Bencana alam, khususnya gempa memang tidak bisa diprediksi dari awal. Gempa sering membuat orang-orang menjadi cemas dan takut. Bagaimana tidak, dalam kurun waktu singkat saja, sebuah pemukiman bisa rata akibat gempa.

Apalagi jika gempa terjadi pada malam hari, tentu saja hal ini akan menambah rasa khawatir itu. Sebab biasanya ketika ada gempa, listrik pun menjadi padam. Bisa dibayangkan sendiri bagaimana bingungnya orang-orang ketika gempa di malam hari tanpa penerangan.

Namun, kembali lagi itu adalah sebuah bencana yang tidak bisa diprediksi dan tidak bisa dihindari. Yang bisa kamu lakukan hanyalah berusaha menyelamatkan diri. Jangan memikirkan harta benda terlebih dahulu, sebab nyawa lebih berharga dari segalanya.

Nah, buat kamu yang sedang dilanda bencana ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar kepanikan dan rasa takut segera hilang. Apa saja tips tersebut? Berikut di antaranya!

1. Usahakan diri untuk tetap tenang

tindakan setelah bencana

tindakan setelah bencana via https://imgix.bustle.com

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang, jangan panik. Kepanikan inilah yang terkadang menjadi momok bagi para korban bencana alam. Sehingga mereka sering melakukan berbagai cara untuk bertahan hidup, misalnya menjarah. Padahal, di sana pasti ada relawan yang pasti akan membantu. Tenanglah agar segala proses bantuan dapat berjalan dengan lancar.

2. Jike memungkinkan, ambil barang yang tersisa di rumah

Jika memang rumahmu tidak benar-benar rata dengan tanah, lihatlah dan cari sisa-sisa barang yang menurutmu perlu untuk diambil dan disimpan. Usahakan saat mengecek rumah pada pagi atau siang hari saja karena penerangan yang cukup akan meminimalisir bahaya atau gempa susulan. Namun, kamu harus tetap berhati-hati dan ikuti pengarahan dari pihak yang dapat dipecaya seperti Basarnas.

3. Usahakan untuk tetap tertib saat diberikan pengarahan atau saat pembagian bantuan

tindakan setelah bencana

tindakan setelah bencana via https://v-images2.antarafoto.com

Advertisement

Hal ini akan membantu proses pemberian bantuan agar berjalan dengan tertib dan terbagi rata. Sangat disarankan untuk tidak saling menyerobot, karena dapat menyebabkan kerusuhan antar pengungsi.

4. Makanan yang dibagikan oleh para relawan sebaiknya digunakan dengan bijak

tindakan setelah bencana

tindakan setelah bencana via http://cdn2.tstatic.net

Dalam kondisi seperti ini pasti akan sangat menguras tenaga, sehingga memerlukan asupan yang baik. Saat perut sudah merasa kosong, maka makanlah sesuatu makanan yang sudah diberikan. Jangan menunda-nunda agar tidak sakit. Karena penting untuk menjaga kesehatan saat dalam kondisi seperti ini. Begitu juga dengan minum, usahakan agar tetap menjaga kondisi cairan dalam tubuh kamu agar tidak terjadi dehidrasi.

5. Mintalah obat-obatan umum kepada para relawan atau pihak yang bertanggung jawab di sana

tindakan setelah bencana

tindakan setelah bencana via https://img.okeinfo.net

Saat sudah merasa tidak enak badan segeralah untuk mengonsumsi obat atau periksakan ke dokter terdekat. Yang pasti di setiap pengungsian ada perwakilan dari dokter/perawat. Ini bertujuan untuk mengantisispasi agar pengungsi tetap dalam kondisi sehat.

6. Nggak perlu malu untuk meminta bantuan berupa pakaian

tindakan setelah bencana

tindakan setelah bencana via http://cdn2.tstatic.net

Advertisement

Saat datang bantuan untuk pakaian, maka kamu jangan segan untuk menerimanya. Gantilah pakaianmu dengan pakaian yang lebih bersih yang mampu untuk melindungi tubuh kamu dari panas, dingin, dan hal yang lainnya.

7. Gunakan waktu sebaik mungkin

tindakan setelah bencana

tindakan setelah bencana via https://img.alinea.id

Saat kamu berada dalam pengungsian usahakan untuk tetap menggunakan waktu sebaik mungkin. contohnya saat waktu untuk tidur, maka tidurlah. Saat waktunya makan, maka makanlah. Begitu seterusnya. Dengan begitu kamu bisa menjaga kondisi tubuh agar tetap fit.

8. Ikhlas dan berpasrah

tindakan setelah bencana

tindakan setelah bencana via https://muslimah.or.id

Segala sesuatu yang terjadi pasti sudah digariskan dan memiliki alasan yang terbaik. Oleh sebab itu, berusahalah untuk ikhlas dan menerima serta tetap optimis untuk melanjutkan kehidupan. Jangan menyerah dan tetap kuat, yakinlah bahwa hal baik akan segera datang.

Cara hidup dalam kondisi darurat seperti inilah yang mampu mendukung keadaan agar bisa menjadi lebih baik dan tertib. Jika semua orang mampu untuk kerjasama, tenang, dan terib, maka bantuan yang diberikan pasti akan terbagi dengan rata.

Sehingga tidak perlu khawatir kekurangan atau hal lainnya. Karena kita semua saudara dan saling membantu itu indah. Uwaaa sungguh damai dunia ini jika setiap orang mampu untuk saling menjaga satu sama lain.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya