Sleep less, Pray More

Pasti quote tersebut sudah familier di kuping kamu yang kangen dengan bulan Ramadhan. Nah, biasanya untuk yang merayakan bulan suci Ramadhan ini pastinya ibadah tidak bolong-bolong dan mengejar checklist yang selama ini sudah direnanakan untuk dilaksanakan, seperti wisata religi ke masjid, khatam al quran, dan berbagai ibadah sunnah yang mendapat pahala wajib lainnya.

Nah, Mungkin ramadhan tahun lalu atau beberapa tahun yang lalu menjadi waktunya liburan dan escape dari segala kesibukan kantor dan kegiatan rutin lainnya. Namun, berbeda dengan momen kali ini. Di Tahun 2018 yang semakin hari semakin bergerak cepat ini segala aktivitas kantor atau rutin pun tidak mendapatkan space spesial untuk bisa liburan, bahkan hari pertama puasa pun ada kantor, kuliah atau kegiatan rutin lainnya yang masih aktif.

Tapi jangan khawatir kok, biasanya kalau bulan Ramadhan pasti kalian akan mendapat potongan jam kerja yang biasanya wajib lembur, kali ini semoga saja tidak dan biasanya tidak sampai lembur sih mengingat kamu berpuasa.

Jangan khawatir dulu buat kamu yang punya aktivitas full yang mengharuskan kamu untuk berkerja keras melulu, karena pada artikel ini kamu akan mendapatkan daftar kegiatan menyenangkan nan produktif dan dapat kamu lakukan di waktu luang kamu.

1. Beribadah sunnah dapat pahala wajib

ibadah dulu baru yang lain

ibadah dulu baru yang lain via http://ikimfm.my

Pastinya yang menjadi list pertama itu adalah beribadah untuk kamu yang menjalankan ibadah puasa. Nah, siapa coba yang eggak mau dapat pahala yang lebih besar dengan melakukan hal kecil. Inilah saatnya kamu mencari pahala wajib hanya dengan melaksanakan ibadah sunnah. Karena hanya di Bulan Ramadhan saja kamu akan mendapatkan double bonus seperti ini. Ayoo, cari waktu luang sebanyak-banyaknya!

2. Streaming Youtube

banyak diy atau tips bermanfaat di youtube

banyak diy atau tips bermanfaat di youtube via http://google.com

Ayo, ayo jangan berpikiran negatif dulu. Ingat jangan melakukan aktivitas yang terlalu melalaikan di saat bulan Ramadhan. Jadi untuk list kedua ini kamu dapat memanfaatkan jaringan Wifi atau data internet yang takutnya dihabiskan untuk hal yang melalaikan dengan streaming Youtube. Streaming Youtube-nya harus tepat dulu, nah coba searching video-video tutorial yang dapat meningkatkan kemampuan atau keterampilan kamu sehingga manfaatnya jelas tampak nyata.

Advertisement

Seperti, tutorial fotografi, tutorial atau resep kue berbuka yang bisa berguna untuk membantu ibu di rumah mempersiapkan bekal berbuka puasa, bahkan streaming untuk beribadah pun bisa yaitu dengan mendengarkan bacaan-bacaan atau tafsir al quran. Selain itu, streaming Youtube ini juga dapat kamu gunakan sebagai salah satu kegiatan produktif kamu dalam mendapatkan informasi ter-update untuk keep on track kamu tentang informasi terkini

3. Wisata Masjid

Berkunjung ke banyak masjid

Berkunjung ke banyak masjid via http://tribunnews.com

Masjid pastinya menjadi salah satu tempat favorit di bulan Ramadhan. Pastinya kamu sudah terbiasa dengan beribadah di masjid, namun apa sih yang bisa membuat ke masjid itu menjadi menyenangkan dan produktif. Selain, beribadah ternyata mengunjungi masjid dengan konsep wisata masjid menjadi salah satu cara menyenangkan dan produktif untuk dilakukan. Caranya gimana?

Nah, setelah beribadah di masjid kamu bisa melanjutkannya dengan mengabadikan momen di dalam masjid dan di luarnya serta memberikan review terhadap masjid yang kamu kunjungi seperti betapa sejuknya di dalam masjid dan pojok-pojok masjid mana yang paling tepat untuk membaca al quran, sehingga yang tidak pernah ke masjid itu pun menjadi tertarik untuk berkunjung.

4. Membaca Artikel Hipwee

yuk baca hipwee

yuk baca hipwee via http://hipwee.com

Advertisement

Membaca menjadi tradisi dan bahkan kewajiban di bulan Ramadhan, apalagi membaca al quran yang mendapat banyak sekali pahala. Tapi artikel Hipwee juga bisa menjadi salah satu pelarian untuk banyak manfaatnya. Mulai dari resep bekal berbuka puasa, tips menjaga diri dari godaan makanan selama puasa, bahkan sampai artikel kegiatan yang menyenangkan dan produktif yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan.

Kebingungan mau genre apa, mudah kok. Kamu cuma perlu ngeklik salah satu kategori yang ingin kami baca dan kamu akan dengan mudah menemukan ribuan artikel menarik dan bermanfaat yang bisa menemani kamu selama bulan Ramadhan. Selain itu, dengan membaca artikel orang lain, secara tidak langsung itu akan mencari pendorong kamu untuk mendapatkan ide-ide baru artikel kamu ke depannya.

5. Ikutan Kajian Pemuda

Ketemu teman baru di kajian

Ketemu teman baru di kajian via http://google.com

Nah, biasanya di bulan Ramadhan itu akan banyak sekali kajian-kajian yang diselenggarakan secara terbuka. Kamu bisa nih coba untuk ikutan hadir. Selain mendapat ilmu baru atau memperkuat pengetahuan yang sudah kamu punya, kamu bisa dapat teman baru dari kajian yang kamu ikuti.

Tunggu apalagi? Mulai hari ini kamu sudah bisa cari-cari jadwal kajian yang sesuai dengan waktu luangmu Nah, gimana? Sudah tahu kan kegitan-kegiatan menyenangkan dan produktif yang bisa kamu lakukan selama bulan Ramadhan?

Satu hal yang perlu diingat adalah, selain beribadah aktivitas menyenangkan lain bisa saja untuk kamu lakukan asal tidak membatalkan puasa dan tidak melalaikan kamu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya