjadinya pembiakan dan perkembangan sel-sel dalam tubuh.

Oleh sebab itu maka dari proses ini, biasanya tubuh kita jika bangun dari tidur akan terasa segar dan hilanglah keletihan diri kita. Di bawah ini cara-cara memerangi gangguan bagi orang yang sukar tidur :

  1. Mandi dengan air hangat sebelum tidur
  2. Makan sayur-sayuran yang banyak
  3. Bebaskan pikiran dari berbagai keruwetan
  4. Gerak badan secara teratur di pagi hari
  5. Hindari makan obat tidur sembarangan
  6. Membaca do'a sebelum tidur, seperti Ayat Qursi, Al-Ikhlash, Al-falak dan An-Nash masing-masing sebanyak tiga kali atau tujuh kali.

 

8. Tertawalah sesering mungkin dan sekeras mungkin

Photo by Mentatdgt on Pexels

Photo by Mentatdgt on Pexels via http://www.pexels.com

Tertawa yang keras dan sering merupakan cara terbaik untuk menghilangkan dan menangkal rasa sakit hati, akan tetapi bukanlah tertawa yang dibuat-buat. Misalkan kita tertawa karena menyaksikan humor, memang tidak dibuat-buat karena kita menyaksikan kelucuan yang terjadi atau tertawa karena senang, maka organ tubuh orang yang suka tertawa hubungan anatomisnya erat kaitannya dengan bagian-bagian vital dari tubuh kita. 

9. Bersikap tegas terhadap penyakit

Photo by Anna Shvets on Pexels

Photo by Anna Shvets on Pexels via http://www.pexels.com

Penyakit adalah sesuatu yang merusak dan membahayakan bagi tubuh, penyakit juga merupakan musuh paling berbahaya yang harus kita hilangkan. Jadi jika orang menganggap bahwa penyakit itu sesuatu yang berguna, maka ia tidak akan sembuh dari penyakitnya itu, maka manusia harus bersikap tegas dalam mengusir penyakit agar tubuh senantiasa sehat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penulis dan Pengajar di salah satu perguruan tinggi di Garut

CLOSE