Seiring berjalannya waktu, hubungan yang awalnya baik-baik saja, tenang dan tentram menjadi sedikit mengecewakan karena perubahan sikap pasangan yang tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan selama ini. Kamu pun pasti sudah sering dikecewakan pasangan berkali-kali dengan ekspektasimu yang berlebih terhadap pasangan.

Padahal kenyataannya perubahan pada pasangan adalah hal yang bisa kamu terima asalkan kamu tidak terlalu menaruh ekspektasi berlebih pada pasangan dan belajar menerima semua kekurangan dan kelebihan pasangan.

Tapi kalau kamu sudah terlanjur dikecewakan oleh pasangan, kamu bisa lakukan 7 cara ini agar ke depannya kamu tidak mudah dikecewakan pasangan lagi dan lagi.

1. Hargai dirimu sendiri

city-streets-street-walking via https://www.pexels.com

Kalau selama ini kamu belum bisa menghargai dirimu sendiri, pantas saja kamu juga lebih mudah untuk tidak dihargai pasanganmu dan itulah yang sering membuatmu kecewa selama ini.


Hargai dirimu sendiri dengan menjawab pertanyaan ini "Bagaimana kamu memperlakukan dan menghargai dirimu sendiri, apakah kamu sudah bisa memperlakukan dirimu sendiri dengan baik atau belum, apakah kamu sudah bisa mengendalikan semua yang terjadi dalam hidupmu atau belum"


Kalau kamu sendiri tidak punya kepercayaan diri dan tanggungjawab dengan kehidupanmu sendiri, tanpa sadar kamu pun memberikan kebebasan pada pasangannmu bahwa dia bisa memperlakukanmu seperti apa yang dia mau.

2. Katakan kekecewaanmu pada pasangan secara langsung

Advertisement

woman-standing-on-red-flower-field-during-daytime via https://www.pexels.com


Selama ini kamu hanya memendam dalam hati apa yang kamu inginkan dan apa yang kamu butuhkan dari pasangan, itulah penyebab utama kekecewaan yang kamu alami.

Kamu hanya memendam harapanmu sendiri berharap pasangan akan memahami mu tanpa kamu mengatakannya. Kalau kamu ingin membuat pasangan memahamimu, maka kamu harus memahami dirimu sendiri.


Mana ada orang yang lebih tahu apa yang kamu inginkan dan butuhkan selain dirimu sendiri. Orang lain tidak akan pernah bisa membaca pikiran dan perasaanmu, termasuk pasanganmu bukanlah mind reader. Jadi, mulai sekarang sampaikan pada pasangan apapun yang membuatmu kecewa padanya agar dia tahu apa yang perlu dia perbaiki, katakan pada pasangan apa yang kamu inginkan, apa yang tidak kamu sukai dan apa yang kamu butuhkan sejelas-jelasnya.

3. Buat batasan diri dan tegas pada pasangan

adult-blur-brunette-casual via https://www.pexels.com

Kamu merasa mudah dikecewakan pasangan, karena kamu tidak punya batasan diri dan tidak bisa tegas pada pasangan saat dia mengecewakanmu. Kamu sudah membiasakan dirimu dengan kekecewaan yang pasangan lakukan padamu karena dari awal kamu tidak membuat batasan apa saja perlakuan pasangan yang tidak bisa kamu toleransi dan tidak bisa kamu maafkan. Setidaknya kamu harus terapkan 8 standar hubungan ini agar kamu tidak mudah dikecewakan lagi.


Jangan sampai kamu memberikan celah pada pasangan untuk terus mengecewakanmu karena kamu tidak punya batasan diri apa saja yang boleh dan tidak boleh pasanganmu lakukan pada kamu agar kamu tidak merasa dikecewakan.


4. Jangan kecewakan pasangan kalau tidak ingin dikecewakan

adult-attractive-beautiful-beaut via https://www.pexels.com

Kekecewaan sama halnya dengan kepercayaan, sekali kamu mengecewakan pasangan, dia pun pasti akan melakukan hal yang sama padamu. Jadi saat kamu sudah berjanji untuk tidak lagi melakukan kesalahan yang sama yang mengecewakan pasangan, tapi kamu tidak menepatinya, maka pasanganmu akan kehilangan kepercayaannya padamu.


Cobalah untuk membuat kesepakatan agar kalian sama-sama bisa bersikap lebih jujur agar pasangan kalian tidak lagi kehilangan kepercayaan pada kalian. Karena dengan kejujuran kalian itulah yang akan menjauhkan kalian dari rasa kecewa dengan kebohongannya.


5. Perlakukan pasangan sebagaimana kamu ingin diperlakukan seperti apa olehnya

sunset-sunshine-travel-wings via https://www.pexels.com

Selama ini kamu jadi mudah merasa dikecewakan pasangan karena bisa jadi karena kamu sudah mengecewakan pasanganmu dulu tanpa sadar. Mungkin ada perlakuanmu pada pasangan yang tidak pasangan suka sehingga dia pun memperlakukanmu seperti apa yang sudah kamu lakukan padanya.


Mulai sekarang, perlakukan pasangan seperti kamu ingin dia memperlakukannmu. Kalau kamu tidak ingin dia sering terlambat saat menjemputmu, kamu pun tidak boleh membiarkannya menunggu terlalu lama. Jangan kecewakan pasangan, kalau kamu tidak ingin dikecewakan.


6. Jadilah wanita yang lebih mandiri

city-streets-street-walking via https://www.pexels.com


Jangan terlalu menggantungkan kebahagiaan pada pasangan dan berharap kalau pasangan bisa terus membahagiakanmu, karena itu hanya akan membuatmu bergantung padanya dan kehilangan kemandirian mu sebagai wanita.

Kamu akan selalu membutuhkan kehadirannya dan kamu akan mudah kecewa saat dia tidak bisa terus menemanimu.


Jadi, kalau kamu tidak ingin lagi dikecewakan oleh pasangan, jadilah wanita yang mandiri. Bukankah sebelum kamu punya pasangan, kamu sudah bisa mandiri, jadi saat punya pasangan pun, kamu tetap harus bisa mandiri. Mandiri bukan berarti kamu mengabaikan pasangan dan tidak butuh dengan pasangan, tapi mandiri adalah bukti kalau kamu adalah individu yang utuh dan bisa bertanggungjawab dengan hidupmu sendiri.

7. Tinggalkan pasangan yang terus mengecewakanmu

woman-walking-in-the-rice-plant-field-during-daytime via https://www.pexels.com

Kalau kamu adalah orang yang sering minder dan ragu-ragu saat mengambil keputusan, kamu pasti akan lebih memilih untuk bertahan dalam hubungan yang tidak seharusnya kamu pertahankan karena dia sudah terlalu sering mengecewakanmu dan terus mengulangi kesalahan yang sama.


Kamu merasa kamu harus bertahan dalam hubungan itu karena kamu tidak yakin kamu bisa mendapatkan pasangan yang lebih baik lagi dari ini.


Saya heran kenapa kamu masih diam saja padahal sudah dikecewakan berkali-kali dan tidak menutup kemungkinan kamu akan terus dikecewakan pasanganmu sekarang. Kamu memang tidak bisa mengendalikan sikap pasanganmu, tapi kamu punya kendali untuk bersikap tegas saat pasangan sudah melanggar batas sabar dan kekecewaanmu pada sikapnya.

Itulah 7 hal yang harus kamu lakukan agar tidak lagi dikecewakan oleh pasangan. Sebagai wanita, kamu harus berani tegas dan mandiri memperjuangkan kebahagiaanmu sendiri. Salah satu kebahagiaan yang bisa kamu dapatkan adalah dengan menghindari dan menjauhi pasangan yang hanya bisa terus mengecewakan kamu.

Kamu harus bisa menentukan pilihan pria mana yang harus kamu pertahankan dan pria mana yang tidak seharusnya kamu pertahankan.