7 Tanda Bahwa Kamu Belum Siap Untuk Jatuh Cinta Lagi, Jangan Buru-buru!

Setap orang pasti pernah merasakan jatuh cinta dalam hidupnya. Akan tetapi, kisah cinta tidaklah selalu bisa berjalan mulus dan berakhir bahagia. Beberapa hubungan harus terpaksa berpisah dan hal ini terkadang menjadi momen yang cukup berat bagi sebagian orang yang mengalaminya. Oleh karena itu, menjalin hubungan tidak bisa sembarangan dan perlu adanya komunkasi yang baik serta kesiapan dari satu sama lain agar hubungan dapat bertahan lama. 

Namun, tidak semua orang dapat siap untuk jatuh cinta dengan mudah dan merasakan indahnya menjalin hubungan. Jika hal itu terjadi padamu, maka tidak perlu memaksakan diri untuk memutuskan jatuh cinta dan memulai hubungan baru jika memang belum siap. Hal ini karena jika kalian memaksakannya, mungkin kalian justru akan menyesal di kemudian hari.

Lantas bagiamana tanda seseorang yang masih belum siap untuk jatuh cinta? Berikut ini 7 tanda yang menunjukan bahwa kamu belum siap untuk jatuh cinta lagi dan menjalin hubungan baru.

Advertisement

1. Kamu sulit percaya pada orang lain

kamu sulit percaya orang lain | Photo by Candice Picard from Unsplash

kamu sulit percaya orang lain | Photo by Candice Picard from Unsplash via https://unsplash.com

Kamu masih belum siap untuk jatuh cinta jika kamu masih kesulitan untuk mempercayai orang lain karena dalam menjalin hubungan, kepercayaan adalah suatu hal yang sangat penting.

Kesulitan untuk percaya dengan orang lain dapat terjadi karena beberapa hal seperti trauma masa lalu atau pernah mengalami perselingkuhan yang akhirnya membuatmu sulit untuk percaya pada orang lain kembali.

Advertisement

Jika kamu masih merasa sulit untuk mempercayai orang lain, maka sebaiknya kamu menyembuhkan diri dan menunggu terlebih dulu hingga kamu benar-benar siap untuk mempercayai orang lain sebelum memutuskan untuk menjalin hubungan baru.

2. Kamu masih ingin fokus pada dirimu sendiri

Masih fokus pada diri sendiri | Photo : Barney Yau from Unsplash

Masih fokus pada diri sendiri | Photo : Barney Yau from Unsplash via https://unsplash.com

Jika kamu masih ingin fokus untuk mengembangakan diri serta mengapai mimpimu, maka sebaiknya kamu menunda waktu untuk jatuh cinta. Hal ini karena menjalin hubungan akan membuatmu kesulitan untuk membagi waktu dan memecahkan fokusmu. Jika kamu memaksakannya pun hubunganmu juga akan jadi ikut berantakan.

Oleh karena itu, penting bagimu untuk menentukan prioritasmu dan menunggu waktu yang tepat hingga kamu siap untuk membagi waktumu dengan orang lain sebelum memutuskan untuk jatuh cinta. Jangan sampai hubunganmu kandas karena masalah kesibukan!

Advertisement

3. Kamu merasa bosan dan kesepian

Merasa bosan dan kesepian | Photo : Magnet.me from Unsplash

Merasa bosan dan kesepian | Photo : Magnet.me from Unsplash via https://unsplash.com

Kamu belum siap untuk jatuh cinta jika kamu memutuskan mencintainya hanya karena kamu merasa bosan dan kesepian tanpa pasangan. Hal ini karena jika kamu menjalin hubungan hanya berlandaskan rasa bosan, kamu tidak hanya akan menyakiti pasanganmu, tetapi juga menyia-nyiakan dirimu sendiri

Hubungan percintaan terjadi bukanlah untuk sekedar mengisi waktu luang. Banyak hal yang perlu diusahan dalam membangun sebuah hubungan dan bukan hanya untuk main-main saja.

4. Kamu ingin pasangan yang sempurna

Ingin pasangan yang sempurna | Photo : Jonathan Borba from Unsplash

Ingin pasangan yang sempurna | Photo : Jonathan Borba from Unsplash via https://unsplash.com

Janganlah memulai hubungan karena kamu ingin mendapatkan pasangan yang sempurna karena pasangan seperti itu hanya ada dalam cerita di novel atau film dan tidak mungkin kamu temukan di dunia nyata. Jika kamu masih memilki pola pikir untuk mengencani seseorang dengan kepribadian yang sempurna, maka ada baiknya kamu harus menunda untuk menjalin hubungan terlebih dahulu.

Hal ini karena kamu pasti akan selalu merasa tidak puas dengan pasanganmu dan terus mencari orang lain yang sesuai dengan kriteriamu padahal di dunia ini tidak ada orang yang sempurna dan setiap orang memilki kekurangan mereka masing-masing.

5. Merasa iri dengan orang lain

Iri dengan orang lain | Photo : Milan Popovic from Unsplash

Iri dengan orang lain | Photo : Milan Popovic from Unsplash via https://unsplash.com

Jika kamu ingin jatuh cinta karena merasa iri dengan teman-temanmu yang sudah menikah dan menjalin hubungan, maka itu tandanya kamu masih belum siap untuk jatuh cinta. Cinta bukanlah perkara mudah dan tidak seindah yang kamu lihat.

Dalam menjalin hubungan butuh kesabaran dan pengorbanan yang besar sehingga tidak banyak orang yang bisa menjalani percintaan dengan mudah. Oleh karena itu, tunggu hingga hatimu benar-benar siap untuk merasakan cinta dan tidak perlu untuk dipaksakan karena jika sudah waktunya, orang yang kamu tunggu pasti akan datang padamu, kok!

6. Kamu masih belum bisa melupakan hubungan masa lalu

masih belum move on | Photo : Priscilla Du Preez from Unsplash

masih belum move on | Photo : Priscilla Du Preez from Unsplash via https://unsplash.com

Tanda lainnya yang menunjukan bahwa kamu tidak siap untuk jatuh cinta lagi adalah saat kamu masih terus memikirkan hubungan lamamu. Hal ini terjadi mungkin karena kamu masih merasa trauma disakiti oleh pasanganmu terdahulu atau mungkin kamu masih mencintai pasanganmu.

Jika kamu mengalami hal tersebut, ada baiknya untuk tidak buru-buru memutuskan jatuh cinta dengan orang baru dan menunggu waktu hingga hatimu benar-benar pulih dari hubunganmu yang terdahulu sebelum memutuskan untuk jatuh cinta lagi agar tidak menyesal dikemudian hari.

7. Kamu ingin merasa bahagia

ingin merasa bahagia| Photo :Jonathan Borba from Unsplash

ingin merasa bahagia| Photo :Jonathan Borba from Unsplash via https://unsplash.com

Kamu tidak siap untuk jatuh cinta jika kamu berpikir bahwa hidupmu akan selalu bahagia jika kamu menjalin hubungan dengan seseorang. Hal ini karena tidak ada hubungan percintaan yang selalu berjalan lancar dan bahagia. Terkadang kamu akan bertengkar dengan pasanganmu dan membuatmu sakit hati.

Oleh sebab itu, tidak perlu terburu-buru dalam memulai hubungan dan jatuh cinta. Jika memang sudah tiba saatnya, kamu pasti akan menemukan orang yang tepat untukmu yang akan selalu mencintaimu dan membuatmu berharga. 

Itulah beberapa tanda yang  bisa jadi pertimbangan kamu sebelum memutuskan untuk jatuh cinta lagi dan menjalin hubungan dengan orang baru. Hal ini karena dalam menjalin suatu hubungan diperlukan sebuah komitmen yang besar serta proses yang cukup panjang. Jadi, dalam memutuskan untuk jatuh cinta lagi tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru atau dipaksakan, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

senang menulis dan berbagi cerita

CLOSE