Sudah cukup lama mengenal negara yang satu ini, yang selalu menjadi bagian dari pembahasan penting dalam buku-buku sejarah Indonesia, atau jadi pembahasan klasik para pelajar lokal tentang sulitnya mata pelajaran Bahasa Ingrris, sampai jadi mimpi para pecinta Premier League untuk bisa menginjakan kaki di sana.

Saat tayangan acara musik jadul dimulai, Bapak-Ibu saya bahkan sudah menantikan lagu-lagu The Beatles diputar, yang para membernya berasal dari salah satu kota di Inggris, dan biasanya tiap malam tahun baru adalah hari yang sangat dinantikan oleh kakak saya untuk menyaksikan film Harry Potter lewat stasiun televisi lokal, sampai saya dikenalkan dengan sebagian kota di sana yang rasanya tidak cukup untuk sekedar dipandang, bagaimana dapat bersentuhan dengan aksen mereka yang membuat saya harus berpikir keras karena beda dengan yang biasa saya dengar dari Guru Bahasa Inggris di sekolah.

Tapi wawasan saya yang masih terbatas saat itu hanya mengenal United Kingdom adalah nama lain dari Inggris, dengan Big Ben yang menjadi ikonik Kota London, sebagai ibu kotanya. Sekedar David Bechkam yang dikenal sebagai pemain sepak bola termahal pada masanya dan Seteven Gerrard yang telah membuat saya jatuh cinta dengan Liverpool Football Club, atau jika nama-nama pemain sepak bola tadi tidak cukup populer di telinga Anda, saya akan mengingatkan kembali dengan Gubernur-Letnan Hidia Belanda yang berasal dari Inggris, Thomas Stamford Bingley Raffles, yang namanya dijadikan sebagai nama bunga terlangka dan terbesar endemik Indonesia.

Jika Anda merasa mengenal United Kingdom dari sudut yang sama dengan saya, jangan merasa minder. Di zaman yang serba canggih ini banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencari tahu lebih dalam tentang United Kingdom, sehingga mimpi untuk mengunjungi negara yang terletak di lepas pantai barat laut Benua Eropa ini bisa terwujud dan membuat traveling Anda lebih percaya diri.

United Kingdom atau yang lebih dikenal sebagai Britania Raya ini rupanya terbagi menjadi 4 negara bagian, di antaranya Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Meskipun akses transportasi untuk mengunjungi negara-negara di Britania Raya ini dapat ditempuh dengan mudah dari satu negara ke negara lainnya, tapi melihat perbedaan mata uang Poundsterling dan Rupiah sepertinya akan sedikit menjadi PR bagi traveller yang akan melangsungkan perjalannya ke sana.

Ada baiknya membuat rencana terlebih dahulu, jika sekiranya mengunjungi 4 negara tersebut sekaligus terasa berat, mungkin anda bisa pilih salah satu dulu dan menentukan spot mana saja yang akan dituju, sehingga budget yang dikeluarkanpun akan lebih terarah. Agar perjalanan Anda di sana lebih nyaman dan bermanfaat, pastinya persiapkan diri untuk bisa menyesuaikan bahasa yang dipakai selama di sana, karena barangkali Anda membutuhkan bantuan untuk menuju tempat-tempat menakjubkan yang membuat Anda patut mengunjunginya dan jangan sampai terlewatkan selama tour di Britania Raya.

Berikut ulasan beberapa tempat di Britania Raya yang akan menghiasi feed Instagram Anda lebih fancy!

1. Palace Of Westminster

Palace of Westminister England

Palace of Westminister England via http://www.worldfortravel.com

Rasanya kurang apdol jika perjalanan Anda selama menyusuri Britania Raya tidak diluangkan untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Dua rumah para parlemen Britania Raya yang menyerupai istana ini terletak di tepi utara Sungai Thames di jantung kota London dari Kota Westminster.

Advertisement

Selain istana yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, Kota Westminster juga menyuguhkan daya tarik lainnya seperti, Westminster Abbey, Westminster Cathedral dan Big Ben. Jika Anda sudah mempersiapkan budget lebih, sepertinya menikmati pemandangan Kota London menggunakan Lodon Eye patut dicoba, setidaknya sekali seumur hidup.

2. Borough Market

Borough Market London

Borough Market London via http://www.standard.co.uk

Seorang traveler tentunya tidak mungkin melupakan hal yang satu ini, mencicipi makanan di setiap tempat baru yang dikunjungi. Borough Market merupakan salah satu pasar makanan terbesar dan tertua di London, diklaim telah ada sejak tahun 1014 silam. Saat Anda memasuki pasar ini, akan tercium berbagai aroma masakan, dari mulai kue kering, sayur, ataupun biji-bijian, yang sekarang lebih ditujukan sebagai pemasok utama kebutuhan grosir.

3. London King’s Cross Railway Station

London King’s Cross Railway Station in London

London King’s Cross Railway Station in London via http://londonist.com

Jika mendengar stasiun yang satu ini, pastinya kita diingatkan kembali dengan film Harry Potter yang melokasikan King’s Cross Station sebagai stasiun menuju Hogwarts melalui jalur 9¾ . Bagi pecinta film fantasi Harry Potter, spot ini pastinya patut dimasukan dalam list travel Anda selama di Britania Raya.

Advertisement

Kereta dari stasiun ini juga yang menyambungkan Edinburgh Waverley dan Glasgow Cental, Anda pasti tidak akan menyesal menikmati suguhan pemandangan selama perjalanan dalam kereta, ditemani sajian milky tea hangat yang menjadi teh khas Inggris.

4. City of Yorkshire

City of Yorkshire England

City of Yorkshire England via http://www.traveller.com.au

Di katakan, tempat ini adalah rumah bagi banyak keju lezat, termasuk Keju Wensleydale yang banyak di minati. Selain itu, yang menjadi minat para traveler untuk mengunjungi tempat ini adalah makanan tradisionalnya yang sangat populer, The Yorkshire Pudding, biasa disajikan dengan Sunday Roast sebagai makan malam.

Liburan Anda selama di Yorkshire pun akan semakin lengkap jika ditambah dengan menyusuri jalan-jalan sempit sepanjang pedesaan York yang akan mempertemukan Anda dengan banyak arsitektur katedral bernuansa gotik di sana.

5. Loch Tummel, Perthsire, Scotland

Loch Tummel Scotland

Loch Tummel Scotland via http://www.flickr.com

Daerah di sekitar Sungai Tummel dan Loch Tummel dikenal sebagai Strathtummel dan merupakan salah satu tempat wisata paling populer di Skotlandia, dan bagian terindah dari 'Big Tree Country' Perthshire, dengan warna yang selalu berubah sepanjang musim. Tempat ini biasa ramai dukunjungi pada musim semi dan panas, di mana orang-orang dapat melakukan perkemahan, relaxing atau menyusuri rute daerah tersebut dengan sepeda.

6. Giant’s Causeway

Giant’s Causeway

Giant’s Causeway via http://www.independent.ie

Sekumpulan kolom basalt yang terbentuk karena letusan vulkanik ini dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO dan Cagar Alam Nasional. Namun, masyarakat Irlandia Utara sendiri memiliki versi cerita tersendiri bagaimana bebatuan itu bisa muncul dan hingga kini tempat yang dijadikan sebagai pembuatan Film Game Of Thrones itu masih menjadi misteri. Britania Raya memang selalu memiliki tempat-tempat unik untuk ditelusuri.

7. Dan-yr-Ogof Caves

Dan-yr-Ogof Caves Wales

Dan-yr-Ogof Caves Wales via http://www.beilihelygguesthouse.co.uk

Pemandangan alam yang menakjubkan juga dapat ditemukan di bawah tanah. Terletak di ujung selatan Taman Nasional Brecon Beacons, National Showcaves of Wales dinobatkan sebagai keajaiban alam terbesar di Inggris oleh pembaca Radio Times pada tahun 2005. Stalaktit dan stalagmit yang melekat pada batuan dan pencahayaan atmosfer menambah kesan halus pada Dan-yr-Ogof Caves.

Meski masih ada banyak tempat menakjubkan di Britania Raya, setidaknya ke-7 tempat ini bisa dijadikan pemanasan untuk memacu diri Anda agar terus semangat mewujudkan mimpi travel ke negeri-negeri persemakmuran Ratu Elizabeth tersebut. Dan Britania Raya bukan sekedar tentang London.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya