Bagian rumah yang tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah bagian ruang keluarganya. Ruangan yang berada di bagian tengah hunian ini perlu didesain nyaman agar seluruh penghuni dapat berkumpul di dalamnya. Bukan sekedar ruang luas dengan sofa dan meja, namun juga harus memperhatikan tampilan serta suasana di dalamnya. Adapun beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menata ruang keluarga seperti berikut ini.

1. Lokasi di dalam rumah

ruang keluarga dekat dapur

ruang keluarga dekat dapur via https://www.billielourd.org

Lokasi dari ruang keluarga cukup menentukan kenyamanan penghuninya. Lokasi yang lebih privat, jauh dari ruangan publik akan menjadikan ruangannya terasa eksklusif. Meletakkan ruang keluarga dengan area makan juga akan memperluas area ruang berkumpul besama keluarga dan sanak saudara.

Advertisement

Dekat dengan area dapur juga menjadi nilai plus karena saat sedang bersantai dan kumpul bersama keluarga, memakan cemilan menjadi salah satu hal yang mengakrabkan diri dengan keluarga.

2. Warna dan Kesan

ruangan berwarna kalem

ruangan berwarna kalem via https://www.houzz.com

Salah satu hal mendasar dalam mendesain sebuah ruangan adalah menentukan warna yang akan memberikan kesan di ruang keluarga. Pemberian warna ini tentunya juga perlu memperhatikan warna pada ruangan lainnya di dalam hunian. Baik menjadikan ruangan terlihat lebih bold, dramatik, atau bahkan lebih lembut dapat dilakukan dengan memilih warna tertentu pada dinding, lantai, ataupun furniture.

Warna yang cenderung netral akan membuat ruangan terasa lebih lembut dan juga santai. Sedangkan warna-warna cerah akan lebih menghidupkan suasana ruang. Kesan ruang yang informal sangatlah cocok untuk ruangan ini.

3. Sediakan media hiburan

ruang keluarga dengan media hiburan

ruang keluarga dengan media hiburan via https://www.czmcam.org

Advertisement

Ruang keluarga tentunya juga berfungsi sebagai ruang hiburan. Seluruh anggota keluarga tentunya dapat menghabiskan waktu bersama dan juga bersenang-senang di dalam ruang ini. Hiburan disini bisa memiliki beragam pengertian. Dari sekedar menonton televisi bersama ataupun melakukan kegiatan quality-time seperti bermain papan permainan ataupun kartu.

Bermain video games bersama keluarga juga termasuk salah satu kegiatan bersenang-senang yang bisa anda lakukan dengan keluarga tersayang.

4. Mengakrabkan diri melalui dekorasi

pigura keluarga di dalam ruangan

pigura keluarga di dalam ruangan via https://www.decoist.com

Ruang keluarga tentunya menjadi tempat yang intim untuk penghuninya. Menghadirkan hal-hal yang membuat akrab keluarga pun dapat dilakukan dengan menambahkan item dekorasi yang membuat ruangan terasa lebih hidup. Misalnya saja dengan menambahkan foto keluarga dari semenjak kecil hingga dewasa. Tentunya akan membangkitkan masa nostalgia yang membuat keluarga anda menjadi lebih dekat.

5. Pilih furniture yang nyaman

Dikarenakan ruangan ini akan lebih sering digunakan untuk tempat berkumpul keluarga, penggunaan furniture yang nyaman akan memberikan nilai lebih untuk ruang keluarga ini. Seperti misalnya sofa yang juga dapat dibuka menjadi tempat untuk tiduran atau karpet yang halus untuk tidur di dalam ruang keluarga dan berbagai macam furniture yang pas untuk kegiatan bersama keluarga tersayang.

6. Bahan atau material furniture dan pelingkup ruangan

bahan kain yang lembut

bahan kain yang lembut via https://www.houzz.com

Material yang digunakan pada pelingkup ruangan ataupun furniture haruslah menggunakan bahan yang lembut ataupun hangat. Seperti bahan kain karpet yang halu. Ataupun lantai beralaskan parkeet kayu yang hangat. Tentunya bahan yang digunakan dalam ruangan ini memberikan kesan santai dan juga hangat.

sumber: www.furnizing.com

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya