Kerasnya persaingan di industri musik Korea tidak menyurutkan semangat 7 idol ini untuk bisa mendulang kesuksesan. Hebatnya lagi, mereka tak memiliki darah Korea sama sekali. Mereka mampu membuktikan bahwa orang asing pun bisa berkarya dan sukses di negara gingseng ini.

Apalagi, sekarang virus K-Pop telah mendunia. Tak heran kalau perjalanan mereka untuk bisa sampai puncak seperti sekarang banyak menginspirasi para penggemarnya.

Tanpa basa-basi lagi, langsung aja yuk, kita simak siapa aja ketujuh idol yang berhasil menembus industri musik K-Pop ini!

1. Jackson GOT7 – Tiongkok

Jackson GOT7 – Tiongkok

Jackson GOT7 – Tiongkok via https://www.instagram.com

Jackson merupakan salah satu member dari idol group bentukan JYP Entertainment, GOT7, yang tak memiliki darah Korea sama sekali. Sebelum menjadi seorang idol seperti sekarang, Jackson adalah seorang atlet anggar yang tergabung dalam tim nasional Hong Kong.

Advertisement

Memutuskan mengejar impiannya sebagai penyanyi, lelaki kelahiran 28 Maret 1994 ini mengikuti audisi yang diadakan JYP Ententainment pada tahun 2010. Namun, pada awalnya kedua orang tua Jackson menentang keinginannya menjadi penyanyi. Sang ayah pun akan mengijinkannya pergi menjadi trainee di Korea asalkan dirinya bisa menjadi pemain terbaik anggar di Asia. Jackson pun berhasil memenuhi keinginan sang ayah dengan memenangkan juara pertama di Kejuaraan Anggar Kadet dan Junior Asia.

Bermula dari ditentang kedua orang tuanya, siapa sangka ya sekarang Jackson bisa jadi seterkenal ini?

2. Amber Liu f(x) – Amerika Serikat

Amber Liu f(x) – Amerika Serikat

Amber Liu f(x) – Amerika Serikat via https://www.instagram.com

Amber Liu merupakan satu-satunya member f(x) yang berkebangsaan Amerika Serikat. Pada 2007 silam, ia mengikuti audisi SM Global yang digelar di Los Angeles, California. Selain berkarya dengan grupnya, f(x), ia juga debut sebagai penyenyi solo dengan meluncurkan mini album pertamanya yang bertajuk Beautiful pada tahun 2015 silam.

3. Henry Lau Super Junior-M – Kanada

Henry Lau Super Junior-M – Kanada

Henry Lau Super Junior-M – Kanada via https://www.instagram.com

Advertisement

Henry Lau merupakan anggota sub grup Super Junior, yaitu Super Junior-M. Ia lahir di Toronto, Ontario, Kanada pada 11 Oktober 1989. Henry dikenal sebagai idol multi talenta. Beberapa alat musik sangat ia kuasai, sebut saja piano, biola, gitar, drum, dan masih banyak lainnya. Selain bakatnya di bidang musik, ia juga menguasai beberapa bahasa, seperti bahasa inggris, Korea, Mandarin, Jepang, dan beberapa bahasa lainnya.

Kalau kamu follow Instagram-nya, tak jarang dia suka me-repost meme atau video tentang dirinya dari akun fans-nya di Indonesia, lho. Beberapa kali juga dia pernah menuliskan caption berbahasa asing lain bahkan bahasa Indonesia untuk menyapa para fans-nya yang tersebar di seluruh dunia. Gimana bisa nggak jatuh cinta sih sama idol serba bisa satu ini?

4. Sana Twice – Jepang

Sana Twice – Jepang

Sana Twice – Jepang via https://www.instagram.com

Twice merupakan idol group besutan JYP Entertainment yang beranggotakan sembilan orang dan empat member di antaranya tidak berasal dari Korea Selatan. Salah satunya adalah Sana yang merupakan warga negara Jepang.

Ia lahir di Osaka, Jepang, pada tanggal 29 Desember 1996. Sana sendiri lolos audisi JYP Entertainment pada 13 April 2012. Saat masih menjadi trainee, beberapa kali wajahnya muncul dalam video musik para seniornya, sebut saja dalam lagu A dari GOT7 dan Feel dari pentolan grup 2PM, Junho.

Debutnya bersama Twice dimulai dalam keikutserataannya melalui survival program SIXTEEN yang diadakan oleh JYP. Ia pun berhasil lolos dan terpilih sebagai member Twice. Dalam salah satu lagu comeback Twice yang berjudul Cheer Up, killing part Shy Shy Shy yang Sana bawakan sempat viral dan sangat populer, baik di Korea maupun di luar Korea. Selain para penggemar, banyak idol lainnya yang juga suka menirukan part Shy Shy Shy Sana ini.

5. Guanlin Wanna One – Taiwan

Guanlin Wanna One – Taiwan

Guanlin Wanna One – Taiwan via https://www.instagram.com

Lai Guan Lin atau yang memiliki nama panggung Guanlin ini merupakan idol berkebangsaan Taiwan yang berada di bawah naungan Cube Entertainment dan YMC Entertainment. Di tahun 2017, ia turut berpartisipasi ke dalam ajang survival program, Produce 101 Season 2. Ia pun berhasil menempati posisi ke 7 dan berhasil debut bersama 11 besar finalis lainnya dalam sebuah grup bernama Wanna One pada 7 Agustus 2017 lalu.

Ia adalah satu-satunya member yang tidak memiliki darah Kore. Untuk mengejar mimpinya sebagai serang idol, ia memberanikan diri untuk pergi ke Korea seorang diri sebelum lulus SMP. Daripada belajar menari, ia lebih fokus untuk belajar bahasa Korea. Karena awalnya ia sama sekali tak paham bahasa Korea.

6. Kriesha Chu – Filipina

Kriesha Chu – Filipina

Kriesha Chu – Filipina via https://www.instagram.com

Berbeda dengan idol di atas yang merupakan anggota dari sebuah grup, Kriesha Chu berhasil debut sebagai penyanyi solo pada 24 Mei 2017 silam dengan single bertajuk Trouble. Wanita yang lahir dengan nama Kriesha Tiu ini merupakan penyanyi berkebangsaan Filipina yang berada di bawah naungan agensi Urban Works Entertainment.

Ia merupakan kontestan ajang pencarian bakat K-Pop Star 6. Pada episode ke 7, Kriesha sempat tereliminasi dan bisa kembali lagi setelah mendapatkan wild card dan berhasil menempati posisi runner up. Di awal 2018 ini, dia telah merilis sebuah mini album bertajuk Dream of Paradise dengan single andalan Like Paradise.

7. Lisa BLACKPINK – Thailand

Lisa BLACKPINK – Thailand

Lisa BLACKPINK – Thailand via https://www.kepogaul.com

Siapa sih yang nggak kenal sama idol group besutan YG ini? Grup yang digawangi Jennie, Lisa, Rose, dan Jisoo ini mampu mendulang kesuksesan lewat dua single debutnya, yaitu Whistle dan Boombayah. Nah, ternyata dua dari member BLACKPINK sendiri bukanlah warga negara Korea Selatan, lho. Mereka adalah Rose yang berkebangsaan Selandia Baru dan Lisa yang merupakan warga negara Thailand.

Berbeda dari Rose, Lisa sama sekali tak memiliki darah Korea. Wanita kelahiran Bangkok, 27 Maret 1997 ini memiliki nama asli Panpriya Manoban yang kemudian lebih dikenal dengan nama Lalisa Manoban. Maknae BLACKPINK ini merupakan satu-satunya peserta yang lolos pada audisi YG Entertainment yang diadakan di Thailand pada 2010 lalu. Ia berhasil debut bersama ketiga rekannya pada 8 Agustus 2016 setelah menjalani masa trainee sejak April 2011 lalu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya