Blitar merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur. Letaknya strategis yaitu berdekatan dengan Kota Malang yang merupakan kota pendidikan dan Kota Kediri yang juga memiliki kampung inggris Pare sebagai ikon yang dibanggakan. Kota Blitar dijuluki sebagai Kota Proklamasi karena disanalah Bapak Proklamator Indonesia yaitu bapak Ir. Soekarno atau biasa disebut Bung Karno lahir dan dimakamkan.

Kota ini menyimpan banyak sejarah masa lampau yang berhubungan dengan keluarga Bung Karno dan jejak-jejak peperangan menjelang kemerdekaan negeri ini seperti wisata makam Bung Karno, Istana Gebang (Rumah Bung Karno), dan beberapa candi sejak jaman Belanda yang tersebar di tanah Blitar. Selain kental akan sejarah, ternyata Blitar juga memiliki daya tarik berupa wisata kuliner yang beranekaragam.

Para wisatawan yang berkunjung ke Blitar umumnya akan menyempatkan waktu untuk mencicipi kuliner khas Kota Bung Karno ini. Kuliner khas Blitar memiliki ciri khas pedas dan gurih untuk makanan dan segar untuk minumannya. Kira-kira apa saja ya kuliner khas yang biasa diburu para wisatawan luar kota bahkan mancanegara saat berkunjung ke Blitar?

Yuk simak ulasan singkat mengenai kuliner yang wajib dicoba saat di Blitar. Cekidot !

1. Wajik klethik

wajik klethik khas Blitar

wajik klethik khas Blitar via http://wajikikonline.blogspot.com

Wajik klethik adalah salah satu jajanan khas Blitar. Terbuat dari bahan beras ketan dan gula merah sebagai pemanisnya. Teksturnya padat dan serat kasar sehingga cukup mengenyangkan jika dimakan sebagai camilan. Rasanya manis dan gurih serta akan menghasilkan bunyi klethik-klethik saat dimakan sehingga disebut sebagai wajik klethik.

Wajik ini dikemas dengan sederhana, hanya menggunakan klobot atau kulit jagung yang sudah kering berwarna kuning. Untuk dapat menikmatinya, jajanan wajik klethik ini dapat ditemui di toko oleh-oleh yang banyak tersebar di sepanjang jalan Kota Blitar.

2. Es pleret

Es Pleret Blitar

Es Pleret Blitar via http://PengusahaSukses.com

Advertisement

Bagi kalian yang sedang mencari minuman segar di Blitar, jangan sampai terlewat untuk mencicipi satu es segar ini. Namanya es pleret, terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat kecil dan diberi berbagai warna yang menarik. Disiram dengan kuah santan dan sirup sebagai pemanis serta ditambah dengan serutan es batu yang akan menambah kesegaran es pleret.

3. Pecel punten

Kalian pecinta pecel? Makanan legendaris khas Indonesia yang identik dengan sayur mayur ini ternyata terdapat di banyak kota di Indonesia. Ada satu keunikan pada pecel yang ada di Blitar yaitu menggunakan punten. Pecel punten adalah makanan yang terbuat dari sayur mayur ditambah dengan punten yang terbuat dari beras dan santan yang ditumbuk halus.

Teksturnya mirip nasi namun lebih lembut. Kemudian disiram dengan sambal kacang pedas dilengkapi dengan tempe goreng dan rempeyek. Rasanya segar dan pedas serta mengenyangkan tentunya. Cocok untuk vegetarian maupun non. Selain sehat olahan pecel punten ini juga memiliki harga yang terjangkau di kantong masyarakat.

4. Es drop

Es Drop warna-warni Blitar

Es Drop warna-warni Blitar via http://imgrum.one.com

Advertisement

Es drop merupakan jajanan es tradisional khas Blitar yang sudah ada sejak jaman Belanda. Bahkan saat ini pabriknya sudah dikelola hingga generasi ketiga. Es drop terbuat dari santan dan gula merah yang dibekukan kemudian dicetak memanjang. Kemasannya pun cukup unik dengan menggunakan selongsong kertas berwarna putih.

Jajajan legendaris ini biasa ditemui dijajakan oleh pedagang yang berkeliling menggunakan sepeda onthel diarea makam bung Karno atau di sekitar alun-alun Kota Blitar. Biasanya es drop yang dijual memiliki aneka rasa mulai dari kacang hijau, stroberi, coklat, dan durian. Jangan ngaku pernah berkunjung ke Blitar kalau belum pernah nyicipin jajanan legendaris ini ya!

5. Geti kacang

Geti Kacang Blitar

Geti Kacang Blitar via http://Travelingyuk.com

Geti kacang identik dengan camilan yang manis. Geti terbuat dari kacang tanah dan gula merah kemudian ditaburi dengan biji wijen. Bentuknya kotak-kotak kecil. Geti ini memiliki tekstur padat dan renyah. Cocok untuk pelengkap teh hangat di sore hari sambil bercengkrama bersama teman dan kerabat. Selain itu ternyata geti juga memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, terutama protein yang berasal dari kacang tanah dan biji wijen. Jadi jangan ragu untuk mencoba camilan manis satu ini dan membeli sebagai oleh-oleh khas dari bumi Bung Karno.

6. Nasi ampok

Nasi ampok merupakan nasi yang terbuat dari jagung sebagai pengganti nasi. Nasi ampok biasa disebut dengan nasi jagung. Nasi ampok ini biasanya dilengkapi dengan sayur lodeh pedas (sayur pepaya), sambal tomat dan ikan asin. Harga yang ditawarkan untuk makanan yang cukup mengenyangkan ini cukup murah, sekitar 5000 rupiah saja sudah dapat menikmati nasi ampok yang nikmat dan mengenyangkan ini. Nasi ampok bisa ditemui di pasar tradisional di Blitar.

7. Peyek uceng

Peyek Uceng Blitar

Peyek Uceng Blitar via http://life.108jakarta.com

Peyek adalah camilan sederhana yang memiliki rasa gurih dan renyah. Peyek biasanya terbuat dari tepung beras dan tepung sagu yang dicairkan dengan santan kemudian diberi campuran uceng dan untuk tambahan agar lebih sedap diberi irisan daun jeruk.

Uceng sendiri merupakan salah satu jenis ikan tawar yang berukuran kecil. Memilki bentuk tubuh bulat dan memanjang. Biasanya ukurannya sekitar sebesar jari kelingking. Dalam proses penggorengannya, adonan peyek uceng harus digoreng dengan benar dengan lapisan adonan yang tipis agar rasanya tetap renyah. Camilan peyek uceng ini dapat dijumpai di banyak tempat pusat oleh-oleh maupun pedagang pinggir jalan karena camilan ini banyak dicari oleh wisatawan luar Kota Blitar sebagai buah tangan untuk teman dan kerabat dirumah.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi kuliner khas Kota Blitar yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Kota Proklamasi ini. Kuliner Blitar yang unik dan beranekaragam serta memiliki harga yang bersahabat dikantong menjadikan Blitar menjadi salah satu kota rekomendasi untuk berwisata kuliner di Jawa Timur. Jadi tunggu apa lagi? Jangan ragu untuk mencicipi sajian khas di Kota Blitar ya, siapa tahu suka terus ketagihan :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya