Ketika sedang jenuh dengan kehidupan, kita akan menganggap hidup ini begitu membosankan. Menganggap bahwa sedang ada badai pikiran melanda, dan setiap rutinitas yang dijalani serasa tanpa perubahan dan semangat. Kehidupan ini rasanya sarat dengan masalah. Maka, sejatinya ada beberapa kegiatan bermanfaat yang dapat kita lakukan, sebagai penyegaran atas rutinitas pekerjaan maupun kegiatan sehari-hari. Yuk! intip apa saja rutinitas yang bisa kamu lakukan saat jenuh dengan aktivitasmu.

1. Membaca buku

Membaca buku merupakan kegiatan dengan beragam manfaat. Sangat cocok untuk hiburan, dan bahkan bisa menginspirasimu. Membaca buku akan memberikan informasi, pengalaman yang akan menjadikan pembelajaran kehidupan bagi kita. Membaca buku adalah kegiatan dengan banyak manfaat. Kegiatan yang cocok dijadikan sebagai kebiasaan.

2. Menulis

Menulis dapat membuat kita menjadi lebih baik. Menulis menyebarkan informasi yang bermanfaat. Dengan menulis kita dapat menghibur orang lain. Lewat tulisan banyak orang dapat terinspirasi. Tidak ada tulisan yang jelek, yang ada hanya kita yang mengganggap demikian.

3. Pergi ke toko buku

Advertisement

Bookstore via https://pixabay.com

Di toko buku penuh dengan berbagai buku-buku terbaru. Berjalan-jalan di sana, melihat banyak buku akan membuat kita bersemangat. Terlebih jika berkenan membawa satu atau dua buku pulang bersama. Selain menjadi teman, buku akan mencerahkan pikiran kita.

4. Pergi ke perpustakaan

Di sana akan engkau temukan buku-buku berkualitas. Buku-buku yang disusun secara teratur, sehingga dapat dengan mudah ditemukan kembali. Kita dapat meminjam banyak buku di sana. Membaca buku di tempat yang hening, bukan berarti tidak boleh berdiskusi, hanya jangan kencang-kencang, nanti ditegur.

5. Berani mencoba

Jangan takut salah, takut tidak berhasil. Jangan turuti pikiran negatif dan pandangan negatif orang lain, itu belum tentu benar. Dan ikuti apa yang menurut kita benar. Tidak ada salahnya mencoba. Belum tentu pikiran negatif orang lain di tujukan kepada kita. Dan tidak mengapa jika kita salah, maka kita akan belajar setelahnya. Penyesalan banyak terjadi, karena tidak berani mencoba dan jarang berani untuk mengambil kesempatan.

6. Melatih disiplin

Dengan datang tepat waktu, menyelesaikan tugas sebelum deadline, dan menetapkan target baru, akan berguna bagi kehidupan agar tak lagi membosankan. Disiplin itu penting sekali. Dengan disiplin, kita yang malas akan dipaksa untuk mengikuti kebiasaan-kebiasaan baik yang telah dibangun. Langkah awalnya, membentuk kebiasaan. Baru setelahnya disiplin dalam diri akan bergerak memaksa kita.

7. Menghubungi orang tua, guru, sahabat, teman, dan kenalan

Connection via https://pixabay.com

Dengan menghubungi orang tua, guru, sahabat, teman, dan atau kenalan, kita bisa mendapat kabar dari mereka. Terutama orang tua, kita harus berusaha menghubungi orang tua. Dengan menghubungi kerabat dekat, kita akan mendapat informasi baru dari mereka bahkan teman-teman yang dulu satu sekolah dengan kita.

Terkadang hidup akan begitu membosankan. Kita tidak tahu harus melakukan apa. Jangan bingung, karena kita bisa melakukan kegiatan bermanfaat. Sibuk bukan berarti produktif, dan produktif tidak harus sibuk. Lakukan kegiatan di atas, dan kita akan segera menjadi produktif. Selamat mencoba, semoga tulisan ini bermanfaat.