Mendengar kata sekolah, seolah membuat beberapa telinga orang berpikir bahwa tempat itu membosankan dengan pelajaran-pelajaran dan tumpukan tugas. Namun, di beberapa negara justru membangun sekolah dengan desaign yang unik agar mereka senang bersekolah.

Dimana kah sekolah-sekolah dengan desaign yang unik itu, simak yuk!

1. Wolfartsweier Kindergarden, Jerman

Kindergarten Wolfartsweier

Kindergarten Wolfartsweier via http://www.atlasobscura.com

Taman kanak-kanak ini terletak di Jerman memiliki bentuk bangunan yang unik. Bangunan TK ini dibangun menyerupai kucing dan menjadi bangunan yang eye catching di negara itu. Bangunan ini dibangun pada tahun 2011 oleh arsitek Tomi Ungerer and Ayla Suzan Yöndel. Keunikan dari bangunan ini terletak pada permainan sliding yang ada pada buntut kucing ini.

2. Nanyang University, Singapura

Nanyang Technological University (NTU) School of Art, Design and Media (ADM)

Nanyang Technological University (NTU) School of Art, Design and Media (ADM) via http://www.greenroofs.com

Advertisement

Siapa yang tidak mengenali Nanyang University Singapura. Nanyang sendiri didirikan tahun 1991 dan sudah banyak pengakuan internasional yang diperolehnya sebagai universitas teknologi terbaik. Universitas yang menduduki peringkat 20 besar peringkat terbaik ini, memiliki struktur bangunan yang unik. Pada bagian atap terdapat arena terbuka dan hijau untuk bisa digunakan oleh para mahasiswanya dan staffnya untuk beristirahat. Selain itu arena hijau ini berfungsi sebagai penadah air hujan, pendingin udara di sekitar dan sebagai pelindug dari bangunan.

3. Mode Gakuen Spiral Towers, Jepang

Welcome to MODE

Welcome to MODE via https://www.mode.ac.jp

Sekolah ini merupakan sekolah desaign yang dibangun tahun 1966 oleh perusahaan Nikkei Sekei. Sekolah yang memiliki 3 jurusan yaitu sekolah fashion desaign, komputer dan kedokteran ini memiliki bentuk yang unik seperti spiral. Bangunan dengan tinggi 170 meter ini memiliki 36 lantai. Selain itu, bangunan ini menggunakan tekhnologi yang ramah lingkungan seperti Double-Glazed Air Flow yang bertujuan untuk menyerap panas yang masuk ke dalam gedung serta penggunaan ventilasi udara secara alami.

4. Arcadia University, Pennsylvania

About Arcadia University

About Arcadia University via https://www.arcadia.edu

Universitas ini sebenarnya merupakan kastil yang dimiliki oleh William Welsh Harrison dan diakuisisi oleh pihak universitas tahun 1929. Universitas dengan desaign kastil ini dibangun pada tahun 1898. Dahulunya kastil ini memiliki beberapa ruangan rahasia yang dihubungkan dengan terowongan-terowongan rahasia dan ruangan bawah tanah. Namun, karena saat ini berfungsi sebagai universitas ruangan-ruangan tersebut digunakan sebagai ruangan belajar, perpustakaan, kantor rektorat dan asrama siswa.

5. Orestad High School, Copenhagen

ØRESTAD HIGH SCHOOL

ØRESTAD HIGH SCHOOL via http://www.dac.dk

Advertisement

Orestad High School merupakan sekolah bergengsi dan termasuk sekolah mewah di Denmark. Selain karena biayanya yang relatif mahal untuk masuk ke sana, sekolah ini memiliki desaign dan fasilitas yang memadai untuk siswa yang belajar di sana. Sekolah ini didirikan tahun 2005 ini memiliki desaign dimana semua arena di sekolah ini terbuat dari kaca, hal ini dimaksudkan agar ruangan ini mendapatkan sinar matahari yang bagus untuk kesehatan. Sekolah ini terdapat empat arena belajar dan juga ruangan yang nyaman untuk siswa bersantai. Ruangan santai ini dilengkapi dengan sofa yang nyaman dan akses internet yang cepat.

6. Oppenheim's Miami-Dade College Campus, Miami

Campus Center / Oppenheim Architecture + Design

Campus Center / Oppenheim Architecture + Design via http://www.archdaily.com

Oppenheim’s Miami dade college campus merupakan sebuah project yang dilakukan oleh salah satu arsitek Chad Oppenheim yang bekerja sama dengan sektor swasta untuk membangun suatu fasilitas umum. Fasilitas yang diperuntukkan untuk masyarakat miami ini menggabungkan konsep dimana fasilitas pendidikan, departement store, olahraga, dan asrama bagi siswa terdapat dalam satu bangunan yang sama. Diperkirakan bangunan ini selesai di tahun 2012.

7. Central Los Angeles Area High School

Central Los Angeles Area High School #9 for the Visual and Performing Arts

Central Los Angeles Area High School #9 for the Visual and Performing Arts via http://www.coop-himmelblau.at

Sekolah ini merupakan sekolah tinggi di bidang seni yang memiliki 4 jurusan yaitu musik, tari, teater dan visual art. Dibangun oleh Coop Himmlb(l)au dengan tanah seluas dari tahun 2002 – 2008. Sekolah ini menampung sekitar 1.800 siswa. Di dalam ini terdapat cafetaria, empat bangunan kelas, perpustakaan dan teater. Ruangan teater/pertunjukan yang menampung 1.000 pengunjung ini bisa digunakan oleh masyarakat umum juga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya