Dunia kerja itu memang tidak semanis dunia kampus guys, percayalah. Maka dari itu selepas kalian wisuda, sebagian besar dari dosen atau bahkan orang tuamu selalu mengatakan bahwa dunia kerja adalah dunia yang sesungguhnya. Tidak hanya berbicara tentang tantangan dalam menyelesaikan pekerjaan, tetapi juga tantangan dalam menghadapi rekan kerja yang tentunya dengan berbagai macam karakteristik yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu temui saat duduk di bangku perkuliahan.

Nggak hanya itu guys. Bahkan di dalam dunia kerja juga sering kali terjadi BULLYING disadari atau tidak, bullying di dunia kerja seringkali tak kentara. Padahal bullying sangat merugikan korbannya. Tidak hanya penurunan sistem fokus kalian terhadap pekerjaan, terkadang efek bullying di tempat kerja juga dapat mengakibatkan depresi berkelanjutan akibat beratnya tekanan bullying yang dihadapi secara terus-menerus setiap harinya. So guys, waspadai tipikal - tipikal orang dibawah ini bilamana kamu bertemu dengan orang - orang semacam ini di kantormu. Waspada!

1. Si antagonis

bully kerja

bully kerja via https://www.google.co.id

Tipikal rekan kerja atau orang seperti ini sangat mudah sekali untuk dikenali guys. Tipikal orang – orang seperti ini biasanya tidak akan ragu-ragu dalam menunjukan sikap menyerang, menjengkelkan dan berperilaku kasar lewat perkataan. Mereka ingin menujukan kepada stiap orang bahwa mereka adalah sosok yang ditakuti. Guys, percayalah bahwa sangat lebih baik menjadi orang yang berwibawa ketimbang daripada sosok yang ditakuti.

2. Si ular berkepala dua

Nah kalau ini bisa dibilang juga muka dua, guys. Tipikal rekan kerja seperti ini biasanya akan berlaku baik didepanmu tampak seperti orang yang bisa kamu andalkan dan kamu percayai. Tetapi, saat dibelakangmu dan saat telingamu jauh dari pendengarannya, diam – diam dia akan menghancurkan reputasi kerjamu.

Advertisement

Menikammu dari belakang bahkan tidak segan – segan mengakui bahwa pekerjaanmu adalah hasil pekerjaanya, dan yang lebih parahnya lagi guys mereka mampu menjelek – jelekanmu di hadapan atasanmu hanya karena ingin dianggap lebih unggul daripada kamu. Terkadang tidak sampai berhenti disitu aja, guys. Percayalah, tipikal – tipikal rekan kerja seperti ini sanggup melakukan drama apapun. So, lampu merah untuk orang seperti ini!

3. Si pengkritik

Kritik memang perlu, terlebih bila sifat dan tujuannya membangun. Tetapi terkadang ada orang – orang yang mematikan karakter orang lain melalui kritik yang gencar dan seringkali tak beralasan bahkan tidak disertai dengan dasar yang kuat. Tipikal rekan kerja seperti ini selalu mencari – cari cacat pekerjaan seseorang dan tak segan – segan untuk membunuh kredibelitasnya. Biasanya tipikal rekan kerja seperti ini hanya mampu mengkritik tanpa memberikan solusi atas kritikannya.

4. Si pencari perhatian

bullying kerja

bullying kerja via https://www.google.co.id

Kalo ini guys emang tukang drama deh hidupnya. Tipe rekan kerja seperti ini hampir sama dengan tipikal rekan kerja ular berkepala dua. Tipikal – tipikal rekan kerja seperti ini akan selalu terlibat dengan banyak drama untuk merebut simpati dari banyak orang.

Advertisement

Mereka tidak akan ragu untuk memputarbalikan fakta seolah dirinya adalah korban, padahal ia telah menyusun strategi untuk menjatuhkan lawan lebih kejam agar orang lain membenci lawannya. Yah kalo orang jawa bilang semacam adu-adu guys, atau lebih tepatnya si 'Tumbak Cucukan yang tentunya dengan cara yang halus dan tidak kentara tentunya. Drama banget kan, guys..

5. Si the gurus

bulliying kerja

bulliying kerja via https://www.google.co.id

Kalau tipikal ini adalah tipikal orang – orang yang melihat bahwa dirinya lebih superior daripada lainnya. Akibatnya mereka tidak mau disalahkan di setiap pekerjaan mereka, dan menganggap mereka yang mengkritik pekerjaannya adalah musuh besar yang harus dibasmi. Mereka tidak mau menerima tanggung jawab atas tindakan mereka sendiri dan melemparkan kesalahannya pada orang lain.

Kalau mereka memiliki anak buah,bisa jadi mereka tidak akan segan-segan melimpahkan kesalahannya terhadap anak buahnya.

6. Si sosiopat

bulliying kera

bulliying kera via https://www.google.co.id

Ini nih guys, paling dari yang terpaling. Tipikal rekan kerja seperti ini biasanya sudah memiliki jam terbang yang tinggi guys. Mereka cerdas, pandai bicara, menawan dan karismatik. Paket lengkap. Padahal, sesungguhnya tipikal ini adalah pengganggu yang paling dari yang terpaling. Mereka tidak memiliki empati, tetapi mereka ahli memanipulasi emosi orang lain untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

7. Si penjaga pintu

Kalo ini guys, hampir di semua perusahaan manapun setidaknya akan ada satu karyawan dari seluruh karyawan atau bisa jadi lenih yang memiliki karakter seperti ini. Dia adalah orang yang melimpahkan pekerjaanya kepada orang lain. Bertindak seolah meminta bantuan padahal memanfaatkan orang yang dijajahnya. Namun guys, sesungguhnya pekerjaan mereka gak sebagus itu jika mereka mengerjakkanya. Karena dari itu mereka dengan alasan meminta tolong kepadamu untuk mengerjakannya, kemudian bertujuan untuk mendapat pengakuan atas kinerjanya yang baik, tapi kalau salah ya gitu deh guys.

Para pem-bully ini sering kali mudah mendapatkan perhatian dari atasan guys. Padahal apa yang mereka lakukan sebenarnya sangat berbahaya dan tidak sehat untuk lingkungan kantor. Jika para pem-bully ini tetap dipelihara dan dilesatrikan di lingkungan kantor kalian, maka secara tidak langsung juga akan berdapampak buruk pada perusahaan itu sendiri yang nantinya merusak lingkungan kerja. So guys, semoga kita bukan salah satu diantara ketujuh tipe tersebut atau salah satu yang menjadi korban dari tujuh tipikal rekan kerja seperti itu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya