7 Hal yang Dapat Kamu Lakukan Agar Menjadi Produktif di Hari Senin!

Ternyata tidak perlu melakukan hal yang susah untuk menjadi produktif!

Hari senin merupakan hari yang banyak tidak disukai orang banyak. Hal ini dikarenakan hari senin adalah hari pertama dimana kita harus kembali melakukan kegiatan sehari-hari.  Harus bangun tidur di pagi hari, bekerja, ataupun mengirimkan CV merupakan alasan mengapa hari senin itu menyebalkan. Tentunya, perasaan negatif ini akan berpengaruh pada produktivitas pekerjaanmu, lho! 

Memulai hari senin dengan tidak menyenangkan akan mempengaruhi juga hari-hari berikutnya. Karena itu, jangan sampai kamu stuck dengan keadaan tidak menyenangkan ini. Salah satu hal yang dapat kamu lakukan sebelum hari senin datang adalah pastikan kamu beristirahat yang cukup dan hindari begadang. Hal ini dilakukan agar kamu dapat bangun pagi dengan segar.

Advertisement

1. Buat to-do-list

Photo by Thomas Bormans on Unsplash

Photo by Thomas Bormans on Unsplash via https://unsplash.com

Sebelum kamu tidur, ada baiknya jika kamu membuat daftar pekerjaan apa saja yang ingin kamu lakukan pada hari senin hingga jumat. Seperti dalam buku yang ditulis oleh Tonny Robins, Chunking merupakan salah satu teknik yang efektif untuk membuat kita menjadi produktif.  C

ara menerapkan teknik ini adalah dengan membuat daftar pekerjaan yang ingin kamu selesaikan selama seminggu, lalu kamu kelompokkan pekerjaan yang dapat dilakukan secara bersamaan agar lebih efektif.

Advertisement

Jika kamu dapat menerapkan hal tersebut, maka kamu akan dapat lebih tertata dan kamu dapat menikmati akhir pekanmu tanpa beban pekerjaan.

2. Buatlah rutinitas

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Photo by Kelly Sikkema on Unsplash via https://unsplash.com

Salah satu cara untuk membuat hari senin menjadi lebih teratur adalah dengan menciptakan rutinitas setiap hari senin. Jika otakmu sudah terbiasa dengan rutinitas positif yang dilakukan di hari senin, maka otomatis kamu akan menciptakan situasi yang produktif di hari senin.

Rutinitas yang dapat kamu lakukan di hari senin bisa seperti berolahraga, merapihkan kamar, ataupun tidak melupakan sarapan sebelum pergi bekerja.

Advertisement

3. Matikan HP

Photo by Fabian Albert on Unsplash

Photo by Fabian Albert on Unsplash via https://unsplash.com

Jika kamu ingin fokus bekerja dan menjadi produktif di hari senin, ada baiknya jika kamu mematikan semua notifikasi sosial mediamu ataupun hal-hal yang dapat membuatmu kehilangan fokus.

Banyak pekerja yang menjadi kurang produktif di tempat kerjanya karena terlalu lama menghabiskan waktu untuk melihat media sosial mereka. Mematikan HP akan membuatmu dapat menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang maksimal.

4. Merapikan meja kerja

Photo by Aleksi Tappura on Unsplash

Photo by Aleksi Tappura on Unsplash via https://unsplash.com

Jika meja di kantormu berantakan, tekanan minggu lalu akan terbawa ke hari yang baru ini. Menurut seorang professional organizer, Marla Ottenstein, sesuatu yang rapih adalah kunci untuk menyelesaikan sesuatu. Dia mengatakan kalau Meja yang bersih sama dengan pikiran yang jernih.

Merapikan dan meletakkan barang-barang di tempatnya selama lima menit pada Senin pagi dapat membuatmu merasa siap untuk mencapai tujuanmu.

5. Berani bilang tidak

Photo by Brett Jordan on Unsplash

Photo by Brett Jordan on Unsplash via https://unsplash.com

Mengatakan tidak untuk sebagian orang bisa jadi merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Pada saat kamu berada di kantor ataupun sedang mengerjakan sesuatu, cobalah untuk menyelesaikan apa yang sedang kamu lakukan.

Jika ada seseorang yang meminta bantuanmu, cobalah untuk selektif dalam menerima segala tawaran.  Apabila kamu merasa permintaan tersebut akan menganggu pekerjaanmu, tolaklah tawaran tersebut atau bantulah sebisamu.

6. Istirahat sejenak

Photo by Andrew Neel on Unsplash

Photo by Andrew Neel on Unsplash via https://unsplash.com

Dalam menghadapi hari senin, kamu juga perlu untuk beristirahat sejenak. Bekerja secara terus-menerus juga tidak baik untuk produktifitasmu. Kamu tidak perlu melakukan segala hal dengan terburu-buru. Jika kamu dapat mengatur waktumu dengan baik, maka kamu dapat mengisi waktu istirahat 10 menitmu dengan mendengarkan musik ataupun sekedar membaca.

Kalau kamu sedang sibuk menyiapkan CV dan melamar pekerjaan, kamu juga perlu beristirahat agar kamu dapat berpikir lebih jernih.

7. Agenda sesudah pulang kerja

Photo by freestocks on Unsplash

Photo by freestocks on Unsplash via https://unsplash.com

Lakukanlah hal yang dapat membuatmu senang setelah bekerja. Memiliki sebuah agenda menyenangkan di akhir hari senin dapat membuat dirimu lebih terpacu untuk bekerja secara positif. Kamu dapat merencanakan untuk menonton film, bertemu teman, ataupun bermain dengan hewan peliharaan di rumah.

Hari senin bukanlah hari yang menakutkan ataupun tidak menyenangkan, kamu hanya perlu mempersiapkan apa yang kamu ingin lakukan dan fokuslah dalam bekerja. Untuk kamu yang masih belum bekerja, tetap semangat dalam membuat CV dan melamar pekerjaan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kinzaa adalah sebuah situs online untuk membuat CV dan Resume Online dengan mudah dan cepat.

CLOSE