Cinta adalah sebuah hasrat di mana seseorang menyayangi dengan tulus terhadap pasangan, dengan mewujudkan itu terkadang memang diperlukan adanya sebuah pengorbanan, agar cinta yang kamu miliki terlihat tulus. Tapi, tidak semua pengorbanan itu selalu berakhir bahagia, ada di mana kamu harus berfikir bijak dengan pengorbanan itu sendiri. Agar pertanyaan kenapa dengan cintaku? Apa yang salah dari cintaku? tidak bermukim di benakmu, dan setiap kali kamu menjalin sebuah hubungan tidak selalu dalam kegagalan.

Belajar dari kesalahan dan mengkaji ulang adalah hal yang positif, agar cinta yang baru bisa lebih baik dari sebelumnya. Di sini ada 8 kesalahan yang biasa dilakukan dalam sebuah hubungan.

1. Tidak jujur kepada diri sendiri

Mungkin terkadang kamu merasa takut atau naif jika pasanganmu terlalu berlebihan dalam memberi toleransi atau terkekang akan sebuah aturan. Daripada hal itu akan membuat layaknya sebuah bom waktu, yang sesaat bisa saja meledak, lebih baik bicarakan apa yang kamu rasakan kurang nyaman. Membohongi diri sendiri adalah sesuatu yang fatal dalam membina hubungan, kebohongan demi kebohongan pun akan tercipta.


Lebih baik disakiti dengan kejujuran daripada dibahagiakan dengan kebohongan.


Advertisement

Jujur adalah hal terbaik, daripada kamu menutupi rasa ketidaknyamanan kamu. Saling terbuka dengan apa yang kamu rasakan, suka atau tidak.

2. Cinta selalu membutuhkan waktu

Cinta membutuhkan sebuah waktu

Cinta membutuhkan sebuah waktu via https://www.pexels.com

Mungkin kamu lupa dengan hal yang satu ini, di mana cinta itu selalu membutuhkan waktu dan tidak bisa kita anggap instan. Waktu untuk saling mengenal, waktu untuk saling berkembang, waktu untuk saling meyakinkan. Kebanyakan cinta jaman sekarang memang super instan, dengan hanya saling bertatap muka dan suka, maka jadilah pasangan. Tapi, sesungguhnya hubungan yang seperti itu adalah sebuah kekeliruan, di mana cinta harus membutuhkan waktu untuk saling meyakinkan antara kamu dan pasanganmu. Secepat kamu berhubungan, maka secepat itu pula kamu gagal.

3. Membina hubungan tanpa adanya rasa sahabat

Best friend

Best friend via https://www.pexels.com

Saat kamu jatuh cinta, kamu tentu akan sangat meraskan sayang yang begitu kuat dan dalam. Tetapi ada hal yang harus kamu ingat, di mana hubungan juga memerlukan sebuah candaan layaknya kamu menjalin persahabatan. Ada hal yang harus kamu perhatikan, bukan hanya sekedar fisik, tapi kepribadiannya. Perhatikan apa yang pasangan kamu butuhkan dan apa yang pasangan kamu benci.

4. Menggantungkan kebahagiaan kita terhadap pasangan

Cinta bahagia

Cinta bahagia via https://www.pexels.com

Advertisement

Banyak yang berasumsi, jika kebahagiaan kita adalah selalu bergantung kepada pasangan, maka hal yang harus kamu lakukan adalah dengan tidak menganggap hal demikian adalah benar. Karena pada dasarnya, rasa bahagia adalah dari diri sendiri, karena pasangan kamu tidak selalu membuat bahagia. Ada kalanya kamu harus beralih dan bukan menjadikan pasanganmu menjadi satu-satunya yang kamu lihat. Jika begini, kamu akan kehilangan pandangan serta wawasam dalam sebuah pemikiran.

5. Terlalu lupa diri dengan pasangan

Mungkin kamu lupa diri jika sedang di mabuk cinta, rasa kangen dan rasa setiap saat ingin bertemu atau menelepon memang hal yang menggebu. Walau dalam beberapa saat kita bertemu, tapi rasa ingin selalu dekat dengannya membuat kamu lupa, bahwa ada hal yang harus kamu perhatikan. Karena pasangan tidak selalu membuat kamu bahagia, ada kalanya kamu juga akan jenuh, maka solusi yang tepat adalah teman. Setidaknya saat kamu sedang jatuh cinta, sisihkan sedikit waktu untuk temanmu, agar persahabatan kalian tidak terganggu. Karena, teman dan pasangan adalah hal yang harus kamu perhatikan.

6. Hubungan sama dengan sex adalah hal yang paling fatal

Cinta bukan nafsu

Cinta bukan nafsu via http://www.vigrxplusguide.com

Jangan pernah kamu sekalipun menganggap sex adalah hal yang lumrah dalam sebuah hubungan, jangan jadikan hubungan kamu sebagai objek sex. Walau pasangan kamu atau kamu rela menyerahkan tubuh, maka itu bukan menjadi sebuah jaminan bahwa pasangan kamu akan setia. Jangan biarkan sebuah hubungan sebagai arena kebahagiaan akan sex, tapi jadikanlah sebuah hubungan yang didasari saling sayang dan setia, serta menjaga satu sama lain. Bukankah pasangan yang baik adalah menjaga apa yang sudah dilarang oleh Tuhan? Jadi, berfikirlah bijak dan bukan menjadikan pasangan sebagai ladang maksiat.


Jangan cintai aku

Karena nafsumu


Jangan buat pasangan menjadi bahan kenikmatan, karena itu tidak menjamin langgengnya sebuah hubungan. Karena cinta yang baik adalah bukan berdasarkan karena nafsu semata.

7. Mengutamakan paras dan fisik

Tampan dan cantik

Tampan dan cantik via https://www.pexels.com

Ini adalah hal yang paling sering terjadi, kecantikan atau ketampanan seolah menjadi sesuatu yang paling utama. Padahal, itu jelas tidak menjamin setianya pasangan kamu. Cantik hati adalah segalanya bahkan itu lebih baik daripada cantiknya sebuah fisik.

8. Selalu melakukan kesalahan yang sama

Kesalahan yang sama

Kesalahan yang sama via https://malesbanget.com

Cobalah untuk menginstropeksi diri kamu sendiri, agar tidak lagi melakukan kesalahan yang sama dalam membina sebuah hubungan. Belajar dari kesalahan agar kedepannya bisa lebih baik dan tidak lagi dalam kegagalan.

Sejenak bercermin di mana letak kesalahan-kesalahan kamu, agar dalam membina suatu hubungan yang baru tidak lagi ada kata kegagalan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya