8 Cara Hidup Bahagia oleh Buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Bersikap bodo amat jadi kunci untuk hidup lebih bahagia.

Pernahkah kamu bertanya-tanya, bagaimana ya cara untuk hidup bahagia? Rasanya kok masalah tak kunjung berhenti datang dan membuat hari-hari dipenuhi keluhan. Mark Manson, seorang blogger ternama asal New York, merangkum jawabannya dalam buku yang Ia terbitkan di tahun 2016. Buku dengan judul orisinil The Subtle Art of Giving a F*ck ini langsung mendapatkan predikat sebagai buku terlaris versi New York Times dan Globe and Mail. Judul yang cukup menarik berhasil memikat perhatian dan membuat kita berpikir bagaimana bisa bersikap bodo amat menjadi kunci untuk hidup bahagia.  

Di artikel ini, kita akan membahas tentang 8 cara untuk menjalani hidup yang lebih baik menurut buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat. Yuk kita simak!

Advertisement

1. Bersikap Masa Bodoh

Ada hal-hal yang tidak perlu dipedulikan

Ada hal-hal yang tidak perlu dipedulikan via https://www.freepik.com

Mungkin kamu bertanya-tanya apa yang sebenarnya ingin Mark sampaikan dari kalimat “bersikap masa bodoh”. Apabila kamu berpikir bahwa masa bodoh berarti apatis terhadap lingkungan sekitar, kamu salah besar. Buku ini ingin menyampaikan bahwa masa bodoh yang dimaksud adalah memilah dengan baik hal mana yang penting untuk kamu pedulikan dan mana yang tidak.

Perlu diingat bahwa hidup hanya sekali dan waktu kita pun tidak banyak. Hal-hal seperti memedulikan komentar orang lain mengenai pilihan yang kamu ambil hanya akan membuang-buang waktu dan energi berhargamu. Dengan mengetahui apa yang layak menjadi prioritas, kamu akan dapat hidup lebih bahagia. 

Advertisement

2. Meyakini Bahwa Kebahagiaan Datang dari Masalah

Menyelesaikan masalah jadi kunci untuk bahagia

Menyelesaikan masalah jadi kunci untuk bahagia via https://itchronicles.com

Dalam bukunya, Mark menggambarkan kebahagiaan sebagai suatu proses kerja yang konstan. Kebahagiaan bukanlah hal yang akan menjumpai kita secara tiba-tiba, tetapi merupakan hasil dari sesuatu yang berhasil kita pecahkan. Singkatnya, masalah lah yang membuat rasa bahagia itu ada. 

Jadi, ketika kamu sedang dalam masalah, berusahalah untuk menyelesaikannya terlebih dahulu daripada menyangkal atau menghindarinya. Mencoba melupakan masalah yang kamu punya tidak akan membuat kamu merasa lebih bahagia.

Sebaliknya, kamu akan merasa tidak tenang karena dibayang-bayangi oleh sesuatu yang belum terselesaikan. Maka dari itu, cara terbaik untuk bahagia adalah berani mengambil tindakan untuk menghadapi masalah yang ada. 

Advertisement

3. Jangan Terobsesi untuk Menjadi Istimewa

Jangan merasa paling hebat

Jangan merasa paling hebat via https://www.bizjournals.com

Sejak kecil, dunia seolah-olah mengajarkan bahwa kalau kamu tidak istimewa, maka kamu tidak berharga. Akhirnya orang-orang berlomba untuk menjadi sempurna dan istimewa. Padahal kalau dipikir itu hanya ego belaka. Nyatanya, tidak ada satu pun dari kita bisa dikatakan istimewa karena pasti akan ada satu hal yang kita tidak bisa. 

Ketika kamu berusaha meyakini bahwa dirimu sempurna, kamu malah tidak akan berbuat apa-apa dan merasa cukup. Hiduplah sebagai orang yang biasa-biasa saja. Orang-orang sukses di luar sana dapat berhasil bukan karena mereka menganggap diri mereka istimewa, justru mereka merasa banyak yang harus mereka pelajari dan kembangkan untuk menjadi orang yang lebih baik lagi.

4. Ingat Tujuan Akhir dari Perjuanganmu

Usahamu akan terbayar di akhir

Usahamu akan terbayar di akhir via https://www.thebalichannel.com

Ada harga yang harus dibayar untuk mencapai sesuatu. Itu petuah yang sudah kita sering dengar dari orang-orang sekitar. Hal itu memang benar adanya. Jika kamu ingin mendapatkan sesuatu dalam hidup, kami perlu berjuang keras untuk itu.

Kalau kamu merasa apa yang sedang kamu jalani ini berat, ingat lagi apa tujuanmu. Semua penderitaanmu sekarang akan terbayar dengan hasil dan nilai yang akan tercapai nantinya. Apabila ada makna besar dibalik perjuanganmu, maka kamu pasti akan sanggup menahan derita yang ada. Semangat ya para pengejar mimpi!

5. Selalu Pilih Sisi Terbaiknya

Pilih yang terbaik untuk dirimu

Pilih yang terbaik untuk dirimu via https://neilpatel.com

Hidup memang akan selalu ada masalahnya. Mulai dari masalah kecil yang tidak terlalu berarti, hingga masalah besar yang membuat kita ingin melarikan diri. Ketika kamu menghadapi suatu masalah, pilihanmu akan ada dua. Menangis berlarut-larut karenanya atau sadar bahwa kamu tidak bisa diam saja dan harus melakukan sesuatu untuk menyelesaikannya. Itu pilihannya. 

Kita akan menemukan banyak pilihan dalam hidup karena kita yang memegang kendali atas diri kita sendiri. Pilihan kamu untuk menangis atau tertawa, dan dendam atau mengampuni. Jadi pastikan kamu selalu pilih jalan terbaiknya. Pikirkan apa yang tidak akan kamu sesali kedepannya.

6. Jangan Mengejar Kepastian

Photo by Juan Pablo Serrano Arenas from Pexels

Photo by Juan Pablo Serrano Arenas from Pexels via https://www.pexels.com

Nyatanya, kepastian itu fana dan terobsesi untuk mengejar kepastian justru akan membuat segalanya menjadi terasa tidak pasti. Sebaliknya, ketidakpastian membuat kita merasa lebih merdeka dari penilaian dari masyarakat dan penilaian terhadap diri sendiri. Ini adalah hukum kebalikan.

Ketidakpastian menjadi alasan kenapa kita semakin maju dan bertumbuh dalam hidup. Rasa tidak pasti itu lah yang menuntun kita dalam mencari peluang baru untuk menemukan nilai-nilai lain dalam hidup yang membuat kita berkembang. Karena itu, jadilah tidak pasti dan selalu berangkat dari ketidaktahuan untuk belajar.

7. Jangan Pernah Takut Gagal

Kegagalan membuat kamu makin kuat

Kegagalan membuat kamu makin kuat via https://www.helpguide.org

Kunci dari sukses itu kegagalan, karena tidak mungkin kita dapat mencapai puncak kalau tidak melewati rintangan di bawahnya. Kegagalan yang kamu alami tidak akan membuat kamu jatuh. Kamu mungkin akan jatuh atau tergelincir di tengah jalan, tetapi itu tidak membuatmu menyerah. Dari situ kamu terdorong untuk bangkit lagi dan belajar untuk menghadapi rintangan yang sama seperti sebelumnya.

Kalau sekarang kamu mau memulai tapi masih ragu-ragu, lakukan saja. Kamu tidak akan tau kalau tidak pernah mencoba. Memang prosesnya tidak akan mulus dan dihiasi oleh kegagalan. Namun gunakan kegagalan itu untuk lebih kuat dan lebih tangguh.

8. Berani Berkata Tidak

Jangan jadi people pleaser ya

Jangan jadi people pleaser ya via https://suara.com

Coba ngaku, apakah kamu termasuk people pleaser? Kalau iya, percayalah, kamu hanya buang-buang waktu dan tenaga. Kamu harus ingat bahwa kamu hidup untuk dirimu sendiri, bukan untuk menyenangkan atau memenuhi ekspektasi orang lain.

Beranikan diri untuk berkata tidak pada hal-hal negatif atau hal-hal yang tidak kamu sukai. Dengan bersikap tegas dalam hal “ya” dan “tidak”, kamu akan mempunyai batasan yang jelas dalam hidupmu. Kamu akan mampu memilah mana yang patut dijadikan prioritas dan mana yang tidak terlalu penting untung dipedulikan. 

Nah, itu dia 8 tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat hidup lebih bahagia. Terlihat gampang sih, tapi melakukannya lebih sulit dari membicarakannya. Semangat ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Mahasiswi komunikasi yang lagi belajar nulis.

CLOSE