Sesuai dengan julukannya kota pelajar, Yogyakarta memang ramai oleh pelajar-pelajar baik dari dalam kota, luar kota bahkan hingga luar negeri. Tak heran begitu banyak mahasiswa-mahasiswi luar Yogyakarta yang datang ke Yogya untuk menimba ilmu. Selama merantau di Yogya, mahasiswa harus pintar-pintar mengatur keuangannya agar tidak membengkak. Walaupun harus cari makan dengan harga murah, tidak perlu cari makanan yang tidak enak kan? Simak di sini, menu makan siang mahasiswa Jogja yang cocok untuk makan siangmu dan teman-temanmu! Tenang saja, harga mahasiswa kok!

1. Ayam Geprek Bu Rum

Sajian Ayam Geprek - Photo by Traveloka Eats

Sajian Ayam Geprek – Photo by Traveloka Eats via http://www.instagram.com

Sebagai pelopor ayam geprek di Yogyakarta, Bu Rum sudah membuka cabang di mana-mana, termasuk di daerah kampus. Hanya dibanderol sekitar 12.000-15.000, kamu sudah bisa menikmati nasi, ayam geprek dan sayur. Ayam geprek Bu Rum terkenal dengan ayam tepung yang digeprek dengan cabe sesuai permintaanmu. 

Advertisement

Tak lupa ada tempe dan tahu yang bisa digeprek juga. Berpusat di Jl. Wulung, Papringan, Ayam Geprek Bu Rum buka dari jam 8 pagi hingga 9 malam. Harga murah, rasa yang enak dan ada beragam pilihan sayur, membuat Ayam Geprek Bu Rum selalu ramai pengunjung. Siap-siap kepedesan ya!

2. Bakso dan Es Buah PK

Bakso PK sebelum diantar ke Pelanggan - Photo by Rider Kulineran

Bakso PK sebelum diantar ke Pelanggan – Photo by Rider Kulineran via http://www.instagram.com

Hanya berjualan di pinggir jalan, di atas trotoar, dekat dengan pertigaan jalan, tidak membuat Bakso & Es Buah PK ini sepi pengunjung. Lokasi Bakso & Es Buah PK terletak di Jalan Pakuningkratan dan hanya buka dari jam 10 pagi hingga 6 sore. Bakso & Es Buah PK ini merupakan salah satu kuliner legendaris Yogyakarta. 

Baksonya dilengkapi dengan bakso urat, bakso halus dan bakso goreng yang bikin nafsu makan meningkat ya. Haus? Pesan saja Es Buah PK! Berisikan kelapa muda, alpukat, nangka, cincau dan buah sawo, membuat rasa es buah PK ini istimewa. Harga? Hanya sekitar 10.000an saja kok!

3. Coto Makassar La Capila

Coto Makassar dan Pisang Ijo - Photo by Cerita Makan

Coto Makassar dan Pisang Ijo – Photo by Cerita Makan via http://www.instagram.com

Advertisement

Berasal dari Sulawesi dan rindu masakan Makassar? Kamu wajib coba Coto Makassar La Capila! Terletak di Jalan Krasak 6, Kotabaru, Coto Makassar La Capila ini menyediakan coto Makassar, lengkap dengan kupatnya. Ada pula beragam gorengan sebagai tambahan lauk. Tak cukup satu? Jangan ragu untuk menambah satu mangkok lagi!

Setelah selesai menyantap coto, jangan lupa pesan pisang ijonya! Padunan pisang dengan bubur sumsum dan sirupnya yang manis, bikin melek lagi! Untuk coto Makassar dibanderol sekitar 13.000, sedangkan Pisang Ijonya hanya sekitar 8.000 saja!

4. Siomay Kang Cepot

Siomay Kang Cepot

Siomay Kang Cepot via http://www.instagram.com

Tak ingin makan makanan berat? Kamu bisa coba Siomay Kang Cepot! Berbeda dengan siomay biasa, di sini, kita disuguhkan beragam siomay dengan isi yang berbeda-beda, seperti siomay tenggiri, ayam, daging sapi dan lainnya. Bahkan kualitas ikan tenggirinya pun dibedakan di sini. Ukuran Siomay Kang Cepot memang lebih besar dari siomay pada umumnya, tapi masalah rasa? 

Jangan ditanyakan lagi! Siomay asli isi tenggiri yang dipadukan dengan telur, kubis ataupun pare lalu disiram dengan bumbu kacangnya, bikin kamu ingin nambah terus! Dengan harga mulai dari 2.500/pcs siomay, kamu bisa menikmati Siomay Kang Cepot di Jl. Kaliurang Km. 8,5

5. Mie Bandung Kridosono

Tampilan Mie Ayam dari Mie Bandung Kridosono - Photo by Java Foodie

Tampilan Mie Ayam dari Mie Bandung Kridosono – Photo by Java Foodie via http://www.instagram.com

Terkenal dengan porsinya yang besar tapi ramah di kantong membuat Mie Bandung Kridosono selalu ramai.  Terletak di depan stadion Kridosono, jalan Yos Sudarso, Mie Bandung ini buka dari pukul 10.00 hingga 19.00. Pilihan makanannya cukup beragam dari nasi goreng, mie ayam, kwetiauw, ifumie dan fuyung hai. 

Walaupun tempatnya sempit, orang-orang rela antri untuk makan di sini! Kamu bisa request pesananmu dibuat pedas atau tidak, tapi kalau masalah porsi masih sama ya, sama-sama banyak! Harga masakan Mie Bandung Kridosono ini mulai dari 13.000! Makan kenyang, kantong tetap aman!

6. Sate Ratu

Tampilan Sate Ayam Merah - Photo by Jogja Bikin Laper

Tampilan Sate Ayam Merah – Photo by Jogja Bikin Laper via http://www.instagram.com

Digemari wisatawan asing bukan berarti harus membuat kantong jebol kan? Perkenalkan Sate Ratu, restoran Jogja no. 1 di TripAdvisor yang sudah dikunjungi tamu dari 74 negara, ini menyuguhkan Sate Ayam Merah tanpa bumbu kacang. Sate Ayam Merah ini menjadi idola di Sate Ratu. 

Bagaimana tidak? Hanya dengan 25.000 untuk 1 porsi sate ayam isi 6 tusuk, kamu bisa menikmati sate dengan potongan daging ayam yang besar. Bumbunya pun meresap hingga ke bagian dalam daging. Selain itu, ada menu lain seperti Lilit Basah dan Sate Kulit, yang tidak kalah enaknya! Terletak di Jogja Paradise Foodcourt, Sate Ratu buka dari jam 11.00 hingga 23.00. Ada arena indoor dan outdoor yang cocok jadi tempat kumpul rame-rame bersama teman-teman!

7. Yamie Panda

Ragam Topping Yamie Panda - Photo by Jogja Eat Guide

Ragam Topping Yamie Panda – Photo by Jogja Eat Guide via http://www.instagram.com

Penggemar yamie mana suaranya? Memiliki berbagai cabang di Yogyakarta, membuat Yamie Panda mudah dijangkau. Tak hanya itu, Yamie Panda selalu banjir promo untuk pelanggan dan mahasiswa. Yamie Panda menyajikan beragam jenis yamie, dari yamie manis, asin dengan porsi sedang hingga kenyang. Topping yamienya bisa dipilih dari ayam, daging, jamur, bakso, telur dan macam lainnya.

Ada pula aneka dimsum dan pangsit yang cocok sebagai cemilan. Dari harga 15.000, kamu sudah bisa menyantap Yamie Panda yang enak ini di salah satu cabangnya! Buka dari jam 10.00 hingga 21.00 ya.

Itu dia list kuliner Yogya yang enak, cocok untuk makan siang dan ramah di kantong mahasiswa. Kira-kira dari semua rekomendasi kuliner di atas, yang mana yang jadi langgananmu nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya