Agar Tetap Segar Selama Puasa, Coba Deh Tambahkan Buah-Buahan Ini di Menu Sahur dan Berbukamu!

Biar kamu nggak lemas dan terus berenergi sepanjang hari!

Mungkin kamu pernah dengar kalau tidurnya orang puasa itu dianggap sebagai ibadah. Tapi, bukan berarti terus kamu bisa molor sepanjang hari dari sahur sampai berbuka. Ntar malah orang tuamu syok karena mengira kamu lagi pingsan.

Lagipula, tidur terus-terusan malah bisa membuatmu semakin lemas dan malas melakukan apa-apa. Padahal Ramadan adalah bulan yang tepat untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya. Sayang banget kalau dilewatkan begitu saja.

Nah, biar nggak lemas dan terus berenergi sepanjang hari, mungkin kamu perlu makan makanan sehat saat sahur dan berbuka. Misalnya dengan mengonsumsi salah satu di antara enam buah-buahan ini,

 

1. Biar perut nggak gampang keroncongan, makanlah apel saat sahur

Buah Apel

Buah Apel via https://unsplash.com

Advertisement

Saat puasa kita perlu pintar memilah-milah sumber karbohidrat. Kalau kamu hanya makan sumber karbohidrat sederhana seperti nasi putih, roti putih, atau mie instan, bisa-bisa kamu cepat merasa lapar. Soalnya, karbohidrat semacam ini memang sangat mudah diserap oleh tubuh dan habis dalam waktu singkat.

Sebagai gantinya, coba deh makan nasi dari beras merah atau hitam dan roti gandum utuh. Tapi kalau sulit, tambahkan apel sebagai pencuci mulut saat sahur. Apel punya serat pangan yang termasuk dalam karbohidrat kompleks. Seperti namanya, karbohidrat ini diserap secara bertahap oleh tubuh sehingga akan membuatmu kenyang lebih lama.

Serat pangan juga menyehatkan ususmu dan menjagamu agar terhindar dari sembelit. Ditambah lagi, apel kaya vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan. Jangan ragu lagi buat mengonsumsinya!

Advertisement

2. Direkomendasikan oleh Rasulullah, ternyata kurma memang bagus dijadikan hidangan berbuka secara ilmiah

Rasulullah menyarankan kita untuk berbuka dengan air putih dan 3 biji kurma. Nasihat ini ada baiknya kamu turuti. Karena kalau ditinjau secara ilmiah, ternyata kurma memang kaya serat pangan, vitamin, serta mineral yang sangat baik untuk tubuh lho!

Selain itu, kadar gula dalam darah akan turun sehingga membuat kita jadi mudah pusing saat berpuasa. Nah, kurma bisa membantu menormalkan kadar gulamu kembali. Kamu pun akan merasa berenergi lagi.

Kenapa nggak lewat makanan manis seperti disarankan oleh salah satu iklan di tivi? Asal tahu aja, sebenarnya kamu malah tidak boleh terlalu banyak makan makanan manis saat berbuka. Bisa-bisa kadar gulamu malah melonjak terlalu tinggi dan memberatkan kerja pankreas. Setelah itu, efeknya sama seperti kalau mengonsumsi karbohidrat sederhana. Kamu jadi mudah lapar lagi dan lemas!

Advertisement

3. Meski murah meriah, jangan remehkan manfaat pisang buat teman berpuasa

Meski murah meriah dan mudah ditemukan di Indonesia, jangan sekali-kali meremehkan pisang. Buah-buahan lonjong ini ternyata sangat baik dikonsumsi selama Ramadan. 

Kalau dibandingkan dengan apel, pisang bahkan punya 4 kali lebih banyak protein, 2 kali lebih banyak karbohidrat, 3 kali fosfor, serta 5 kali vitamin A dan zat besi. Ditambah lagi, pisang punya potasium yang baik untuk kesehatan jantung.

Hanya saja, pisang yang sudah masak memiliki karbohidrat sederhana. Jadi, sebaiknya kamu tidak mengonsumsi pisang saja saat sahur. Mungkin bisa kamu kombinasikan dengan oatmeal atau sumber karbohidrat kompleks lainnya.

4. Nggak cuma menyegarkan, semangka ternyata memang menyehatkan

Hmm… siapa yang tidak suka semangka? Membayangkannya saja saat puasa pun mungkin bisa membuatmu ngiler seketika. Tak hanya menyegarkan, semangka ternyata punya manfaat kesehatan yang tak boleh diabaikan. 

Buah-buahan bulat ini kaya akan air dan elektrolit sehingga baik dijadikan santapan saat berbuka. Semangka juga sangat mudah diserap oleh tubuh.Jadi, sistem pencernaanmu tak akan kaget dan bekerja terlalu keras karenanya.

Semangka pun bisa menjadi sumber antioksidan yang baik. Di dalamnya juga terdapat vitamin A, B6, C, asam amino, dan potasium yang menyehatkan tubuh. 

5. Pir bagus buat jadi pencuci mulut atau hidangan berbuka

Ada nggak yang selama puasa bukannya makin kurus, tapi malah gemuk? Biasanya, itu terjadi kalau kamu suka kalap saat berbuka. Buat mencegahnya, coba deh berbuka dengan buah pir. Pir termasuk buah-buahan dengan kalori paling rendah sehingga tak akan membuatmu cepat melar.

Tak hanya saat berbuka, kamu pun sangat dianjurkan mengonsumsi pir sewaktu sahur. Soalnya, buah yang masih sekeluarga dengan apel ini kaya akan serat pangan. Pir juga dapat membantu mencegah sembelit dan kanker usus.

Teksturnya yang berair dan renyah pun membuat pir cocok dijadikan makanan pencuci mulut. Selain membersihkan sisa makanan yang menempel di mulut, pir merangsang produksi air liur dan memberikan sesasi segar. Jadi, bisa mengurangi risiko bau mulut sekaligus! 

6. Rajin konsumsi pepaya biar nggak sembelit saat puasa

Sembelit adalah salah satu masalah pencernaan yang umum dialami saat berpusasa. Untuk mencegahnya, coba makan pepaya saat sahur atau berbuka. 

Buah-buahan murah ini mengandung enzim papain yang dapat melancarkan pencernaan dan menjaga ususmu tetap sehat. Pepaya juga kaya akan serat pangan yang baik untuk pencernaan dan membuatmu kenyang lebih lama.

Di dalamnya pun terdapat kandungan vitamin A dan C melimpah. Selain berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas, keduanya juga dapat membantu mempertahankan daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Yuk, share pengalaman!

CLOSE