Banyak sekali hal besar dan unik yang ada dan terjadi di dunia kita ini. Beberapa menarik, membanggakan, bahkan ada yang mengerikan. Tapi, seringkali kita tidak menggali keseluruhan detail dari fakta atau cerita yang kita terima. Berikut adalah 10 fakta yang keliru tentang berbagai hal di dunia yang lengkap dengan penjelasannya!

 

1. Tahu nggak kalau Adolf Hitler itu ternyata bukan orang Jerman?

Adolf Hitler

Adolf Hitler via http://boombastis.com

Siapa yang tidak tahu Adolf Hitler? Sang diktator yang terkenal kejam yang memimpin Nazi di tahun 1934-1945 dan berusaha menguasai dunia. Hitler juga terkenal dengan kebenciannya terhadap kaum Yahudi yang dia anggap sebagai virus, sehingga berusaha melenyapkan mereka dengan Holocaust yang mengerikan. Karena Hitler adalah diktator Jerman, banyak sekali orang yang mengira bahwa Hitler adalah orang Jerman asli yang lahir di Jerman dan dari orang tua berdarah Jerman.

Faktanya adalah, Adolf Hitler lahir di Austria pada 20 April 1889, juga dari orangtua yang lahir di Austria yaitu Alois Hitler dan Klara Polzl. Hitler memang pada akhirnya mengganti kewarganegaraannya menjadi warga negara Jerman setelah 25 Februari 1932. Tapi, kalau dari tempat lahir dan darah orangtuanya, Hitler jelas adalah orang Austria, bukan Jerman.

2. Alexander Graham Bell bukanlah penemu telepon. Lalu, siapa ya?

Bell dan Meucci

Bell dan Meucci via http://www.studiarapido.it

Seperi dilansir theguardian.com, perdebatan tentang siapa sebenarnya penemu telepon sudah selesai. Alexander Graham Bell yang selalu dianggap sebagai penemu telepon, bahkan selalu diajarkan di sekolah-sekolah, ternyata salah.

Penemu telepon yang sebenarnya adalah seorang berkebangsaan Italia bernama Antonio Meucci. Hal yang membuat Antonio Meucci akhirnya diakui atas karyanya 113 tahun setelah ia wafat adalah fakta bahwa Meucci sudah mendemonstrasikan 'teletrofono'-nya di New York pada 1860.

Kemungkinan, hal yang membuat telepon 'dicuri' oleh Bell adalah kondisi ekonomi Meucci yang tidak terlalu bagus, kurangnya kemampuan Meucci dalam berbahasa Inggris, dan sempat menderita luka bakar parah.

3. Kalau Nokia nggak berasal dari Jepang, terus selama ini kita salah informasi, dong?

Mungkin karena namanya yang terdengar begitu Asia dan bertaburnya produk-produk elektronik asal Jepang, membuat begitu banyak orang mengira bahwa Nokia adalah produk dari negeri Sakura. Kenyataannya, Nokia yang adalah perusahaan yang bergerak di bidang alat komunikasi ini berasal dari negeri yang bahkan nggak dekat sama Jepang. Nokia berasal dari Finlandia, negara yang lebih terkenal karena sistem pendidikannya yang luar biasa bagus.

4. Pasti tahu Neil Armstrong, dong? Nyatanya, dia bukan orang yang ke luar angkasa pertama kali, lho!

Pendaratan di Bulan

Pendaratan di Bulan via http://www.historyrundown.com

Cerita terkenal tentang Neil Armstrong yang menjadi orang pertama yang menginjakkan kaki di bulan membuat banyak orang menyimpulkan bahwa Neil juga adalah orang pertama yang pergi ke luar angkasa. Kesimpulan yang salah tentunya. Faktanya adalah, orang pertama yang berangkat ke luar angkasa adalah seorang astronot Rusia bernama Yuri Gagarin, ketika pesawat luar angkasa bernama Vostok beredar di orbit Bumi pada tahun 1961.

Keberhasilan Yuri dan Rusia inilah yang memancing Amerika Serikat untuk membuat prestasi yang lebih baik lagi, karena pada saat itu dua negara tersebut sedang dalam Perang Dingin. Tapi ada juga lho yang berpendapat bahwa pendaratan Neil Armstrong di bulan hanya buatan semata. Susah, ya.

5. Warna merah tidak akan memancing banteng untuk menyerang. Gini nih faktanya!

Banteng dan Matador

Banteng dan Matador via https://www.britannica.com

Seperti dilansir dailymail.co.uk, banteng adalah binatang yang hanya bisa melihat dua warna yaitu biru dan kuning. Jadi, tidak ada hubungan antara warna merah dan meningkatnya agresi banteng. Lalu, kenapa banteng selalu mengejar bendera merah yang dibawa Matador? Itu karena Matador selalu menggerak-gerakkan bendera, pergerakan bendera itulah yang menyebabkan si banteng kesal, terus dikejar deh. Jadi kalau si matador bawa bendera merah tapi diam saja, paling juga tidur si banteng. Hahaha!

6. Everest bukanlah gunung tertinggi di dunia. Kamu sudah tahu fakta sebenarnya?

Gunung Everest

Gunung Everest via http://freeskies.co

Everest hanya akan menjadi gunung tertinggi di dunia jika diukur dari fisiknya yang berada di atas permukaan laut. Tapi, namanya gunung 'kan seharusnya dihitung dari dasar sampai puncaknya dong. Jika diukur dari dasar sampai ke puncaknya, maka gunung tertinggi di dunia seharusnya adalah Mauna Kea di Hawaii. Jika dihitung dari dasar sampai ke puncak, gunung ini memiliki tinggi 10.205 meter. Wow!

7. Legenda sepak bola juga bukan berasal dari Inggris dan Amerika Serikat. Tapi...

Salah Satu Lukisan Tentang

Salah Satu Lukisan Tentang "Cuju" via https://en.wikipedia.org

Sejarah panjang dan prestasi mentereng dari Inggris dan negara-negara di Amerika Selatan, khususnya Brazil dan Argentina, membuat banyak orang beranggapan bahwa sepakbola berasal dari salah satu dari negara tersebut. Sepakbola memang berkembang pesat di Inggris pada abad tahun 1800-an tapi asal usul sejarahnya bahkan jauh sekali dari Inggris.

Sepakbola pertama kali dimainkan di China. Lebih tepatnya di daerah bernama Qi dengan nama Cuju. Popularitas Cuju sebagai olahraga dan hiburan mulai naik dari kalangan militer ke kalangan yang lebih tinggi pada masa dinasti Han. Olahraga ini berkembang pesat pada masa dinasti Tang. Bahkan pada masa dinasti Song, Cuju sudah dikenal luas di segala kalangan dan para pemain Cuju menjadi cukup terkenal.

Nggak terlalu beda sama sepakbola sekarang, kan?

8. Jangan salah sangka! Gereja Katolik di Inggris sama sekali bukan gereja Katolik seperti yang di Roma

Salah Satu Gereja Katolik di Inggris

Salah Satu Gereja Katolik di Inggris via http://www.englishcathedrals.co.uk

Pasti banyak dong yang sudah tahu bahkan mengikuti pernikahan Kate Middleton dan Pangeran William yang menyita perhatian dunia. Di pernikahan mereka, terlihat Kate dan Pangeran William keluar dari gereja setelah prosesi pemberkatan. Banyak yang mengira bahwa Inggris masih satu aliran dengan Gereja Katolik yang memiliki penganut kurang lebih 2 milyar manusia di dunia, yaitu Gereja Katolik Roma. Faktanya, Gereja Katolik di Inggris tidak mengakui Paus Fransiskus yang menjabat sekarang sebagai pemimpin mereka. Gereja Katolik di Inggris memiliki aliran mereka sendiri yang disebut Anglikan.

Banyak hal yang memancing hal ini, tapi salah satu yang terkenal adalah ketika Raja Inggris kala itu yaitu Henry VIII ingin menikah lagi dengan Anne Boleyn. Karena pada zaman itu Paus memegang kontrol yang sangat kuat, maka Raja Henry VIII harus meminta izin kepada Paus jika ingin melakukan itu. Tapi, setelah usaha yang cukup keras, Paus yang menjabat kala itu yaitu Paus Clement VII tetap tidak mengizinkannya karena agama Katolik hanya menganut dan mendukung pernikahan monogami. 

Raja Henry VIII pun marah, sehingga ia mendeklarasikan diri sebagai pemimpin tertinggi Gereja Katolik di Inggris, membuat Gereja Katoliknya sendiri yaitu Anglikan dan tidak mengakui Paus sebagai pemimpin Gereja Katolik di Inggris.

9. "Buah Terlarang" dalam kisah Adam dan Hawa bukanlah apel seperti yang banyak orang-orang bicarakan

Faktanya, cerita populer tentang bagaimana dua manusia pertama memakan buah terlarang yang ternyata berisi pengetahuan dan akhirnya membuat Tuhan murka ini tidak pernah menyebutkan bahwa buah terlarang itu berwujud apel. Kira-kira apa, dong?

10. Lampu pijar pertama di dunia tidak ditemukan oleh Thomas Alva Edison. Terus siapa, dong?

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison via https://www.emaze.com

Seperti dilansir usnews.com, penemuan lampu pijar adalah hasil dari kerja keras dan perjuangan banyak orang dan juga dalam waktu yang tidak singkat. Terasa sangat tidak adil jika kredit atas penemuan lampu pijar hanya dilimpahkan pada Thomas Alva Edison.

Edison menjadi sukses dan terkenal atas hal ini mungkin karena ia yang pertama kali mengumpulkan para peneliti dan tim pengembangan di Menlo Park. Walaupun begitu, tetap tidak adil jika Edison sendiri lah yang dianggap menciptakan lampu pijar. Kasihan teman-teman, Opa Edison, lho.

Wah, jadi gimana? Apakah wawasanmu sudah terbuka? Ternyata, memang begini fakta yang ada :)