Tentunya ada banyak hal menarik yang bisa kita jelajahi di Britania Raya selain dari melihat-lihat keidahan London Eye, Big Ben, dan beberapa tempat wisata lainnya di London. Berikut ini adalah beberapa tempat dan kegiatan menarik lainnya yang dapat kita saksikan dan nikmati selama menjelajahi Britania!

1. Mencari Kerang di Salah Satu Puncak Gunung Tertinggi di Britania Raya

Gunung Snowdon

Gunung Snowdon via https://mpora.com

Salah satu hal menarik yang bisa kita lakukan adalah melihat kerang dan fosil yang ada di puncak Gunung Snowdon, salah satu dari gunung tertinggi di Inggris dan Wales! Tentunya ini menjadi hal yang unik karena adanya fosil kerang diatas puncak gunung yang sangat tinggi. Area yang melingkupi Taman Nasional Snowdonia dulunya merupakan dasar dari lautan purbakala.

Lautan tersebut musnah karena aktifitas tektonik pada zaman dulu dan berubah menjadi salah satu gunung tertinggi di Britania Raya. Maka saat mengunjungi tempat ini tidak heran apabila kita menemukan kerang dan fosil purbakala menyelimuti pegunungan tertinggi ini.

2. Pohon Apel Newton, Inspirasi dari Teori Gravitasi!

Pohon Apel Newton

Pohon Apel Newton via http://www.dailymail.co.uk

Advertisement

Pada tahun 1680-an Sir Isaac Newton menemukan suatu teori fisika yang kemudian kita kenal sekarang sebagai teori gravitasi Bumi. Saat itu, Newton sedang duduh dibawah pohon apel. Kemudian saat itu sebuah apel jatuh menimpa Newton. Hal ini yang menyebabkan Ia kemudian berpikir mengenai gravitasi. Penemuan teori ini akhirnya mengubah cara kita melihat dunia dan berpengaruh pada prinsip-prinsip dasar teori fisika! Pohon apel ini bisa kita kunjungi di Woolsthorpe Manor, Lincolnshire.

Orang-orang sudah mengunjungi pohon ini dan Manor House di Woolsthorpe sejak zaman Newton. Suatu ketika, petir menyambar pohon tersebut di tahun 1820. Tetapi kemudian diyakini bahwa karena akarnya yang masih bertahan didalam tanah maka pohon ini mampu untuk tumbuh kembali seperti sedia kala. Bahkan pohon ini telah disertifikasi sebagai 50 Pohon Bersejarah di Britania Raya.

Tentunya akan menjadi pengalaman yang sangat menarik jika kita bisa mengunjungi tempat ini, melihat secara langsung pohon yang menjadi inspirasi teori dasar dari ilmu fisika sekaligus pohon yang bertahan setelah ratusan tahun bahkan setelah tersambar oleh petir.

3. Festival Api Up Helly Aa

Festival Api

Festival Api via https://www.shetland.org

Advertisement

Ada beragam jenis festival menarik yang diadakan di seluruh Inggris! Salah satunya adalah festival api Up Helly Aa yang merujuk pada festival tanunan di Pulau Shetland, Skotlandia pada pertengahan musim dingin untuk menandai akhir Natal di Skotlandia. Ribuan peserta festival memenuhi jalanan dari beberapa kota utama di Shetland untuk merayakan tradisi ini.

Setiap tahunnya sebuah kapal Viking dibangun oleh penduduk setempat yang mana pada saat festival berlangsung para penduduk tersebut akan dikenal sebagai Pasukan Jarl. Ribuan obor kemudian akan dinyalakan dan api dijalarkan di sepanjang pulau. Penduduk lokal dan turis dapat bergabung dalam acara ini, tak perlu diragukan lagi ini akan menjadi pengalaman yang sangat mendebarkan! Setiap pasukan akan memakai beraneka kostum, mulai dari kostum yang lucu dan unik, menakutkan ataupun tradisional.

Kapal Viking yang telah dibangun tersebut kemudian akan diarak ke tempat terakhir di mana lagu tradisional dari Up Helly Aa dinyanyikan. Lalu setelah itu seluruh penduduk kota akan membakar kapal tersebut!

Up Helly Aa merupakan suatu pengalaman yang menarik untuk bisa merasakan bagaimana tradisi asli Skotlandia. Shetland dapat dicapai melalui penerbangan langsung dari London atau melalui kapal dari Aberdeen atau Orkney.

4. Melihat Kuda Poni di Shetland

Ini masih merupakan bagian dari hal yang dapat kita lihat saat berkunjung ke Shetland untuk mengikuti festival Up Helly Aa. Hal menarik lainnya yang dapat kita lihat pada saat berkunjung ke Shetland adalah kita bisa melihat kuda poni Shetland yang sangat lucu dan menggemaskan, apalagi saat mereka mengenakan baju hangat di musim dingin!

5. Menyusuri Enchanted Forest

Enchanted Forest

Enchanted Forest via https://www.list.co.uk

Enchanted Forest terletak di Pitlorchy, Skotlandia yang bisa kita kunjungi dan diadakan pada setiap musim dingin. Ini merupakan acara tahunan yang menampilkan berbagai pertunjukan artistik dan pemain akrobat yang terkenal. Dengan mengenakan syal, mantel dan sarung tangan sambil menyusuri gelap malam musim dingin di hutan Skotlandia yang diterangi dengan berbagai macam atraksi lampu tentu saja akan menjadi pengalaman yang luar biasa magis seolah memasuki dunia peri.

Di sana juga terdapat atraksi air, lampu, api, suara serta berbagai cerita mengenai dongeng Skotlandia! Enchanted Forest merupakan suatu festival yang tepat untuk kita kunjungi dan merasakan pengalaman malam yang sangat berbeda dari tempat lainnya.

6. Stasiun Polisi Terkecil di Inggris

Stasiun Polisi Terkecil

Stasiun Polisi Terkecil via https://londonist.com

Stasiun polisi ini berada di London, tepatnya di Trafalgar Square. Dibangun pada tahun 1926 oleh Polisi Metropolitan untuk mengawasi demostran. Didalamnya terdapat telepon yang langsung terhubung dengan nomor Scotland Yard apabila sewaktu-waktu bantuan dibutuhkan. Setiap kali teleponnya digunakan, maka lampu yang ada di atas stasiun ini akan menyala untuk menginformasikan para polisi yang sedang bertugas di sekitar kawasan itu bahwa ada masalah yang sedang terjadi didekat sana. Tetapi, sekarang stasiun ini sudah tidak berfungsi lagi, namun kita masih dapat melihat stasiun unik ini.

7. Jendela Melengkung di Gereja St. Martin

Jendela Gereja St. Martin

Jendela Gereja St. Martin via https://mymodernmet.com

Ada beragam alasan mengapa kita harus mengunjungi Gereja St. Martin di London, beberapa diantaranya adalah pertunjukan musik gratis pada malam hari di tempat ini. Serta yang tidak kalah menarik adalah bentuk jendela unik nan artistik yang ada di dalam bangunan. Jendela di dalam bangunan gereja yang megah ini berbentuk melengkung, tidak seperti jendela yang biasa kita temui.

Itulah beberapa hal menarik dan unik yang dapat kita kunjungi di Britania Raya. Tentu saja semuanya akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan selama berkunjung disana, baik apabila kita berkunjung sendiri, bersama teman atau keluarga!

#AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya