Cocok buat koleksi pribadi atau diupload ke Instagram!

Mau liburan ke Jogja? Ini daftar spot foto paling keren dan hits yang wajib kamu explore mulai dari pantai, air terjun, gunung, bangunan tua hingga hutan pinus. Semua tempat tersebut sangat Instragam-able. Photography merupakan salah satu hobi yang sedang naik daun akhir-akhir ini. Banyak penikmat photogtaphy yang berbondong-bondong mencari tempat hunting foto yang terlihat kekinian, unik dan eksotik.

Jika ada yang berencana untuk mencari materi photo di daerah Jogja, maka ada beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi. Berikut ini daftar lokasi wisata mana saja yang tidak hanya indah namun memiliki beberapa spot fotografi terbaik!

1. Uji nyali naik "Gondola" di Pantai Timang

Naik Gondola di pantai Timang

Naik Gondola di pantai Timang via https://www.jogjacompasstours.com

Sudah bukan rahasia lagi kalau di Kabupaten Gunung Kidul terdapat banyak pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Timang yang terletak 35 kilometer di selatan Wonosari. Pemandangan ombak yang menghantam tebing dan batu karang di sini sungguh menakjubkan.

Bukan itu saja, jika Anda penyuka tantangan, maka Anda harus mencoba yang satu ini:

Advertisement

Pengunjung dapat menguji nyali mereka dengan menyeberang ke Pulau Watu Panjang menggunakan ‘Gondola’ sederhana yang terbuat dari kayu. Dan bukannya, meluncur di kabel berbahan baja, yang menahan ‘kereta gantung’ ini adalah tali tambang biasa!

2. Sand Dunes: Gumuk Pasir Parangkusumo Ala Africa

Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo via http://yogyafoto.blogspot.co.id

Bersantai sembari menatap matahari terbenam, ditemani semilir angin di tengah-tengah hamparan padang pasir nan luas. Di sini waktu seolah tak bergerak dan Anda bakal lupa kalau sedang berada di Pulau Jawa.

Ingin mencoba sandboarding? Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk berlibur ke Afrika atau Timur Tengah. Cukup ke Yogyakarta, dekat dan mudah dicapai. Di Gumuk Pasir Parangkusumo Anda bisa menyewa kendaraan ATV, dan meskipun tak ada onta, namun Anda bisa menunggang kuda di sini.

Advertisement

Dan satu lagi yang bisa Anda lakukan di tempat ini, melakukan pemotretan pre-wedding! Banyak pasangan yang telah melakukannya, karena Gumuk Pasir ini begitu unik dan tiada duanya di indonesia.

3. Pantai Jogan: Air Terjun Unik yang Mengalir Langsung ke Laut

Air Terjun Pantai Jogan Gunungkidul

Air Terjun Pantai Jogan Gunungkidul via http://www.dutawisata.co.id

Tersembunyi di balik perbukitan kapur di kawasan geopark Gunung Sewu terdapat pemandangan yang termasuk langka di Indonesia, yaitu air terjun yang langsung jatuh dari tebing ke bibir laut. Pantai Jogan terletak di pesisir selatan Kabupaten Gunungkidul menghadap langsung ke Samudera Hindia. Pastinya tempat ini sangat cocok bagi Anda yang photography.

Air terjun yang jatuh langsung ke laut bukanlah satu-satunya pemandangan menakjubkan di sini. Pengunjung yang cukup bernyali dapat menikmati guyuran air terjun tersebut dari bawah tebing dengan cara canyoning atau rappelling. Tentu diperlukan peralatan memadai dan kemampuan mumpuni untuk melakukannya, karena meski telah tersedia kayu-kayu untuk pegangan, bebatuan yang harus dilalui cukup curam dan licin.

4. Membidik Sudut Bangunan Berciri Khas Jawa-Eropa: Taman Sari

Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja via http://anekatempatwisata.com

Eropa bukanlah satu-satunya tempat di mana Anda bisa menikmati keindahan arsitektur abad ke-18. Istana yang memiliki beberapa kolam pemandian serta wewangian dari bunga-bunga yang sengaja ditanam di pulau buatan di sekitarnya ini dibangun sebagai hadiah untuk istri-istri penguasa Yogyakarta saat itu, Sultan Hamengku Buwono I, oleh arsitek berkebangsaan Portugis.

Setelah melalui koridor yang berliku menuju menara, Anda bisa menuruni anak tangga melewati Gapura Agung menuju Tajug, lorong bawah tanah yang berfungsi sebagai bunker sekaligus penghubung antara Taman Sari dengan keraton dan Pulo Kenongo.

Tempat ini banyak memiliki ruang rahasia yang tersembunyi, salah satunya adalah ruang penyimpanan senjata. Dari sini perjalanan dapat dilanjutkan ke Sumur Gumuling, masjid bawah tanah yang didesain dengani sisi akustik yang baik. Jaman dahulu, ketika imam mempimpin shalat, suara imam dapat terdengar dengan lantang ke segala penjuru.

5. Hamparan Persawahan Pronosutan Nanggulan – Kulonprogo

Persawahan Nanggulan - Kulonprogo

Persawahan Nanggulan – Kulonprogo via https://google.co.id

Apabila Anda adalah orang yang gemar dengan seni photography ada baiknya menilik juga panorama sawah Ndaleman Nanggulan yang letaknya membentang luas disebelah barat pedukuhanJanti JatisaronoNanggulan Kulon Progo Yogyakarta. Panorama sawah Ndaleman Nanggulan lumayan mempesonakan mata, dimana keindahannya juga mampu membawa kenyamanan dan keteduhan di hati.

Keindahan alam persawahan yang menghampar bisa menjadi fokus dari bidikan teman-teman 'tukang photo'. Bukan itu saja, keindahan hamparan tanaman padi pun palawija juga nampak mempesona tatkala dibidik dengan framing kemudian disertakan latarbelakang pegunungan Menoreh yang berlekuk dan berliku.

6. Air Terjun Luweng Sampang Gunungkidul Mirip Grand Canyon

Air Terjun Luweng Sampang

Air Terjun Luweng Sampang via https://www.bintang.com

Bersiaplah terkesima oleh alur yang membentuk corak pada dinding batu yang terlukis alami oleh aliran air. Keunikan pola bebatuan Curung Luweng Sampang memiliki kemiripan dengan Antelope Canyon di Amerika Serikat, yang berbeda adalah warna bebatuannya.

Menceburkan diri di sejuknya air pegunungan yang mengalir langsung dari Pegunungan Sewu tentu akan memberi kesegaran tersendiri. Puaskan pula rasa ingin tahu Anda dengan menjelajahi berbagai terowongan dan ceruk tersembunyi yang ada di balik curug ini.

7. Keindahan Alam Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Bertingkat Kedung Kandang

Air Terjun Bertingkat Kedung Kandang via http://kotajogja.com

Anda pasti akan takjub ketika melihat pemandangan yang tersaji di lokasi ini. Pesona keindahan hamparan sawah yang berpadu dengan eloknya air terjun yang airnya jernih membuat siapapun akan terpukau.

Air Terjun Kedung Kandang terletak di daerah pedesaan yang ada di Gunung Butak. Air terjun ini memiliki 6 tingkat yang menurun menuju daerah pekarangan sawah sekitar.

8. Keindahan Goa Verical Gomblang Gunungkidul

Cahaya Surga Di Goa Jomblang

Cahaya Surga Di Goa Jomblang via http://orangutanbromotour.com

Gua Jomblang merupakan gua vertikal dengan hutan purba yang rapat di dasarnya. Goa Jomblang Gunungkidul memiliki pesona alam yang menarik, terutama bagi mereka yang menyukai petualangan atau Photography. Goa Jomblang mampu menyuguhkan Anda pengalaman wisata yang memacu keras adrenalin.

Daya tarik utama goa yang berada di pelosok yang dikerumuni tandusnya karst Gunungkidul adalah menelusur, melihat dan mengabadikan cahaya surgawi yang turun tegak lurus menembus ke dalam kegelapan goa.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya