Mengapa Harus Mencintai Diri Sendiri: 5 Alasan Cintaku hanya Untukku

Sebenarnya mengapa kita harus mencintai diri sendiri dulu sebelum mencintai orang lain?

Pernah nggak sih baca curhat di media sosial ada orang yang sudah ngorbanin kuliah, kerjaan, waktu, dan uang demi ngejar gebetan, tapi seminggu kemudian sang gebetan malah jalan sama orang lain? Terus orang-orang lain ngasih respon, “makanya cintai dirimu sendiri sebelum ngejar orang lain!”

Atau kamu sendiri pernah mengalami?

Sebenarnya mengapa kita harus mencintai diri sendiri dulu sebelum mencintai orang lain?

Yuk, simak 5 alasannya di artikel ini!

Advertisement

1. Membuat kamu lebih gampang bilang tidak

Photo by Isaiah Rustad on Unsplash

Photo by Isaiah Rustad on Unsplash via http://unsplash.com

Kalau kamu benar-benar mencintai dirimu sendiri, kamu bisa gampang menolak melakukan hal-hal yang nggak sesuai dengan prinsipmu dan paham kalau waktumu lebih baik dihabiskan untuk hal-hal yang lebih penting.

Kamu juga lebih gampang memutuskan sesuatu karena kamu nggak peduli dengan pandangan orang lain terhadap keputusanmu.

Advertisement

Contohnya nih, waktu gebetanmu minta ditemenin belanja di waktu seharusnya kamu kuliah, kamu menolak dan lebih memilih kuliah karena kamu sadar kuliah lebih penting bagi kehidupanmu. 

Kalau gebetanmu ngambek, nggak bisa paham prinsipmu dan ninggalin kamu, tenang aja sih, jodoh nggak bakal kemana, dan kamu sadar kalau kamu butuh pasangan yang bisa ngertiin prinsipmu, bukan yang nggak mau ngertiin kamu~

2. Membuat kamu lebih gampang berkomunikasi dengan orang lain

Advertisement
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash via http://unsplash.com

Nih ya, kalau kamu mencintai diri sendiri, kamu tahu dirimu sendiri siapa dan apa yang kamu inginkan, sehingga kamu bisa berkomunikasi dengan jujur kepada orang lain. 

Kamu paham dan berani menyampaikan perasaanmu, serta berani menyampaikan hal-hal apa saja yang bisa membuat hubunganmu dengan orang lain menjadi lebih baik. 

Ketika berinteraksi dan berhubungan dengan orang lain, kamu memiliki batasan yang kamu tetapkan sendiri, dan kamu bisa melepas orang yang tidak menghargai batasanmu.

Kalau kamu lagi PDKT sama orang lain dan merasa nggak cocok untuk dilanjutkan ke hubungan yang lebih lanjut, kamu nggak bakal ghosting dan memilih untuk menyampaikannya secara baik-baik.

3. Kamu jadi lebih fokus pada keinginanmu sendiri dan nggak peduli dengan ekspektasi orang lain ke kamu

Photo by Green Chameleon on Unsplash

Photo by Green Chameleon on Unsplash via http://unsplash.com

Kamu percaya pada kemampuanmu sendiri dan kamu paham kalau nggak ada orang lain yang bisa membuat dirimu senang selain dirimu sendiri. 

Kamu paham kalau kamu perlu bahagia dengan dirimu sendiri terlebih dahulu dan tidak menggantungkan kebahagiaanmu pada orang lain.

Kamu juga nggak merasa perlu melakukan sesuatu yang nggak sesuai dengan prinsipmu hanya demi disukai orang lain. Kamu juga nggak peduli dan menjadi tidak tertekan dengan ekspektasi orang lain ke kamu.

4. Memiliki batasan dan membuatmu menjadi cheerleader utama di kehidupanmu sendiri

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash

Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash via http://unsplash.com

Kamu punya batasan tentang bagaimana orang lain memperlakukanmu; kamu juga paham untuk melepaskan atau meminimalisasi interaksi dengan orang yang tidak menghargai batasanmu.

Kamu percaya dengan kemampuan diri sendiri dan mampu memotivasi dirimu sendiri untuk mencapai keinginanmu, meskipun tidak ada orang lain yang memberikanmu dukungan. 

Contohnya nih, sewaktu kamu ingin mengikuti kegiatan volunteer tetapi teman-temanmu malah menjelek-jelekkanmu dan kegiatan tersebut, kamu tidak peduli dan tetap mengikuti kegiatan tersebut karena tahu kegiatan tersebut baik untuk dirimu sendiri dan orang lain. Keep up your spirit!

5. Membuatmu memaafkan dirimu sendiri

Photo by Ricardo Gomez Angel on Unsplash

Photo by Ricardo Gomez Angel on Unsplash via http://unsplash.com

Kamu pasti memiliki penyesalan atas kesalahan yang kamu lakukan di masa lalu. Tapi, bila kamu mencintai diri sendiri, kamu mampu memaafkan dirimu sendiri atas kesalahanmu yang ada di masa lalu.

Selain itu, kamu berani meminta maaf kepada orang-orang yang mungkin terluka karena kesalahanmu.

Selain memaafkan diri sendiri, kamu juga memaafkan kesalahan orang lain yang membuatmu sakit hati atau terluka, sehingga kamu tidak punya dendam pada orang lain. 

Hatimu jadi plong deh, memaafkan kamu sendiri dan orang lain. Kamu jadi lega dan belajar dari kesalahanmu serta kesalahan orang lain.

Nah, sekarang kamu sudah tahu keuntungan dari mencintai dirimu sendiri. Manfaatnya banyak banget, kan? Jadi, jangan lupa cintai dirimu sendiri ya dimulai dari hari ini!

Bila kamu ada kesulitan dalam mencintai dirimu sendiri dan membutuhkan bantuan psikolog profesional dalam membantu mengatasi kesulitanmu, yuk mampir ke Riliv!

Referensi:

https://www.yourtango.com/2019322014/reasons-why-self-love-best-type-of-love-yourself-first

 

Written by Awan

A person with various names

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE