Halo teman-teman semuanya. Bagaimana kabarnya hari ini? Pada sehat semua? Nggak ada yang sakit kan? Kesehatan memang hal yang paling berharga dalam hidup ini lho. Karena kalau kita sehat, kita bakalan bisa melakukan segala aktivitas mulai dari berkendara, pergi jalan-jalan, berbelanja, mantengin IG mantan (ehm) dan banyak lainnya.

Jangan sampai sakit ya teman-teman semuanya, nanti aktivitas kamu bakalan terhambat. Kalau udah sakit nanti jadi berabe urusannya lho.

Nah, berikut ada beberapa cara sederhana yang bisa teman-teman lakukan untuk menjalankan pola hidup sehat:

1. Istirahat yang Cukup

Apakah teman-teman sering bergadang malam hari? Kalau iya, teman-teman mesti mengurangi kebiasaan bergadang jika ingin memulai kebiasaan hidup sehat. Ternyata kekurangan istirahat yang cukup bakalan membuat metabolisme menurun dan tubuh kita akan lebih mudah terserang penyakit lho.

Nah, teman-teman semua bisa memulai dengan memperhatikan waktu tidur terlebih dahulu. Waktu tidur yang baik itu antara 6 – 8 jam setiap harinya.

2. Membiasakan Sarapan Pagi

Sarapan pagi

Sarapan pagi via http://google.com

Advertisement

Ternyata sarapan mempengaruhi kesehatan tubuh juga lho. Dengan sarapan, kita bakalan memiliki energi yang cukup untuk menjalani rutinitas harian dan juga dengan membiasakan sarapan pagi bakalan menghindarkan kita dari kelebihan makan pada saat makan siang. Segala sesuatu yang berlebihan tentunya gak baik buat tubuh lho teman-teman semuanya.

Teman-teman bisa mencoba beberapa makanan yang direkomendasikan pada saat sarapan seperti telur, oatmeal, buah-buahan, sereal, sayur-sayuran, beras merah, atau roti.

3. Minum Air Mineral Secara Teratur

Minum air mineral

Minum air mineral via http://google.com

Meminum air putih setiap harinya akan membantu fungsi metabolisme tubuh terjaga lho. Nah, fungsi metabolisme yang baik akan sangat membantu untuk memaksimalkan kerja setiap organ tubuh untuk menyingkirkan berbagai racun di dalam tubuh. Kalau metabolisme tubuh terjaga, dijamin penyakit bakalan susah datangnya.

Advertisement

Meminum air putih secara teratur juga bakalan membantu tubuh yang kehilangan banyak cairan ketika kita beraktivitas. Setidaknya kita harus meminum air sebanyak 8 gelas setiap harinya. Tentunya juga air yang berkualitas baik ya teman-teman semuanya.

4. Memulai Hidup Bersih

Ruang yang bersih

Ruang yang bersih via http://google.com

Ternyata menjaga hidup bersih juga termasuk pola hidup yang sehat juga lho. Tempat yang bersih bakalan membuat kita nyaman, sehat dan membuat suasana hati kita menjadi tenang. Nah, kalau sudah hidup bersih, dijamin bakteri dan penyakit bakalan menjauh deh.

5. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga lari

Olahraga lari via http://google.com

Apa teman-teman semua sering merasa lesu dan kurang fit? Berarti bisa jadi teman-teman semuanya kurang berolahraga. Meluangkan waktu untuk berolahraga juga merupakan cara sederhana untuk memulai hidup sehat lho. Berolahraga dapat menjadikan tubuh kita fit dan bugar, dan juga dengan berolahraga kita juga mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh dengan saluran keringat.

Bagi teman-teman yang ingin berolahraga dari sekarang, mulailah dengan berolahraga yang ringan terlebih dahulu mulai dari senam, jalan santai, jogging, dan lain-lain. Berolahraga sebaiknya dilakukan secara teratur dengan jadwal yang teman-teman tentukan sendiri, sebaiknya dilakukan selama 3–5 kali seminggu dengan durasi setidaknya 30 menit.

6. Konsumsi Buah dan Sayur

Buah-buahan & sayuran

Buah-buahan & sayuran via http://google.com

Salah satu cara lain memulai hidup sehat yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Salah satu cara yang sederhana adalah dengan mulai mengkonsumsi buah dan sayuran. Beberapa kandungan yang ada di dalam buah dan sayur mampu mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker seperti antioksidan yang bisa mengikat radikal bebas yang bisa merusak tubuh. Terlebih lagi buah dan sayuran memiliki kandungan vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

7. Batasi Konsumsi Kafein dan Gula

"Woi!, udah pada ngopi belum?".

Tren ngopi sekarang ini sudah sangat lumrah bagi kalangan milenial. malahan yang nggak ngopi dibilang nggak gaul. Tentunya mengkonsumi kafein nggak ada salahnya, apabila dikonsumsi secara tidak berlebihan. Kebanyakan dari kita tentunya akan memilih kopi sebagai minuman ketika nongkrong bersama teman-teman.

Keseringan mengkonsumsi kafein dan gula bakalan berdampak buruk bagi tubuh kita lho teman-teman semuanya. Mulai dari meningkatnya denyut jantung, meningkatnya asam perut dan bahkan bisa mengganggu pola tidur kita.

8. Perbanyak Bersyukur

Bersyukur

Bersyukur via http://google.com

Banyak bersyukur juga cara yang sangat ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran teman-teman semuanya. Dengan bersyukur, kita bakalan menemukan sisi positif dari setiap kejadian dan tentu saja kita bakalan terhindar dari yang namanya stres.

Banyak bersyukur membuat kita semua bisa meningkatkan kualitas diri menjadi pribadi yang lebih baik dari sisi kepribadian.

9. Perbanyak Senyum

Senyum yang indah

Senyum yang indah via http://google.com

Sebuah studi yang dipublikasikan The Atlantic membuktikan manfaat tersenyum sangat baik bagi kesehatan. Orang yang senyum memiliki tingkat stres yang rendah dibandingkan orang yang jarang tersenyum.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa sobat teman-teman lakukan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa, mari ajak teman-teman yang lain untuk hidup sehat bersama-sama.

Long life, happy day and share this!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya