Akses air bersih sangat penting untuk setiap keluarga. Kita semua membutuhkan air bersih untuk minum, memasak, dan untuk keperluan lain seperti mandi, menyikat, dan mencuci. Air bersih tidak hanya membuat hidup lebih nyaman, namun juga menjaga kesehatan manusia.

Namun masalahnya, kebersihan air di rumah tidak selalu bisa diandalkan. Entah itu dari air sumur atau air PAM. Air tersebut mungkin tampak bersih tetapi perlu diingat bahwa air mengalir melalui pipa sebelum Kamu bisa menggunakannya.

Salah satu solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan memasang water filter rumahan. Berikut keuntungan memasang water filter rumahan untuk konsumsi air sehari-hari.

1. Memperbaiki Kualitas Air

Lead Water Main Replacement

Lead Water Main Replacement via http://www.google.com

Jika Kamu menggunakan tandon air di rumah, air dalam tandon dapat menjadi kotor seiring waktu karena ada zat lain di dalamnya selain air. Menggunakan penyaring air dapat menghilangkan zat yang dapat membusuk dari waktu ke waktu.

2. Menghemat Biaya Memasak Air

Pew Research Center

Pew Research Center via http://www.google.com

Kamu tidak perlu memasak air lagi. Memasak air memerlukan waktu yang tidak sebentar, dan itu artinya penggunaan gas yang tidak sedikit. Bayangkan jumlah uang yang bisa Kamu hemat jika kamu tidak memasak air setiap harinya! Membeli dan memasang sistem penyaringan air dapat menghabiskan biaya sekitar 3 jutaan dan dapat digunakan selama beberapa tahun. Tergantung dari banyak air yang dikonsumsi dan perawatan alatnya.

3. Mengurangi Carbon Footprint (Jejak Karbon)

Advertisement

Terdengar tidak biasa memang, namun ada keluarga yang menggunakan air minum kemasan untuk konsumsi sehari-hari. Jika Kamu minum air kemasan secara teratur berarti kamu menghasilkan sampah setiap harinya.

Barang-barang yang didaur ulang bukan hanya memiliki biaya pemrosesan yang tinggi, namun juga berdampak buruk bagi lingkungan. Dengan menggunakan filter, Kamu mengurangi biaya daur ulang dan menekan produksi limbah yang menghasilkan karbon dioksida.

4. Menghindari Masalah Gastrointestinal

Valley Radiology

Valley Radiology via http://www.google.com

Yang satu ini sebenarnya keuntungan minum air putih secara langsung. Air putih sangat penting bagi tubuh untuk mencerna makanan dan juga melindungi badan dari sakit. Kamu akan lebih terlindung dari penyakit gastrointestinal (pencernaan) karena air minum yang disaring dapat mengeleiminasi cryptosporidium dan giardia. Beberapa penyakit seperti amoebiasis dapat dicegah.

5. Menghindari Potensi Cacat Lahir

BabyCenter

BabyCenter via http://www.google.com

Advertisement

Wanita hamil yang rutin meminum air yang telah di-filter dapat melahirkan bayi yang sehat dengan potensi cacat lahir lebih rendah. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa nitrat tertentu dalam air minum dapat membuat janin memeiliki risiko tinggi untuk cacat lahir spina bifida dan lainnya.

6. Menghemat Biaya Terkait Kesehatan

Tarhvareh

Tarhvareh via http://www.google.com

Karena air yang diminum sehari-hari di rumah lebih higienis, diharapkan Kamu dan keluarga akan menjadi lebih sehat. Dengan begitu Kamu bisa menggunakan dana untuk obat-obatan lebih sedikit ketimbang harus berobat untuk penyakit yang ditularkan melalui air minum. Mengurangi satu cara untuk sakit dapat membantu mu menjauhkan keluarga dari penyakit.

7. Perawatan Alat Water Filter Mudah dan Murah

Utama Water Filter

Utama Water Filter via http://www.google.com

Tergantung dari jenisnya, filter air memiliki cara pemeliharaan yang berbeda. Beberapa filter memerlukan perawatan lebih rumit dari yang lain. Namun untuk filter air rumahan, tidak dibutuhkan perawatan ekstra seperti filter air di hotel atau di depot air isi ulang yang notaben-nya volume air yang digunakan sehari-harinya cukup tinggi.

Apakah itu lampu UV yang harus diganti dalam kasus filter air UV, atau Penggantian membran RO atau media filter air yang dilakukan beberapa bulan sekali sudah cukup menjaga kualitas air bersih di rumah.

Kualitas air yang Kamu filter sangat tergantung pada kedisiplinan penggantian filter, penanganan filter dan instruksi pemantauan filter air.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya