Kalau liburan ke Jepang enaknya kemana? Tokyo? Osaka? Kyoto? 

Bagi yang ingin liburan ke Jepang, Tokyo, Osaka dan Kyoto boleh jadi menjadi tempat tujuan wisata favorit. Tetapi bagi orang Jepang sendiri, Hokkaido merupakan surga wisata favorit yang selalu ramai dikunjungi ketika musim libur. Bagaimana tidak, pulau terbesar kedua di Jepang ini memiliki keindahan alam yang luar biasa. Posisi Hokkaido yang berada di paling utara Jepang mengakibatkan Hokkaido memiliki iklim subtropis, sehingga selalu lebih dingin ketika musim dingin dan lebih sejuk saat di musim panas. Tak heran, orang-orang Tokyo sering ngadem di Hokkaido ketika musim panas.

Salah satu kota di Hokkaido yang wajib dikunjungi adalah Higashikawa. Meskipun termasuk kota kecil, tetapi kota ini menawarkan banyak wisata alam yang menakjubkan. Tagline Higashikawa sebagai Town of Photography membuat tempat ini photoable di setiap sudutnya. 

Artikel Hipwee kali ini akan mengajakmu untuk melihat keindahan Higashikawa!    

1. Mendaki Gunung Tertinggi di Hokkaido? Siapa Takut!

Asahidake Ropeway via http://us.jnto.go.jp

Asahidake namanya. Gunung tertinggi di Hokkaido ini berada di wilayah Higashikawa. Tingginya sekitar 7.516 kaki dan merupakan bagian dari Daisetsuzan National Park. Selain populer sebagai pendakian, Asahidake juga populer sebagai tempat ski dan snowboard ketika musim dingin. Salju di Asahidake ini termasuk awet lho! bahkan ketika musim semi berakhir, beberapa titik di gunung ini masih tertutup salju. Oh iya, kalau nggak mau capek-capek mendaki, kamu bisa menggunakan ropeway (kereta gantung) sepanjang 2,3 km yang dapat mengantarmu langsung ke bagian atas gunung, asyik kan?

2. Hagoromo Falls, Air Terjun yang Masuk Daftar 100 Air Terjun Terbaik di Dunia!

Auntumn in Hagoromo Falls via http://atoy.blog.so-net.ne.jp

Masih di kawasan Daisetsuzan National Park, di bagian barat taman nasional ini kita dapat menemukan salah satu air terjun terbaik di dunia : Hagoromo Falls! Air terjun ini memiliki ketinggian 270 meter dan merupakan air terjun tertinggi ketiga di Jepang. Hagoromo Falls memiliki 7 tingkat, bentuknya terlihat seperti malaikat yang sedang menari dan bulunya berkibar. maka dari itu air terjun ini dinamakan Hagoromo, yang memiliki arti jubah malaikat. Sekitar 300 meter dari Hagoromo Falls, kita juga dapat menemukan Shikishima Falls yang tentunya tidak kalah indahnya.

3. Tenninkyo Onsen, Menikmati Berendam Air Panas di Tengah Alam

Tenninkyo Onsen (outdoor) via http://good-hokkaido.info

Advertisement

Di Jepang tentu kurang lengkap kalau tidak merasakan onsen (hotspring). Tenninkyo Onsen merupakan salah satu onsen yang populer di wilayah Higashikawa. Lokasi onsen ini masih berada di kawasan Daisetsuzan National Park, cukup dekat dengan Hagoromo Falls. Di onsen ini kita dapat memilih indoor dan outdoor. Keduanya sama-sama menawarkan suasana alam yang pastinya dapat membuat rileks.

4. Quality Time dengan Keluarga di Kitoushi Forest Park

Kitoushi Forest Park via http://www.kazokuryokoumura.jp

Kitoushi Forest Park merupakan taman hutan yang luas dan memiliki pemandangan alam yang indah, sehingga sering dijadikan tempat rekreasi keluarga. Kitoushi Forest Park cukup fleksibel dikunjungi di berbagai musim, karena tiap musimnya memiliki kelebihan masing-masing. Pada musim semi ratusan pohon sakura dan shibazakura bermekaran di wilayah ini, sedangkan ketika musim gugur, kita dapat menyaksikan hamparan momiji atau pohon maple yang mulai berubah warna. Musim dingin kita dapat ber-ice skeating ria dari bukit Kitoushi dan di musim panas kita dapat bermain golf atau jalan-jalan di hutan sambil ditemani suara serangga musim panas.

Di Kitoushi Forest Park ini terdapat villa penginapan dengan nuansa di tengah hutan, peternakan, wahana ATV, lokasi camping, dan taman bermain. oh iya, tidak jauh dari sana juga terdapat kastil dengan gaya arsitektur khas Jepang. Pada bulan Mei dan September, disini diselenggarakan Kurashi Tanoshiku (Fun Living) Festival. Festival ini mirip bazar, dimana kita dapat beli bahan makanan, sayuran, atau barang-barang baru-bekas dengan harga murah meriah.

5. Tertarik Fotografi? Kunjungi Museum ini!

Higashikawa Bunka Gallery via http://www.ia-kenkyujo.co.jp

Advertisement

Sebagai Town of Photography, maka tidak heran kalau Higashiakwa punya museum foto ini. Disini kamu dapat melihat ratusan foto terpilih dari lomba-lomba fotografi yang pernah diadakan Higashikawa. Selain itu, terkadang diadakan juga pameran foto khusus di event-event tertentu. Lokasi museum ini sangat mudah dijangkau karena berada di tengah-tengah kota Higashikawa.

6. Asah Kreativitas Kamu di Galeri Aiwa dan Rizomu!

Galeri Rizomu via http://bugs-guide.com

Banyak seniman yang tinggal di Higashikawa, salah duanya adalah Bapak Norihiro Takimoto (pemilik galeri Rizomu) dan Bapak Toshiaki Ooya (pemilik galeri Aiwa).

Di Galeri Rizomu kita dapat melihat hasil kerajinan yang terbuat dari porselen. Porselen disini bukan berasal dari pabrik melainkan dari pecahan batu-batu yang hancur. Sedangkan di Galeri Aiwa kita dapat melihat kerajinan balok-balok kayu yang diwarnai dan diukir sedemikian rupa hingga menghasilkan karya seni yang bernilai tinggi. Keduanya sama-sama oke untuk dikunjungi! Oh iya, tidak hanya melihat saja lho, tetapi kita bisa belajar praktik langsung dan membawa pulang hasil karya kita sendiri.

7. Michikusa-Kan, Tourism Information dengan Paket Lengkap!

Michikusakan via http://doc.pribadi

Jepang memang selalu menyediakan tourism information di setiap wilayahnya, termasuk di Higashikawa. Nah, kalau Michikusa Kan ini tidak hanya tourism information saja, tetapi juga berisi museum kamera, kedai es krim dan area belanja souvenir khas Higashikawa. Oh iya, ada juga ruang duduk yang nyaman dilengkapi fasilitas free wifi. Karena Higashikawa ini kota fotografi, maka disini disediakan fasilitas cetak foto secara cuma-cuma. Asyik kan?

8. Kota Higashikawa Sendiri Akan Membuatmu Betah Disana

Kota Higashikawa via http://doc.pribadi

When nature meets people, people meet culture, and people meet each other, an emotional story unfolds, and we believe that one can find that here, in Higashikawa.

Hanya dengan jalan-jalan menyusuri kota Higashikawa akan membuatmu rileks karena tatanan kota yang bersih, sejuk dan tidak terlalu ramai. Selain itu penduduk Higashikawa juga terkenal sangat ramah sehingga kamu pasti betah disana.

Gimana, tertarik berkunjung ke Higashikawa?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya