Saat ini mendaki gunung sudah menjadi lifestyle bagi sebagian orang. Banyak orang memilih untuk mendaki gunung dengan berbagai alasan, seperti karena ikut-ikutan, ingin eksis di social media, ataupun memiliki misi sosial tertentu. Banyak orang berlomba-lomba untuk melakukan pendakian, mulai dari anak berusia 8 tahun sampai seorang kakek berusia 68 tahun, dari mulai laki-laki sampai perempuan.

Bagi laki-laki, urusan kulit wajah yang berubah ketika pendakian tidak jadi masalah, sayangnya hal ini tidak berlaku bagi perempuan. Ada yang ketika pendakian ngomel-ngomel dan memutuskan tidak mau naik gunung lagi gara-gara wajahnya kotor dan mengelupas. Hal ini sangat wajar karena memang suhu udara di gunung sangat jauh berbeda. Kulit kita sulit untuk beradaptasi dengan perubahan suhu yang cepat ketika di gunung. Akibatnya, wajah yang menghitam dan mengelupas tidak dapat dihindari. Tapi hal ini masih bisa diminimalisir.

Dibawah ini saya akan membagikan tips yang bisa dilakukan para perempuan yang memiliki hobi mendaki gunung untuk menjaga kulit kamu ketika pendakian. Simak baik-baik ya.

1. Gunakan Sunblock

Wear Sunscren

Wear Sunscren via http://www.rbcs.org.uk

Kamu bisa memakai sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Ingat yah, memakai sunblock tidak akan membuat wajah putih tetapi menjaga agar kulit kita tidak langsung terkena sinar matahari. Gunakan sunblock setiap 2 jam sekali, usahakan memakai sunblock dengan SPF yang tidak terlalu tinggi yah. Oya, jangan hanya mengoleskan sunblock pada wajah oleskan juga sunblock ke tangan kamu agar tangan kamu terlindungi. Penggunaan sunblock juga yaitu untuk mencegah sunburn. Sunburn memberikan pengaruh buruk terhadap kulit seperti kemerahan, gatal, bengkak dan bintik-bintik.

2. Gunakan tisu basah untuk membersihkan kotoran di wajah

Kesalahan Menggunakan Tisu Basah

Kesalahan Menggunakan Tisu Basah via https://www.merdeka.com

Meskipun agak ribet, namun saya menyarankan untuk membawa tisu basah untuk membantu membersihkan kotoran ketika pendakian. Ketika melakukan pendakian tentunya kita akan menghemat penggunaan air untuk hal yang tidak begitu penting, solusinya saya akan membawa tisu basah. Hal ini sangat membantu untuk membersihkan kotoran yang menempel diwajah. Selain itu, penggunaan tisu basah juga lebih efektif dibandingkan harus membawa cleanser atau facial wash ketika pendakian. Namun, jangan lupa dibawa lagi yah bekasnya yah.

3. Stop memegang wajah terus-terusan

Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Wajah Kusam

Kebiasaan Buruk Yang Menyebabkan Wajah Kusam via https://phinemo.com

Advertisement

Ketika mendaki, tangan kita akan memegang apapun, seperti ranting-ranting untuk membantu naik, ataupun tanah. Hal tersebut membuat tangan kita menjadi kotor. Untuk menjaga kulit kamu, usahakan untuk tidak memegang wajah terlalu sering. Hal ini dapat meminimalisir kotoran yang menempel diwajah. Usahakan ketika akan memegang wajah tangan kamu sudah dibersihkan terlebih dahulu. Jika terpaksa harus memegang wajah usahakan jangan memegang wajah terus-terusan.

4. Gunakan topi dan buff untuk melindungi wajah

Hadley Neck Gaiter

Hadley Neck Gaiter via https://www.celtek.com

Hal ini banyak digunakan ketika pendakian gunung es, namun tidak jarang juga digunakan dalam pendakian gunung-gunung di Indonesia. Selain untuk menghangatkan badan, penggunaan topi dan buff juga dapat membantu kalian melindungi kulit wajah ketika pendakian. Meskipun dalam prakteknya banyak juga orang yang memilih tidak menggunakan buff karena merasa pengap dan sulit bernafas tapi tips ini patut dicoba, apalagi jika kamu mendaki gunung yang kering dimana debu bertebaran kemana-mana.

5. Jangan menggunakan make-up

Make Up Artist Reveals

Make Up Artist Reveals via http://www.mirror.co.uk

Ada orang yang ingin mendaki dan tetap tampil cantik lalu dia menggunakan make up dalam pendakian. Hal ini tentu sangat tidak dianjurkan karena selain ribet untuk touch up setiap waktu, menggunakan make up ketika pendakian hanya akan membuat wajah kamu semakin kotor dengan debu-debu yang bisa saja menempel diwajah. Hal tersebut tentunya bisa mengakibatkan jerawat diwajah kamu. Jadi, engga usah make up dulu yah

6. Jika ada aliran air usahakan cuci wajah kamu ya

Illuminating hydramemory

Illuminating hydramemory via https://www.serentespa.com

Advertisement

Sebagian gunung ada yang memiliki aliran air, biasanya para pendaki menggunakan aliran air sebagai sumber air ketika pendakian. Jika kalian mendaki gunung yang ada aliran airnya, sangat dianjurkan untuk membasuh wajah kalian. Namun, jangan sampai kamu mencemari aliran airnya yah. Cuci wajah kalian dengan air saja tidak harus menggunakan sabun pembersih wajah karena akan mengotori aliran air tersebut.

Nah, setelah membaca tips ini tentunya kamu tidak harus khawatir terhadap kulit kamu ketika melakukan pendakian. Jangan sampai keinginan kamu untuk menjaga kulit membuat kamu tidak menikmati pendakiannya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya