7 Tips Ampuh untukmu yang Masih Canggung Berteman dengan Orang Lain. Lakukan dari Sekarang!

canggung berteman dengan orang lain

Sebagai makhluk sosial tentu saja setiap orang membutuhkan teman-teman untuk sekedar duduk bercerita bersama atau berbagi keluh kesah. Pada hakikatnya manusia tidak pernah bisa sendiri, walau terkadang di waktu-waktu tertentu kita ingin sendiri namun, hal ini tentu saja bukan dalam jangka waktu yang panjang.

Keberadaaan teman-teman akan sangat membantu dan cukup penting di saat kita merasa sedih dan membutuhkan sandaran, mereka juga dapat membantu kita menyelesaikan masalah yang ada, kehadiran mereka menciptakan rasa nyaman dan aman. Nah, masalahnya adalah tidak semua orang mengerti bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain. Kesadaran kita akan perbedaan-perbedaan yang ada di setiap orang terkadang menimbulkan ketidakberanian pada diri karena takut akan melakukan hal yang salah dan tidak sesuai dengan yang diinginkan lawan bicara. Kalau kamu termasuk dalam golongan yang kesulitan membangun pertemanan, tenang aja guys! Karena sekarang kita bakal ngebahas secara tuntas 7 tips yang ampuh banget untuk ngatasin masalah kamu.

Advertisement

1. Jangan menunggu, mulailah dari dirimu!

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Tips pertama untuk kita semua agar mudah berteman dengan orang lain yaitu mulailah terlebih dahulu. Nah, kamu nggak perlu menunggu untuk disapa tapi beranikan diri untuk menyapa duluan. 

Jangan takut ditolak ya guys, nggak bakalan terjadi kok soalnya keberanian kamu untuk memulai duluan menjadi daya tarik tersendiri bagi lawan bicaramu. So, mereka pasti bakal membalas sapaanmu.

2. Senyum jangan lupa yah!

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Hal pertama yang dilihat orang lain pasti wajah kita, makanya jangan sekali-kali kamu merengut di hadapan calon temanmu atau gebetanmu ya hehe. Asal kamu tau aja, lengkungan senyum di bibirmu itu menarik lho!

Senyumanmu akan menimbulkan kesan ramah dan membuat orang merasa nyaman untuk berada di dekatmu. Hal itu akan membuka kesempatan bagimu untuk berteman.

3. Buka topengmu, alias jadi diri sendiri!

Photo by @thiszun (follow me on IG, FB) from Pexels

Photo by @thiszun (follow me on IG, FB) from Pexels via https://www.pexels.com

Yups! Jadilah dirimu sendiri, jangan memakai topeng saat memulai pertemanan dengan orang lain, karena beberapa orang dapat membaca topengmu dan menjadi malas untuk berteman denganmu. Topeng yang kamu kenakan akan meciptakan gambaran bahwa kamu suka berbohong dan tidak menarik. Siapa sih yang mau temenan kalau di awal aja udah dibohongin. Makanya, percayalah pada dirimu dan pancarkan betapa menariknya kamu apa adanya.

Advertisement

4. Tunjukkan ketertarikanmu

Photo by Buro Millennial from Pexels

Photo by Buro Millennial from Pexels via https://www.pexels.com

Seseorang akan senang saat merasa apa yang diceritakannya menarik bagi lawan bicaranya. Hal ini bisa kamu jadikan senjata ampuh pada teman barumu, maksudnya kamu harus menunjukkan ketertarikanmu pada cerita-ceritanya, tertawa saat ia mengatakan hal-hal lucu, dan berikan sedikit komentar agar ia merasa dihargai.

5. Perhatikan penampilanmu

Photo by mentatdgt from Pexels

Photo by mentatdgt from Pexels via https://www.pexels.com

Tips yang satu ini seringkali menjadi masalah yang tidak kita sadari saat akan membangun hubungan pertemanan. Yups, penampilanmu akan mencerminkan siapa kamu, makanya jangan aneh ya guys saat kamu akan mendekati seseorang tapi dia langsung memberikan gestur penolakan akan kehadiranmu. Coba deh perhatikan dirimu, apakah bajumu kotor? Atau badanmu mengeluarkan bau yang tidak sedap? Hal ini pasti bakal ngehancurin kesan pertama kamu di mata orang deh.

6. Berikan pujian

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Siapa sih yang gak suka dipuji? Pujian akan meningkatkan rasa penghargaan pada seseorang dan membuatnya lebih menyukaimu. Jangan sungkan memberikan pujian pada teman barumu ya guys. 

Pujianmu padanya akan membuatnya lebih nyaman berbicara denganmu, tapi pujian yang kamu berikan tentu saja harus pada saat yang tepat, misalnya saat ia bercerita mengenai pencapaiannya di sekolah, berikanlah ia pujian dan senyum tulus penuh penghargaan.

7. Ingat namanya

Photo by Pexels

Photo by Pexels via https://www.pexels.com

Tips terakhir ini terkesan sepele namun dapat berpengaruh besar pada kelangsungan percakapanmu dan hubunganmu kedepannya. Saat kamu mengingat nama lawan bicaramu mereka akan benar-benar yakin bahwa kamu memperhatikan kesuluruhan percakapan kalian dan tidak sekedar basa-basi untuk menghilangkan bosan.

Jadi, kamu harus benar-benar mengingat namanya ya guys, jangan sampai bertanya ‘siapa nama kamu?’ untuk kedua kalinya. Hal ini bisa menyebabkan rasa tersinggung padanya lho!

Nah, kita udah habis ngebahas tips-tips buat kamu yang kesulitan berteman dengan orang lain. Semoga 7 tips di atas bisa ngebantu kamu ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

une femme libre

CLOSE