Rambut adalah mahkota khususnya bagi seorang perempuan. Banyak sekali perempuan yang datang ke salon untuk memperindah rambut yang mereka punya. Entah itu untung memotong, melakukan perawatan rambut atau juga untuk mewarnai rambut. Trend ombre pada 2017 sampai 2018 menjadi salah satu teknik pewarnaan yang cukup populer. Selain ombre, ada juga teknik pewarnaan rambut seperti highlight, babylight, balayage, atau peek-a-boo.

Semua teknik ini memiliki hasil yang berbeda karena beda cara pengerjaan yang akan dilakukan. Dapat kita temukan banyak sekali wanita mengecat rambutnya apalagi setelah lulus Sekolah Menegah Atas. Hal itu disebabkan karena pada saat berada di sekolah mereka tidak boleh mengecat rambut mereka.

Warna rambut yang bagus menjadi idaman bagi semua orang khususnya untuk orang-orang yang suka mengecat rambutnya. Namun, beberapa wanita juga tidak suka mengecat rambutnya karena menyukai rambut hitam natural. Pewarnaan rambut akan memberikan dampak pada rambut kita.

Dampak yang ditimbulkan namun berbeda satu orang dengan orang yang lain. Hal ini terjadi karena setiap rambut orang itu berbeda-beda ada yang kuat dan tidak kuat, tebal dan tipis, serta panjang atau pendek. Sebenarnya melakukan pewarnaan rambut saja apabila rambut kita kuat tidak memberikan dampak apa-apa. 

Pengalaman teman saya sudah cat rambut berkali-kali namun rambutnya tetap sehat. Namun, ada juga yang baru cat sekali rambutnya menjadi kering dan yang paling parah bercabang. Ketika ingin mengecat rambut dengan warna-warna yang terang seperti ungu, hijau, merah, pink dan lain-lain maka rambut perlu di bleaching. Proses bleaching ini yang biasanya membuat rambut menjadi rusak. Proses bleaching sendiri adalah proses lunturnya pigmen rambut sehingga rambut yang tadinya berwarna hitam menjadi tidak hitam lagi.

Bagi kalian yang sudah pernah cat atau sedang mewarnai rambut kalian dan sudah terkena bleaching maka harus lebih memerhatikan dan merawat rambut dengan cara berikut :

Rambut adalah hal krusial bagi kita khususnya perempuan karena itu meskipun sesibuk apapun kita, kita harus mampu menjaga rambut kita agar selalu sehat dan kuat.

1. Menggunakan shampoo dan conditioner khusus rambut berwarna

Shampoo khusus

Shampoo khusus via http://www.google.com

Apabila kita akan mengecat rambut kita tentu setelah selesai biasanya kita akan ditawarkan untuk membeli shampoo dan conditioner khusus untuk rambut diwarnai gunanya agar warna rambut yang kita punya tidak cepat luntur serta dapat membantu mengurangi kerusakan rambut pasca melakukan cat rambut dan bleaching.

2. Menggunakan masker rambut

Advertisement

Masker rambut memiliki banyak manfaat untuk rambut kita agar rambut kita tetap bagus dan indah. Apabila rambut kita sudah kena cat maka perlu perawatan secara ekstra agar rambut kita tetap bisa indah. Salah satu cara nya adalah untuk melakukan hair mask secara rutin. Seminggu 2 kali melakukan hair mask gunananya adalah untuk dapat memulihkan rambut yang rusak akibat sering diwarnai. Masker rambut juga dapat mengontrol kerusakan.

Dengan penggunaan rutin dapat membantu mempertahankan warna rambut, memperbaiki tekstur rambut secara keseluruhan. Masker rambut juga dapat menutrisi rambut kita agar rambut tetap kuat dan indah.

3. Cuci rambut dengan menggunakan air dingin

Cuci Rambut dengan air dingin

Cuci Rambut dengan air dingin via http://www.google.com

Sebenarnya mencuci rambut dengan air panas maupun air dingin sama bagusnya namun mencuci rambut dengan air panas membuka pori-pori rambut kita. dengan mencuci rambut dengan air dingin dapat membantu melancarkan peredaran darah kita serta lebih bisa membersikan minyak yang ada pada rambut kita.

Advertisement

Rambut kusut membuat banyak wanita sebel salah satu cara untuk mengurangi kekusutan rambut adalah dengan menggunakan air dingin dengan mencuci rambut. Selain itu, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mencuci rambut dengan air dingin dikatakan dapat mengurangi kerontokan.

4. Memakai hair oil

Menggunakan hair oil adalah salah satu cara kita untuk dapat menutrisi rambut kita. dengan menggunakan hair oil dapat membuat rambut kita lebih berkilau dan dapat membuat rambut kita tidak kusut juga.

5. Jangan terlalu sering menggunakan alat penata rambut

Penata rambut

Penata rambut via http://www.google.com

Rambut yang sudah dicat atau bleaching  berarti dapat menimbulkan atau memberikan efek rambut menjadi kering. Maka dari itu kita harus dapat meminimalisir penggunaan penataan rambut seperti hair dryer atau catokan agar rambut kita yang sudah kering tidak menjadi kering lagi agar rambut kita dapat terjaga meski sudah rusak jangan dibiarkan semakin menjadi rusak kembali.

6. Memakai lidah buaya atau minyak kelapa

lidah buaya

lidah buaya via http://www.google.com

Untuk cara alami kita bisa menggunakan lidah buaya atau minyak kelapa ke rambut kita. lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kita salah satunya adalah untuk membantu mengurangi rambut rontok serta dapat menutrisi rambut kita pasca cat rambut.

Apalagi kurang suka dengan bau lidah buaya, alternatif bahan alami lain dapat menggunakan minyak kelapa manfaat yang ditawarkan minyak kelapa dan lidah buaya sama. jadi kalian bisa memilih mana yang kalian suka.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya