Pernah nggak sih ngomong sama diri sendiri, sampai ada yang bilang kamu ini aneh bahkan merasa gila sendiri? Jika pernah sebenarnya kamu sudah menemukan semangat yang selama ini kita cari. Siapa? Di mana? Tidak perlu jauh-jauh sampai harus mencari perhatian sana-sini. Bukannya mendapatkan semangat justru kamu akan merasa lelah sendiri.

Apalagi jika sampai mengandalkan semangat dari orang yang kita sukai tapi dianya tidak pernah menyadari. Tapi hebatnya kamu selalu menganggap dia ladang semangat setiap hari. Meskipun hanya melihat wajahnya dari sosial media atau chat yang masih tersimpan entah berapa lamanya.

Padahal sebaik-baiknya semangat itu datang dari sendiri. Karena memang kamu seorang yang paham siapa dirimu dan kenapa sampai saat ini harus tetap berjuang untuk segala sesuatu yang dicita-citakan. Dan untuk mengatasi rasa sedih yang berkepanjangan, jurus omongan ini seharusnya sudah mulai kamu terapkan dalam diri sendiri untuk mencegah hilangnya semangat karena selalu saja dipatahkan.

1. Matahari sudah menungguku, aku harus tidur!

Harapan esok hari

Harapan esok hari via https://www.pexels.com

Aku masih memiliki ribuan harapan untuk esok hari yang layak untuk kuperjuangkan. Matahari sudah menungguku untuk bangun esok. Aku harus mulai tidur! Akan ada banyak kelelahan lain yang datang. Kalau aku tidak menyimpan energi dari sekarang, aku akan cepat lelah dan lebih mudah berkata menyerah.

2. Alarm dan masakan ibu cukup tuk membangunkanku, sementara semangat ada karena memang aku niat.

semangat karena ada niat

semangat karena ada niat via https://www.pexels.com

Advertisement

Alarm sudah menunjukkan pukul 05.00 pagi. Aroma masakan ibu sudah mulai tercium. Aku harus bangun! Belum adanya kata ucapan selamat pagi darimu tak menghalangi waktu yang terus berputar. Aku harus menjemput harapanku. Mana bisa aku mewujudkannya kalau tidak ada niat dari dalam diriku sendiri?

3. Lebih baik kudengarkan lagu kesukaanku untuk temani berkarya pagi ini

Dengarkan lagu kesukaan

Dengarkan lagu kesukaan via https://www.pexels.com

Sepagi ini perasaan tak karuan akan menghambatku untuk berkarya juga bekerja. Lebih baik ku dengarkan lagu-lagu kesukaanku saja, yang bisa membangun semangatku hari ini.

Memang tidak semua orang bisa memunculkan semangat melalui musik. Tapi jika mendengarkan lagu kesukaan bisa memperbarui mood yang sedang tak bersahabat.

4. Pejamkan mata ini, ambil nafas, tenang, doa

Tenangkan diri

Tenangkan diri via https://www.pexels.com

Advertisement

Pejamkan mata, ambil nafas, berusaha tenang, dan berdoa minta pertolongan kepada Tuhan. Akan bingung sendiri jika aku harus mencari jalan sendiri. Yang ada hasil yang aku dapat akan sia-sia. Sebisa mungkin aku harus tenang.

Karena pertolongan Tuhan itu datang kadang diwaktu yang mepet dan tak terduga. Khawatir dan kegugupan sudah pasti ada. Jadi jangan pernah berhenti berdoa.

 

5. Tidak peduli sebanyak apapun orang lain mencela, karena aku diciptakan berbeda dan tak ternilai harganya.

Diciptakan berbeda

Diciptakan berbeda via https://www.pexels.com

Tidak ada orang yang sama di dunia ini meskipun anak kembar sekalipun. Ada perbedaan-perbedaan sendiri yang mengikutinya. Tak terkecuali aku sendiri. Sampai kapanpun akan ada orang-orang yang tidak suka denganku. Kalau aku terus memikirkan dan membandingakan diriku, aku tidak akan bisa berkembang.

Bahkan akan menutup diri dari orang lain apalagi cinta. Aku diciptakan berbeda. Aku memiliki kelebihan yang tidak dimiliki orang lain. Suatu saat mereka pasti akan paham dengan prinsip hidupku. Meskipun aku tidak bisa memaksa mereka harus menyukaiku.

6. Akan kutunjukkan kepadamu siapa yang layak bersanding denganmu kelak

Akan kutunjukkan

Akan kutunjukkan via https://www.pexels.com

Kalau ini soal pertandingan antara aku dan dia, aku yang sudah mengambil start tapi dia yang kau menangkan. Kenapa? Atau karena aku terlalu kelihatan memburu dirimu? Atau kau sengaja membiarkan kedekatan kita dulu sirna, bahkan hanya untuk ngobrol biasa seperti dulu misalnya? 

Memang aku bukan satu-satunya yang mengagumimu. Meskipun juga bukan kriteria wanitamu tapi akan kutunjukkan dengan cara lain. Meskipun pula aku harus menghindar bahkan menjauh daripadamu saat ini. Izinkan aku mencintaimu dengan caraku dan kamu dengan segala rahasiamu.        

7. Mungkin dengan menonton video motivasi ini aku bisa mencontoh usaha apa saja yang mereka lakukan

viedo motivasi

viedo motivasi via https://www.pexels.com

Menonton video motivasi secara tidak langsung mengingatkanku kalau aku tidak sendirian melewati segala persoalan dibumi ini. Mereka membuktikan kalau mereka bisa, kenapa aku tidak? Pasti ada jalannya meskipun berbeda. Mungkin dari cara-cara mereka bisa aku terapkan.

Dengan berkaca pada kesuksesan oranglain, ada banyak sekali video motivasi, gambar, tulisan atau yang lainnya dari pengalaman  hidup mereka yang bisa mendorong kita untuk kembali bersemangat. Meskipun tidak semudah kelihatannya tapi mereka membuktikannya dengan proses mereka sendiri-sendiri. Masih mau berhenti hanya di sini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya