Secara umum, mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang apa itu Stadium Tour atau Tur Stadion. Namun, bagi pecinta bola, terlebih lagi pecinta Premier League (salah satu kompetisi sepak bola terbesar di dunia), Stadium Tour atau Tur Stadion bisa di bilang seperti kunjungan sakral yang begitu diidamkan.

Kok bisa? Apa menariknya berkunjung ke stadion? Kan sama saja dengan stadion di Indonesia?

Eits, tunggu dulu, memang benar secara sederhana Stadium Tour atau Tur Stadion adalah kunjungan khusus ke stadion tim sepak bola, datang melihat dan berkeliling, mampir ke museum untuk melihat piala dan sejarah, mampir ruang ganti pemain, dan mengenal sejarah klub kesayangan. Namun, tentu bagi pecinta bola, dengan mengunjungi markas tim kesayangan adalah bagai kunjungan ke rumah pacar saat kencan pertama kali. Begitu mendebarkan dan penuh emosi yang meluap-luap. Seperti euphoria fans K-Pop ketika bertemu idolanya, atau jika boleh sedikit lebay, Stadium Tour ini seperti Mekkahnya pecinta sepak bola.

Tur keliling stadion ini tak hanya sebatas wisata sejarah dan belanja, namun kamu juga bisa sekalian berkeliling area sekitar stadion dan kota, lalu mampir ke beberapa kedai atau bar tim kesayangan. Oh iya, kabar baiknya, di London sendiri ada 6 klub sepak bola profesional asal London yang tentunya sangat layak dikunjungi. Sebut saja Arsenal, Chelsea, Tottenham Hotspurs, West Ham United, Fulham, dan Queen Park Rangers. Belum lagi tim besar yang mendominasi piala Premier League, Manchester United.

Selain 7 tim tadi, masih ada banyak tim lain dengan stadion megah yang melambai lembut mengajakmu berkencan disana.

Penasaran dengan rekomendasi Tour Stadion terbaik di Inggris Raya? Yuk simak berikut ulasanya!

1. STAMFORD BRIDGE STADIUM – CHELSEA F.C.

Stamford Bridge Stadium, pada tanggal 2 Juli 2003 sebelum Roman Abramovich resmi menjadi pemilik tunggal Chelsea, siapa yang menyangka jika Chelsea akan menjadi salah satu klub raksasa Inggris. Berbagai piala bergengsi baik Premier League, FA, piala Carling, bahkan piala Europa League dan Champions League telah dipeluk erat oleh klub yang identik dengan warna biru ini. The blues, sebutan untuk tim yang kini memiliki pembengkakan jumlah fan base (penggemar) yang luar biasa sejak Abramovich menjadi pemiliknya, semenjak piala-piala silih berganti hilir mudik mengisi almari piala mereka.

Jadi, Stamford Bridge menjadi salah satu stadion yang sangat layak kamu kunjungi jika berkesempatan berkunjung ke kota London. Oh iya, kamu juga perlu tahu betapa megahnya interior dan struktur bangunannya. Tak heran juga jika stadion ini sering disebut "The Bridge" oleh penggemar klub tersebut dan memiliki apasitas 41.837 kursi penonton.

Advertisement

Alamat : Fulham Rd, Fulham, London SW6 1HS, Inggris Raya

Situs resmi : http://bit.ly/TOURChelsea

2. EMIRATES STADIUM – ARSENAL F.C.

Emirates Stadium, markas tim raksasa inggris lainya di kota London. Tempat penuh sejarah di mana tokoh-tokoh dengan kosistensi tinggi berkumpul disana seperti Arsene Wenger, Thierry Henry, Cesc Fabregas, Mezut Ozil, nama-nama yang begitu familiar bahkan bagi mereka khalayak umum yang notabene tak begitu suka bola. Terkhusus untuk Arsene Wenger, ia adalah manager tim yang melatih Arsenal sejak 1996 (21 tahun lebih, cuy).

Advertisement

Berbagai gelar bergengsi telah dimiliki Arsenal FC. Termasuk ketika Arsenal dinobatkan sebagai The Invincible Arsenal karena mampu menjadi juara Liga Inggris dengan berhasil memenangi Liga Inggris tanpa terkalahkan pada tahun kompetisi 2003/2004. Hal ini merupakan pekerjaan yang jauh lebih rumit bagi The Gunners (sebutan untuk Arsenal FC).

Wajar saja jika penggemar Arsenal hingga kini begitu luar biasa banyak dan loyal terhadap tim kesayangannya ini. Arsenal juga dikenal sebagi tim yang konsisten sebagai "The Big Four", julukan untuk tim-tim yang meraih peringkat 4 besar di akhir musim. Stadion Emirates sendiri berkapasitas penonton sebanyak 59.867 kursi.

Alamat : Hornsey Rd, London N7 7AJ, Inggris Raya

Situs resmi : http://bit.ly/TOURarsenal

3. OLD TRAFFORD STADIUM – MANCHESTER UNITED F.C.

Manchester United

Manchester United via https://www.google.co.id

Old Trafford Stadium, dijuluki "The Theatre of Dreams" dan telah menjadi markas Manchester United sejak 1910. Stadion epic yang berlokasi di Old Trafford, Greater Manchester, Inggris, dan merupakan markas klub sepak bola Manchester United dengan kapasitas 74.994 kursi penonton.

Manchester United sendiri adalah tim raksasa Liga Inggris yang begitu mendominasi dalam 20 tahun terakhir, terutama ketika masih dalam sentuhan magic Sir Alex Ferguson, sebelum akhirnya ia resmi menyatakan pensiun sebagai pelatih Manchester United pada 9 Mei 2013.

Puluhan tropi bergengsi telah diraih The Red Devil, julukan lain bagi Manchester United. Saking berjayanya, tentu penggemar United terus melonjak hingga saat ini. Belum lagi karena hebatnya tim ini mengorbitkan pemain-pemain fantastis seperti Cristiano Ronaldo, Wayne Rooney, David Beckham, Eric Cantona, Edwin Van Der Saar, Rio Ferdinand, Rud Van Nistelrooy. Tentunya dengan deretan pemain bintang ini United diuntungkan dalam bisnis pasar baik dalam iklan, sponsor, penjualan jersey dan member fan base.

Kamu yang ngaku pecinta bola, tentu tak akan menolak jika memiliki kesempatan singgah di Inggris Raya. Menyempatkan berkunjung ke Old Trafford Stadium tentu menjadi pilihan tepat untuk menikmati liburan sembari bertamu di salah satu klub besar di Inggris, bahkan di Dunia.

Alamat : Sir Matt Busby Way, Stretford, Manchester M16 0RA, Inggris Raya

Situs resmi : http://bit.ly/TOURManUnited

4. ANFIELD STADIUM – LIVERPOOL F.C.

The Anfield Stadium, adalah nama stadion yang berlokasi di kota Liverpool, Inggris. Stadion yang merupakan kandang bagi klub sepak bola Liverpool F.C. yang didirikan pada tahun 1892. Kapasitas kursi penonton di Anfield Stadium memang tak sebesar Old Trafford Stadium, yaitu hanya 54.074 kursi. Namun untuk catatan sejarah, kuantitas penggemar, dan kebesaran nama Liverpool F.C. tak dapat kau pandang sebelah mata.

Liverpool telah memenangkan 5 trofi Liga Champions UEFA, dan merupakan klub dengan pemegang gelar juara Liga Champions terbanyak di Inggris Raya. Tentu hal ini menjadi alasan mengapa penggemar Liverpool benar-benar banyak, baik di Inggris, di Indonesia, bahkan di dunia.

Selain megahnya Anfield Stadium, kamu juga bisa sekalian berkeliling di kota Liverpool, termasuk mampir ke The Beatles Story, sebuah museum yang didedikasikan untuk mengenang The Beatles, grup musik legendaris dunia yang berasal dari Liverpool.

Alamat : Anfield Rd, Liverpool L4 0TH, Inggris Raya

Situs resmi : http://bit.ly/TOURLiverpoolFC

5. ETIHAD STADIUM – MANCHESTER CITY F.C.

Manchester City

Manchester City via https://www.google.co.id

Stadion City of Manchester yang kini bernama Etihad Stadium (karena alasan sponsor), merupakan stadion sepak bola salah satu klub terkaya Inggris dan dunia. Stadion ini digunakan sebagai markas klub sepak bola Manchester City sejak tahun 2003. Stadion ini memiliki kapasitas kursi penonton sebanyak 55.097 kursi.

Dalam satu dekade terakhir, sejak The Citizens mendapat sokongan dana fantastis dari Abu Dhabi United Group pada tahun 2008, yang dimiliki oleh Wakil Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Mansour yang juga anggota dari keluarga kerajaan. Banyaknya dana segar yang diterima klub, membuat The Citizens mampu membeli pemain-pemain bintang. Seperti yang di alami Chelsea FC, uang telah mengubah nasib klub ini, bahkan kini City masih menongkrongi peringkat pertama klasemen Liga Inggris musim 2017/18.

Ketika kamu berkunjung ke kota Manchester, sempatkan mampir ke Etihad Stadium, yang letaknya tak jauh dari Old Trafford Stadium, markas rival abadi klub Manchester.

Alamat : Ashton New Rd, Manchester M11 3FF, Inggris Raya

Situs resmi : ​http://bit.ly/TOURManchesterCity

6. WHITE HART LANE STADIUM – TOTTENHAM HOTSPUR F.C.

Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur via https://www.google.co.id

White Hart Lane Stadium, merupakan kandang bagi klub sepak bola Tottenham Hotspur F.C. Stadion ini memiliki kapasitas penonton sebanyak 36.284 kursi dan terletak di Tottenham, London bagian utara Inggris. Tottenham Hotspur merupakan rival abadi bagi Chelsea dan Arsenal. Walaupun untuk gelar dan tropi yang dimiliki tak se-fantastis klub rivalnya, namun Tottenham Hotspur memiliki stadion yang keren dan wajib kamu kunjungi ketika berlabuh di kota London.

Ketika kamu singgah di Tottenham, mampirlah ke salah satu bar di sekitar stadion, kamu bisa bercengkerama dengan warga setempat dan bertanya tentang banyak hal dari klub ini. Keramahan dan senyum tulus akan menyambut kalian.


Bagiamana, menarik bukan?


Ternyata di London memiliki stadion megah milik Chelsea, Arsenal, dan Tottenham, belum lagi stadion milik West Ham United, Fulham, dan Queen Park Rangers yang sama-sama berdiri kokoh di kota London.

Alamat : 748 High Rd, Tottenham, London N17 0AP, Inggris Raya

Situs resmi : ​http://bit.ly/TOURTottenhamHotspur

7. ST. JAMES PARK STADIUM – NEWCASTLE UNITED F.C.

Newcastle United

Newcastle United via https://www.google.co.id

Ada berbagai macam sudut romantis di kota Newcastle, dari Tyne Bridge, Baltic Quay Apartment, dan juga beberapa restonan serta bar yang terkenal karena hiburan malamnya. Newcastle cukup menarik bagi kaum hippie dan pencinta budaya, selain itu keramahan penduduk setempat juga membuat Newcastle menjadi tempat liburan yang sangat istimewa.

Di kota ini berdiri kokokh St. James Park Stadium, dikenal sebagai Sports Direct Arena untuk alasan sponsor, merupakan sebuah stadion sepak bola di Newcastle Upon Tyne, Britania Raya. Stadion ini sudah berdiri sejak tahun 1892. Kapasitas penonton sendiri sebanyak 52.387 kursi.

Tentu tak akan ada ruginya jika kalian mampir ke Newcastle, karena selain wisata berkeliling stadion, pun bisa berkeliling kota ini yang tak kalah romantis dari kota lainnya.

Alamat : Barrack Rd, Newcastle upon Tyne NE1 4ST, Inggris Raya

Situs resmi : ​http://bit.ly/TOURNewcastleUnited

8. WEMBLEY STADIUM

The Three Lions

The Three Lions via https://www.google.co.id

Stadion Wembley adalah stadion sepak bola megah yang terletak di Wembley Park, London Borough of Brent, Inggris dan merupakan markas The Three Lions julukan bagi tim nasional sepak bola Inggris. Stadion Wembley memiliki kapasitas penonton sebanyak 90.000 kursi. Menjadikannya sebagai salah satu stadion besar nah megah.

Ketika kelak kau berkesempatan singgah di Inggris namun belum menyempatkan untuk berkunjung ke stadion Wembley, fakta pertama yang akan kau dapati adalah "penyesalan". Bagaimana tidak? Stadion besar dengan desain arsitektur yang menawan, ditambah dengan sejarah stadion dan pemiliknya, yaitu tim nasional Inggris.

Stadion ini juga kerap digunakan sebagai tempat festival-festival, olimpiade dan konser musisi papan atas dunia. Jadi, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Sekalian kamu berlibur ke Inggris Raya, liburan menelusuri kota, berbelanja, kulineran, juga sekalian berkunjung ke stadion-stadion terbaik yang ada di Igggris.


Terlebih jika kau ditemani kekasih kesayangan, tentu akan menjadi kenangan yang begitu membahagiakan.


Alamat : London HA9 0WS, Inggris Raya

Situs resmi : ​http://bit.ly/WembleyTOUR

Last, Stadium Tours atau tur berkeliling stadion adalah cara lain nan unik liburan dan berwisata yang tentu menjadi impian bagi banyak pecinta bola di luar sana. Namun, hal tersebut juga sama ampuhnya memikat khalayak umum untuk ikut mencoba Stadium Tours. Dimana kamu bisa wisata sejarah klub sepak bola kesayangan, belanja jersey dan original merchandise, dan juga bisa sekalian berkeliling area sekitar stadion dan kota, lalu mampir ke beberapa kedai atau bar tim kesayangan. Dengan berbagai fasilitas informasi publik dan transportasi yang memadai di Inggris Raya, kamu nggak akan membuang-buang waktu untuk setiap detik liburanmu disini.


Jadi, ingin liburan ke Inggris Raya sendiri atau bareng orang-orang tercinta nih?


Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya