Hidup memang tidak mudah. Dan tidak akan ada jaminan bahwa apa yang kita lalui dan kita hadapi nanti adalah suatu hal perkara yang kecil. Hidup itu berat, dan hidup itu selalu sulit untuk ditebak. Semesta selalu memberikan banyak kejutan untuk setiap manusia di dalamnya. Dan semua orang pasti pernah mengalami fase dimana hidup seakan sangat membingungkan, dan tidak tahu apa yang harus kita lakukan.

Bahkan, seringkali kita merasa bahwa ada yang salah dalam hidup kita, bukan. Bukan hanya itu saja, terkadang kita merasa bahwa kita tidak berguna, dan selalu salah dalam hidup kita. apapun yang kita lakukan bisa jadi selalu salah bagi sebagaian orang terdekat kita. 

Kalau kamu mengalami itu semua saat ini? Percayalah, kamu tidak sendiri. Kamu masih memiliki dirimu sendiri dan hidupmu, dan itu cukup membuktikan bahwa kamu tidak akan sendiri selama ada keyakinan penuh di dalam dirimu.

Cobalah sesekali tanyakan 8 hal sederhana ini dikala kamu dilanda rasa terpuruk yang teramat dalam.  Jangan sampai keterpurukan yang kamu alami saat ini membuatmu jauh dari norma hidup yang benar. Akalmu harus tetap sehat, logiku harus tetap kuat agar kamu bisa bangkit lagi bagaimanapun caranya. Sama sepertiku, aku pun kini mulai bangkit kembali. Dan aku percaya, kamu pun juga akan bangkit lagi bagaimanapun caranya.

1. "Apa yang membuatku begitu terpuruk dan hancur? Apakah aku yang terlalu lemah? Atau, ini hanya rasa sesaat saja?"

merasa bersalah

merasa bersalah via https://www.unsplash.com

Apakah masalahmu yang membuatmu merasa seperti di kondisi saat ini, atau dirimu sendiri yang merasa buruk akan masalahmu? Karena itu adalah dua hal yang berbeda,guys. Kamu hanya perlu mencari tahu mana yang paling menggambarkan dirimu saat ini.

Advertisement

Kamu bisa mulai dengan cara mencari tahu apa yang membuatmu terluka, apa yang membuatmu sedih, apa yang membuatmu merasa bahwa kamu merasakan hal ini? Setelahnya kamu dapat mengobati setiap luka dari perasaanmu secara perlahan.

2. "Adakah yang salah dari perbuatanku? Atau jangan-jangan, aku telah menyakiti orang lain di masa lalu?

mempertanyakan diri sendiri

mempertanyakan diri sendiri via https://www.google.com

Dalam hal ini, ada baiknya untuk kamu bertanya pada dirimu sendiri sebagai bahan untuk berbenah diri. Mungkin bisa saja bahwa selama ini kamu terlalu egois dengan cara mementingkan dirimu sendiri hingga kamu tanpa sadar telah menyakiti beberapa pihak disekitarmu. Atau bisa jadi, bahwa selama ini kamu telah mengambil langkah yang salah.

Ada baiknya untuk kamu mengoreksi segala kemungkinan kesalahan yang telah kamu perbuat agar kamu tetap melangkah menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. 

3. "Apa yang bisa aku lakukan supaya hati ini lebih sabar? Haruskah aku lebih mendekatkan diri pada Tuhan dan introspeksi diri?

perasaan lebih baik

perasaan lebih baik via https://www.google.com

Advertisement

Mungkin bagi sebagian besar orang, betranggapan bahwa hal ini sedikit konyol untuk didengar. Tapi percayalah, hal ini sangat bekerja dan efektif untukmu. Semisal, apa yang membuatmu merasa lebih baik dengan cara sederhana? Baca buku, pergi ke suatu tempat tanpa ada yang mengganggu, makan cokelat, menangis, berteriak, minum kopi, atau apaun, anything else.

Lakukan guys, lakukan semua hal yang kamu rasa dapat membuatmu merasa lebih baih baik. Kamu bisa, kamu pasti bisa. Dan untuk membuatmu merasa lebih baik, terkadang datang dari hal kecil.

4. "Oh aku lupa, apa ya yang aku prioritaskan di hidup ini? Aku takut, kalau hidup yang cuma sekali ini justru tak bertujuan…"

Bagian terpenting

Bagian terpenting via https://www.google.com

Untuk perihal ini,cari bagian itu dan hiduplah dengan bagian itu. Kamu harus tahu apa yang paling penting dan yang terpenting dalam hidupmu dan untuk hidupmu, agar kamu bisa bergantung padanya. Bila memang jawabannya adalah dirimu sendiri, maka kamu juga harus bergantung pada dirimu sendiri.

Buatlah dirimu setangguh mungkin, karena kamu tahu bahwa dirimu akan melweati banyak hal yang setiap permasalahannya tak mungkin kamu gantungkan kepada orang lain.

5. "Apakah kamu terlalu cepat menyerah sehingga terkesan kalah? Ah, aku harus berusaha lebih keras lagi!"

Bertanya pada diri sendiri

Bertanya pada diri sendiri via https://www.google.com

Pernahkan sesekali kalian menanyakan pada diri kalian sendiri, kapan terakhir kali kali kalian mencoba? Bila sudah terlalu lama kalian tidak mencoba, maka ini adalah kesempatan baik untuk kalian kembali. Aku yakin guys, bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk kalian mendapatkan hal terbaik yang bisa kalian raih untuk hidup kalian. 

6. "Hmm, mungkin saja aku terlalu memaksakan kehendak. Aku lupa, bahwa aku ini hanya manusia biasa"

intropeksi diri

intropeksi diri via https://www.google.com

Cobalah sesekali menayakan hal ini pada dirimu sendiri. Tanyakan apakah dirimu telah melakukan banyak hal dari apa yang seharusnya kamu lakukan? Atau bahkan kamu telah berharao lebih banyak tabpa melakukan apapun? Tolong, cobalah kalian untuk menganalisa perihal tersebut satu persatu pada hidup kalian.

Kalaupun pada kenyataanya bahwa selama ini kamu sudah terlalu berharap, mungkin saat ini adalah waktunya untuk berhenti. Perlu kamu ketahui, bahwa terkadang rasa sakit itu datang karena kamu berharap terlalu tinggi. 

7. "Apakah aku telah melakukan semua ini dengan maksimal? Bisa saja, Tuhan sedang memberikan ujian…"

intropeksi diri

intropeksi diri via https://www.google.com

Mungkin selama ini kita belum cukup berusaha sehingga kita mendapatkan hasil yang jauh dari ekspetasi kita. Atau kita tidak benar-benar cukup paham bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Dan tidak akan ada kesuksesan sebelum kita melewati sebuah proses. Kita tidak akan pernah merasa benar – benar hidup bila kita belum melewati apa yang dinamakan 'terpuruk'. 

Dan ketika kamu mengalaminyta, tidak apa. Semua orang pasti akan mengalaminya, dan tugasmu adalah kamu harus mampu melewati masa itu.

8. "Siapa yang layak aku bagi kesedihan ini? Ya, aku butuh teman bercerita supaya tidak makin menderita!"

tentang kita

tentang kita via https://www.google.com

Untuk perihal ini, percaya atau tidak kamu membutuhkan seseorang untuk disampingmu. Paling tidak seseorang yang bisa kamu percayai untuk membuatmu merasa lebih baik, untuk membuat logikamu tetap baik. Kamu membutuhkan seseorang untuk mendengarkan ceritamu tanpa menghakimimu, tanpa memojokanmu, karena kamu membutuhkan seseorang untuk mendengarkan itu. 

Pesanku hanya satu, jangan menyerah. Sesulit apapun itu, bagaimanapun kondisimu. Meskipun terkadang kamu merasa bahwa tidak ada satu hal baikpun yang kamu miliki didunia ini, jangan menyerah. Kamu harus mampu bangkit untuk melewati ini semua. Kamu harus mampu membuktikan pada dirimu sendiri bahwa kamu merupakan pribadi yang kuat, bahkan lebih kuat dari masalah yang menerpamu. Kamu bisa, dan aku pun yakin bahwa kamu kamu mampu. Kamu yang dapat memnciptakan peluang untuk tetap berdiri kokoh, kalau kamu mau.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya