Ready Player One baru saja dirilis. Film ini seakan-akan menjadi hadiah paskah dari Steven Spielberg bagi para pencari Easter Eggs. Lalu, apa saja Easter Eggs yang ada di film ini? Berikut adalah 8 Easter eggs yang mungkin kamu lewatkan

1. Batman

Batman Arkham Knight

Batman Arkham Knight via http://pureplaystation.com

Seperti yang dijelaskan oleh Parzival, di OASIS, kita bisa mendaki gunung Everest bersama Batman. Pendakian bersama ini adalah perwujudan dari gambaran lama tentang Batman dan Robin yang memanjat gedung dengan menggunakan tali yang sama.

Selain itu, banyak sekali elemen Batman yang bertebaran di film ini. Salah satu penjahat Batman yaitu Harley Quinn bahkan memiliki dialog di film ini. Di tempat dansa, kita bisa menjumpai Harley Quinn sedang berdansa dengan Joker.

Advertisement

Lalu, di perang terakhir, kita dapat menjumpai Catwoman di antara para pemberontak. Selain Catwoman, tampak sekilas kepala dari Arkham Knight/Jason Todd saat akan menyerang istana terakhir.

2. Knight Rider

Mobil Knight Rider

Mobil Knight Rider via http://www.autofoundry.com

Mungkin banyak dari kalian yang sudah bisa menebak bahwa mobil yang digunakan oleh Parzival saat balapan adalah mobil mesin waktu yang ada di film Back to The Future.

Tapi, mobil Parzival juga memiliki segaris lampu merah di bagian depannya. Lampu ini adalah ciri khas dari Knight Rider. Dengan kata lain, mobil Parzival adalah gabungan dari dua mobil ikonik pada zamannya.

3. Superman Jahat

Superman

Superman via https://kotaku.com

Advertisement

Avatar yang digunakan di OASIS biasanya terinspirasi oleh pop-culture. Begitu pula avatar yang digunakan Nolan Sorrento. Avatar milik Sorrento adalah pria dengan otot yang sangat padat, dagu yang sangat kokoh, dan potongan rambut yang memiliki satu gelombang di depan. Siapa lagi kalau bukan Superman?

Superman menjadi sosok yang tepat untuk menggambarkan Nolan Sorrento. Superman tidak begitu menguasai teknologi. Superman juga bisa menjadi sosok yang sangat jahat seperti yang ada di Injustice. Dan mengingat begitu banyak Batman yang melawan Sorrento, nampaknya Superman memang cocok ia gunakan sebagai avatar.

4. Street Fighter

Street Fighter V

Street Fighter V via https://www.redbull.com

Selain Arkham dan Overwatch, salah satu game yang sering muncul di Ready Player One adalah Street Fighter. Kita bisa menjumpai Ryu, Chun-Li, Blanka, dan lainnya berjalan-jalan di OASIS. Bahkan pada akhirnya, Parzival menggunakan Hadouken, jurus khas dari Street Fighter untuk melawan Nolan Sorrento.

5. Holy Hand Grenade of Antioch

Holy Hand Grenade

Holy Hand Grenade via https://www.wired.com

Jangan ngaku pecinta komedi kalau belum nonton Monty Python and The Holy Grail. Film klasik ini memiliki banyak sekali hal lucu yang ikonik. Salah satunya adalah Holy Hand Grenade of Antioch.

Bedanya, di film Ready Player One, benda ini tidak lagi digunakan untuk membunuh kelinci. Kehadiran benda ini dipastikan akan sangat membuat penonton terhibur, terutama yang udah nonton Monty Python and The Holy Grail.

6. Mortal Kombat

logo mortal kombat

logo mortal kombat via http://logonoid.com

Memang di Ready Player One, banyak sekali adegan saling membunuh, tapi tidak sekejam di game Mortal Kombat. Namun beberapa kali referensi Mortal Kombat muncul. Stiker Mortal Kombat ada di gear milik Daito. Di tempat hadiah terakhir, Naga mortal kombat menjadi tahta telur emas.

Lalu, ketika Xo diajak berpelukan, Xo menjawab, "Ninja don't hug" Jelas referensi ninja di sini bukan ninja seperti Naruto yang sentimentil dan emosional, tetapi ninja yang super dingin seperti sub-zero di Mortal Kombat.

7. Say Anything

Man with a Boombox

Man with a Boombox via http://mentalfloss.com

Film Say Anything dirilis tahun 1989 dan masih menjadi inspirasi bagi banyak film hingga sekarang. Adegan Lloyd menyalakan boombox ini adalah salah satu adegan paling ikonik di dunia perfilman. Dan pose ini ditirukan oleh Parzival untuk mengawali perang terakhir.

8. Death of Terminator

Masih ingatkah kalian dengan Arnold Schwarzenegger sang terminator? di Terminator 2, ia tenggelam di kobaran api dengan jempol diacungkan. Gugurnya Iron Giant di Ready Player One memiliki pose yang sama. Kebetulan? Tentu tidak.

Well, itu dia Easter Eggs yang mungkin kamu luputkan di film Ready Player One. Mungkin masih banyak Easter Egg lain yang bisa kalian temukan. Apa Easter Egg favoritmu? Aku sih Gundam. hehe. Kasih tau di komentar ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya