8 Cara Ampuh Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa PD itu relatif, tergantung dirimu sendiri

Pernahkah kamu merasa kurang percaya diri? Rasa percaya diri itu subjektif berdasarkan persepsi kita terhadap diri. Tak perlu khawatir, ada banyak cara untuk meningkatkan rasa PD. Berikut ini 8 cara ampuh buat meningkatkan rasa PD-mu, dan bisa kamu coba loh!

Advertisement

1. Jangan lupa olahraga

Image by Nathan Cowley on Pexels

Image by Nathan Cowley on Pexels via https://www.pexels.com

Olahraga membuatmu sehat. Tubuh akan mengerahkan energi untuk berolahraga, sehingga kamu tidak punya energi terbuang yang akhirnya menyebabkan kecemasan. Tentunya juga, olahraga menjaga penampilan fisik yang juga penting untuk rasa percaya diri.

2. Buang rasa takut akan kegagalan

Photo by Adrianna Calvo on Pexels

Photo by Adrianna Calvo on Pexels via https://www.pexels.com

Musuh besarmu bukanlah kegagalan, melainkan rasa takut dan kekhawatiran yang mencegahmu untuk berusaha. Memikirkan tentang kegagalan dan kemungkinan-kemungkinan buruk hanya akan membuatmu semakin tidak PD. Singkirkan rasa takut akan kegagalan, dan mulailah melangkah.

Advertisement

3. Lakukan hal yang benar

Photo by mentatdgt on Pexels

Photo by mentatdgt on Pexels via https://www.pexels.com

Orang-orang percaya diri biasanya percaya pada nilai-nilai tertentu. Mereka tunduk pada sistem nilai itu dan membuat keputusan berdasarkan nilai yang mereka percayai. Hal ini membentuk karaktermu, dan kamu akan mudah bangga akan dirimu karena berpegang pada nilai-nilai yang baik

4. Selesaikan pekerjaan, penuhi targetmu

Photo by Bruce Mars on Pexels

Photo by Bruce Mars on Pexels via https://www.pexels.com

Rasa percaya diri terbangun atas pencapaian, baik besar maupun kecil. Mulailah dari hal kecil seperti menentukan goal harian, kemudian melaksanakannya. Misal, kamu berencana bangun pagi dan berolahraga, maka lakukanlah hal itu. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih baik dan percaya diri.

5. Monitor perkembanganmu

Photo by Moose Photos on Pexels

Photo by Moose Photos on Pexels via https://www.pexels.com

Dalam rangka mencapai goal-mu, terutama goal besar, akan lebih mudah jika kamu memecahnya menjadi langkah-langkah bertahap. Ikuti langkah-langkah tersebut, dan amati perkembangannya dari hari ke hari. Dengan begitu, kamu akan melihat perkembangan yang lebih nyata setiap harinya, sehingga lebih mudah membuatmu merasa lebih percaya diri.

Advertisement

6. Kadang, bersikap bodo amat itu perlu

Photo by Burst on Pexels

Photo by Burst on Pexels via https://www.pexels.com

Semua orang punya mulut dan pikirannya sendiri. Orang akan berkomentar tentang berbagai hal. Mungkin mereka akan berkomentar tentang status lajangmu atau pilihan kariermu. Jika kamu sudah yakin dengan jalanmu, maka lakukanlah. Tidak perlu menghiraukan komentar orang yang hanya akan menjatuhkan rasa percaya dirimu.

7. Mensyukuri pencapaian-pencapaianmu

Photo by Joshua McKnight on Pexels

Photo by Joshua McKnight on Pexels via https://www.pexels.com

Seringkali, kita merasa minder jika melihat orang yang lebih sukses. Mungkin kamu lulus dengan IPK 3,5, tapi anak tetangga lulus dengan IPK 3,9 plus tawaran kerja dari perusahaan besar. Jika kamu terus membandingkan pencapaianmu dengan pencapaian orang lain, maka tidak akan ada habisnya.

Cobalah untuk berhenti membandingkan pencapaianmu dengan pencapaian orang lain. Alih-alih, syukuri pencapaian-pencapaianmu dan bandingkan dirimu yang sekarang dengan yang lalu. 

8. Setiap orang ahli dalam sesuatu

Photo by Charles Wundengba on Pexels

Photo by Charles Wundengba on Pexels via https://www.pexels.com

Setiap orang hebat dalam sesuatu. Apa bakatmu? Mungkin kamu pandai memasak, menyanyi, atau menggambar. Memikirkan hal-hal ini bisa membantumu mengembalikan rasa percaya diri apabila kamu merasa kesulitan dan tidak bakat di suatu hal tertentu. Lagipula, tidak ada manusia yang serba bisa melakukan segalanya, bukan?

Ditulis oleh Fida Aifiya
Referensi:

https://www.forbes.com/sites/francesbridges/2017/07/21/10-ways-to-build-confidence/#95b12f13c594
https://au.reachout.com/articles/how-to-build-self-confidence

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE