Dengan maraknya wisatawan di Indonesia yang ingin tau lebih dalam negerinya sendiri membuat banyak sekali alasan para wisatawan bertanya-tanya "Jarak Destinasi ?, Biaya Menuju Obyek Wisata?, dan Bagaimana Kesanannya ?" Tentu pertanyaan itu yang akan membuat kalian malas untuk jalan-jalan dan melihat keindahan Bumi Pertiwi ini Guys !
Naah Tips di bawah ini akan sedikit membantu kawan-kawan memecahkan masalah untuk tidak menunda waktu traveling kalian lagi guys !

 

1. Lakukan Riset Destinasi yang ingin Kalian kunjungi

Riset Destinasi hal yang Harus kalian lakukan

Riset Destinasi hal yang Harus kalian lakukan via http://www.pegipegi.com

Nahh Riset Destinasi ini sangat penting kawan-kawan, di samping kalian bisa mulai mengetahui disana "ada apa ?" "ngapain aja disana?" dan "berapa lama waktu yang pas disana?" kalian juga akan bisa mulai menentukan tempat wisata yang sesuai dengan apa yang ingin kalian kunjungi. Info untuk melakukan Riset saat ini sudah banyak sekali sumbernya kalian bisa cari dari beberapa media sosial ataupun panduan buku wisata.
Sekali lagi, Riset Destinasi ini penting buat kalian yang mau jalan-jalan dan menyesuikan budget karena akan banyak manfaat saat kalian mengetahui destinasi apa yang akan kalian kunjungi.

Dan ketika kalian melakukan riset tentang destinasi yang ingin kalian kunjungi, usahakan tetap menyesuikan waktu dan tenaga kalian, karena beberapa objek wisata mungkin terlihat tidak terlalu jauh tapi pada kenyataanya akan terasa jauh dan lumayan di karenakan suatu hal, seperti akses, dan juga kondisi alam di lokasi tersebut. Jadi usahakan untuk kawan-kawan yang ingin Traveling untuk tidak terlalu memaksakan program apabila kalian berbepergian sendiri tanpa menggunakan Agency lokal.

2. Datang pada musim yang tepat

Tentukan Saat pas saat kalian berlibur

Tentukan Saat pas saat kalian berlibur via http://www.okonomikatsu.blogspot.com

Sebelum kalian mempersiapkan ransel atau koper kalian, alangkah baiknya kalian cek kembali tanggal keberangkatan dan juga cuaca saat kalian nanti berangkat. Tentunya Indonesia memilik 2 Musim saja bukan berarti seluruh destinasi wisata cocok kalian kunjungi setiap saat. Ada beberapa destinasi yang kurang cocok saat kalian kunjungi saat musim hujan seperti ( ex. Karimunjawa, Green Canyon dll ) alasannya adalah karena ombak dan juga air yang tidak begitu jernih. Namun ini bukan jadi penghalang untuk kalian yang ingin jalan-jalan karena Indonesia itu luas, so carilah tempat wisata yang pas di tanggal keberangkatan kalian.

Bagi kalian yang ingin hemat untuk berwisata pastinya kalian akan hitung banyak pengeluaran selama berlibur, nah agar tidak buang-buang waktu serta sesuai dari keinginan kalian maka cobalah memperhatikan juga jadwal iklim setempat. Namun adakalanya juga kalian harus menjauhi musim-musim tertentu seperti High Season Karena umumnya saat liburan panjang ( High Season ) beberapa fasiltias seperti Akomodasi dan juga Transportasi akan melambung harganya.

3. Ikut Program Open Trip

Program wisata dengan budget hemat

Program wisata dengan budget hemat via http://www.laditatour.com

Naah ini juga jadi salah satu alternatif untuk kalian memperbandingkan harga dan juga budget yang kalian punya. Karena sudah banyak Travel Agency menjual ragam paket wisata keliling Indonesia dengan harga yang relatif hamat. Dengan membandingkan harga yang umumnya di jual oleh Travel Agency ini juga bisa jadi acuan kalian untuk berwisata. Sekiranya budget yang telah kalian hitung-hitung cukup melambung, ikut program open trip ini bisa jadi solusi bagi kalian.

Sekiranya dengan bergabung dalam Program yang telah di tentukan oleh Travel Agency akan membuat perjalanan kalian lebih mudah, rata-rata disana pun kalian akan mendapatkan teman-teman baru. Jadi inipun menjadi salah satu alternatif yang pas untuk kalian yang ingin berlibur dengan budget yang pas.

4. Gabung dengan Komunitas Wisata

Komunitas sarana mempermudah untuk mengenal teman baru dan berwisata keliling Indonesia

Komunitas sarana mempermudah untuk mengenal teman baru dan berwisata keliling Indonesia via http://www.travel.detik.com

Banyak sekali manfaat bagi kalian yang bergabung dengan komunitas wisata, selain kalian akan mendapatkan kenalan baru, kalian pun akan dapat langsung berinteraksi dengan orang-orang asli dari wilayah yang ingin kalian kunjungi. Bisa dengan berukar nomer Handphone dll.
Umumnya para anggota komunitas tersebut akan membantu kalian ketika kalian tiba di lokasi / kota dimana mereka tinggal dan dengan senang hati akan mendampingi kalian untuk berwisata ke tempat yang kalian kunjungi.

Dengan bergabung dalam komunitas tertentu kalian akan memperbanyak teman di luar daerah serta mempermudahkan kalian menuju suatu daerah dengan adanya bantuan dari teman-teman baru kalian kawan. Namun kalian pun harus kembali berhati-hati karena orang yang kalian temukan di Media belumlah valid kebenarannya jadi kalian bisa makesure dari beberapa sumber agar terhindar dari kasus yang tidak di inginkan.

5. Minimalis Tiket Masuk Wisata

Meminimalis pengeluaran yang tidak telalu penting adalah salah satu cara berwisata hemat

Meminimalis pengeluaran yang tidak telalu penting adalah salah satu cara berwisata hemat via http://www.wisatasingapore.net

Masuk monumen, museum, tempat atraksi, harga tiketnya tidak murah. Maka pergilah ke tempat yang benar-benar kalian ingin pergi. Kalau sekedar mau bikin foto-foto untuk membuat iri teman, lebih baik tidak usah masuk – cukup berdiri di depannya tanpa membayar tiket. Banyak aktivitas yang gratis di Indonesia, misalnya berjalan kaki menyusuri pedestrian dan kanal, nongkrong di plaza, nonton pemusik jalanan, atau piknik di taman umum.

Carilah info dari penginapan warga atau sesama traveler tentang objek wisata mana yang gratis atau bahkan dugem gratis yang disponsori diskotik. Bila kalian punya tekad kuat untuk memasuki semua tempat tujuan wisata dan tinggal lebih dari beberapa hari di suatu kota, belilah tiket terusan di beberapa objek wisata yang tentunya akan lebih hemat cost kalian.

6. Travel Light

Meminimalis perlangkapan termasuk berhemat saat berwisata

Meminimalis perlangkapan termasuk berhemat saat berwisata via http://ww.yukpegi.com

Supaya murah dan mudah coba lah menetukan destinasi kemana kalian akan pergi jauh-jauh hari jangan mendadak, karena ini salah satu cara paling efektif untuk kalian yang menyesuaikan budget.

Dan hindari membawa kebanyakan pakaian dan alas kaki, sesuaikan dengan musim agar tidak perlu membeli lagi. Rajinlah mencuci baju. Bawa detergen dan cuci baju dengan tangan 1-2 potong sekalian mandi karena biasanya jarang sekali kalian akan temukan tempat untuk mencuci baju di beberapa plosok Indonesia. Untuk praktisnya, bawalah dalaman yang sekali pakai lalu dibuang. Masih merasa keberatan membawa ransel? Bila berencana untuk day trip ke suatu tempat, taruhlah barang di locker yang disediakan di beberapa tempat penitipan yang aman. Bawa hanya yang penting saja, seperti dompet, kamera, dokumen, ponsel di dalam tas kecil.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya